Inovasi Bisnis di Era Industry 4.0

Bisnis

[ad_1]

Kini kita memasuki era baru yang dinamakan Industry 4.0, di mana komputer dan otomasi hadir bersama dengan robot yang tersambung dengan sistem komputer yang dilengkapi dengan algoritma machine learning yang bisa belajar dan mengendalikan robot dengan campur tangan manusia yang sangat minim. Hadirnya teknologi informasi dan komunikasi, termasuk internet, semakin melengkapi Industry 4.0. Era ini ditandai tidak saja cara kerja industri manufaktur di pabrik. Ekspansi proses bisnis yang berbeda juga melanda sektor lain, terutama jasa. Contoh paling aktual adalah taksi online.

Era Industry 4.0 juga menunjukkan perubahan yang signifikan dalam hal jenis barang yang dijual. Tidak lagi terbatas pada produk fisik, tetapi lebih banyak diwarnai penjualan jasa atau servis. Banyak perusahaan yang awalnya berjualan produk akhirnya mengombinasikan diri dalam bentuk produk dan jasa (product-service system). Xerox yang semula berjualan mesin fotokopi sekarang juga menjual jasa mengganti tinta (toner), termasuk jasa perawatan. Atau, perusahaan tidak perlu membeli laptop untuk menjalankan bisnisnya, namun cukup menyewa laptop dengan jasa pemeliharaan dipegang oleh perusahaan lain. Sistem ini lebih memudahkan bagi masing-masing pihak pengguna dan penjual jasa sekaligus lebih murah dari sisi ongkos. Era ini ditandai juga munculnya fenomena sharing economy. Product-service system termasuk contoh terjadinya sharing economy. Tidak harus semua memiliki segalanya, tapi bisa dilakukan sharing antarpihak yang berbisnis.

Inovasi Bisnis

Pakar manajemen terkenal Peter Drucker menyatakan, ’’Every organization must prepare for the abandonment of everything it does’’, atau terjemahannya ’’Setiap organisasi harus mempersiapkan diri untuk meninggalkan segala sesuatu yang dilakukannya’’. Sehingga, kita tidak boleh membatasi visi inovasi hanya terbatas pada produk. Ladang inovasi bisa berada pada model bisnis dan pelayanan konsumen. Jika kita mengamati kecenderungan baru dalam bisnis seperti eBay dan Amazon, kita melihat bahwa mereka membuat inovasi bukan pada produk-produk baru, tetapi pada model bisnisnya. Cara menjualnya dan cara melayani konsumennya.

Taksi online adalah cara bisnis yang mengikuti paradigma inovasi model bisnis. Model bisnis ini sangat dipengaruhi kehadiran teknologi. Itulah bisnis pada era Industry 4.0. Peraturan pemerintah yang mengatur tarif antara moda transportasi offline dan online hanya solusi sementara. Jika cara bisnis konvensional seperti angkutan kota yang lama, gojek pangkalan, dan taksi bandara yang dimonopoli kelompok tertentu dipertahankan, tidak akan bisa bersaing di zaman ini.

Taksi online di mana berlaku konsep sharing economy, mulai cara penumpang berbagi tarif dengan penumpang lain atau cara mengoperasikan mobil, perawatan, dan kepemilikan, adalah model bisnis baru. Mobil yang dipakai sama, bahan bakar yang dipakai sama, jalur yang dilewati sama, yang menjalankan mobil sama-sama manusia, tetapi model bisnis yang berbeda telah melahirkan ongkos yang hampir separonya, bahkan sepertiganya, jika dibanding tarif taksi monopoli di bandara.

Regulasi vs Teknologi

Model bisnis baru seperti taksi online tidak bisa dilawan dengan aturan yang tidak mengikuti perkembangan teknologi; kalaupun bisa, hanya sementara. Persaingan alami dan faktor utama penarik konsumenlah yang akan menentukan mati hidupnya bisnis. Kehadiran aturan memang dimaksudkan untuk menjaga agar persaingan bisnis bisa berlangsung lebih adil di mana tidak hanya yang bermodal besar yang bisa mendapatkan keuntungan. Dalam kasus taksi online, yang diuntungkan bukan cuma pemilik modal besar, namun setiap orang yang terlibat mendapatkan untung. Dan yang jelas konsumen sangat diuntungkan.

Thomas Friedman, penulis buku The World is Flat, menyatakan bahwa zaman batu tidak berakhir karena habisnya persediaan batu di alam, tetapi karena temuan-temuan baru yang melahirkan cara-cara baru yang memungkinkan orang hidup dengan lebih mudah. Era minyak fosil mungkin juga akan berakhir ketika ditemukan alternatif energi baru dan terbarukan. Era angkutan konvensional mungkin juga akan berakhir. Ini bukan karena tidak adanya lagi angkutan konvensional, tapi karena datangnya masa baru di mana sharing economy telah membuat biaya jadi turun, memudahkan orang untuk memilih moda transportasi sesuai kebutuhan.

Alangkah baiknya angkutan konvensional bergabung atau mencari cara baru yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Di beberapa tempat, pengemudi angkutan atau penguasa taksi bandara protes dan melakukan sweeping angkutan online. Ini adalah cara yang tidak benar. Cara kompetisi yang kurang tepat. Memang pemerintah mungkin punya andil karena belum lahirnya aturan yang mengatur taksi online secara detail. Tapi, di mana pun perkembangan teknologi selalu lebih cepat dari lahirnya regulasi. Mirip seperti kepintaran polisi yang selalu terlambat mendeteksi cara baru para penjahat melakukan kejahatan.

Meminta pemerintah menyelamatkan mereka dengan regulasi tidak akan bisa membendung model bisnis baru yang memanfaatkan kemajuan teknologi. Ini bukan soal kepedulian terhadap orang kecil atau industri dalam negeri. Ini soal cara baru berbisnis. Artinya, industri dalam negeri pun bisa meniru model bisnis taksi online. Pengemudi angkutan konvensional bisa bergabung dengan bisnis baru tersebut. Model lama pasti akan ditinggal jika ada pilihan yang lebih baik. Inovasi tidak selayaknya dilawan dengan regulasi yang justru menghambat kemajuan. (*)

*Dosen di Teknik Industri ITS, Laboratorium Modeling dan Industrial Policy Analysis

http://www.jawapos.com/uploads/news/2017/03/28/inovasi-bisnis-di-era-industry-40_m_119338.jpeg

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Toko Bunga Jakarta Online Murah Terpercaya

Selamat Datang di Website Kami: toko bunga jakarta online murah Menyediakan Berbagai Macam Bunga, Papan Bunga, Bunga Meja, Bunga Berdiri, Bunga Bouqet Tangan dll. Model papan bunga dengan kombinasi warna biru kuning hijau juga merupakan salah satu dari banyak model favorit di klien kami. pesan untuk dewan berkabung. Bouquet Flower …

kontraktor kaca dan aluminium composite panel
Bisnis
Spesialis Kontraktor Aluminium Composite Panel Gedung

Fasad & Dinding Tirai dari Aluminium Composite Panel Ringan dan kaca stopol. Spesialis kontraktor kaca dan aluminium composite panel dan juga kaca oleh PT Partindo. Akreditasi jaminan tertutup pasti akan diberikan untuk proyek yang membutuhkan berdasarkan panel serta persyaratan naungan yang memanfaatkan ditambah masalah lingkungan. Aplikasi Alcopan tidak terbatas pada …

daftar harga beton cor ready mix
Bisnis
Harga Beton Cor Readymix Per M3 untuk Wilayah Jakarta

Biaya Beton Semua Set Mix – Jayamix Per M3 Cor K225 Oktober 2017. daftar harga beton cor ready mix tidak terdiri dari jaringan uang tunai, jika lebih besar dari 10 pipeline. Dengan menyewakan pompa berdasarkan tuntutan waktu pemakaiannya bisa mencegah bahaya peralatan menganggur namun tetap perlu membayar uang sewa. Biaya …