Inovasi Bisnis di Era Industry 4.0

Bisnis

[ad_1]

Kini kita memasuki era baru yang dinamakan Industry 4.0, di mana komputer dan otomasi hadir bersama dengan robot yang tersambung dengan sistem komputer yang dilengkapi dengan algoritma machine learning yang bisa belajar dan mengendalikan robot dengan campur tangan manusia yang sangat minim. Hadirnya teknologi informasi dan komunikasi, termasuk internet, semakin melengkapi Industry 4.0. Era ini ditandai tidak saja cara kerja industri manufaktur di pabrik. Ekspansi proses bisnis yang berbeda juga melanda sektor lain, terutama jasa. Contoh paling aktual adalah taksi online.

Era Industry 4.0 juga menunjukkan perubahan yang signifikan dalam hal jenis barang yang dijual. Tidak lagi terbatas pada produk fisik, tetapi lebih banyak diwarnai penjualan jasa atau servis. Banyak perusahaan yang awalnya berjualan produk akhirnya mengombinasikan diri dalam bentuk produk dan jasa (product-service system). Xerox yang semula berjualan mesin fotokopi sekarang juga menjual jasa mengganti tinta (toner), termasuk jasa perawatan. Atau, perusahaan tidak perlu membeli laptop untuk menjalankan bisnisnya, namun cukup menyewa laptop dengan jasa pemeliharaan dipegang oleh perusahaan lain. Sistem ini lebih memudahkan bagi masing-masing pihak pengguna dan penjual jasa sekaligus lebih murah dari sisi ongkos. Era ini ditandai juga munculnya fenomena sharing economy. Product-service system termasuk contoh terjadinya sharing economy. Tidak harus semua memiliki segalanya, tapi bisa dilakukan sharing antarpihak yang berbisnis.

Inovasi Bisnis

Pakar manajemen terkenal Peter Drucker menyatakan, ’’Every organization must prepare for the abandonment of everything it does’’, atau terjemahannya ’’Setiap organisasi harus mempersiapkan diri untuk meninggalkan segala sesuatu yang dilakukannya’’. Sehingga, kita tidak boleh membatasi visi inovasi hanya terbatas pada produk. Ladang inovasi bisa berada pada model bisnis dan pelayanan konsumen. Jika kita mengamati kecenderungan baru dalam bisnis seperti eBay dan Amazon, kita melihat bahwa mereka membuat inovasi bukan pada produk-produk baru, tetapi pada model bisnisnya. Cara menjualnya dan cara melayani konsumennya.

Taksi online adalah cara bisnis yang mengikuti paradigma inovasi model bisnis. Model bisnis ini sangat dipengaruhi kehadiran teknologi. Itulah bisnis pada era Industry 4.0. Peraturan pemerintah yang mengatur tarif antara moda transportasi offline dan online hanya solusi sementara. Jika cara bisnis konvensional seperti angkutan kota yang lama, gojek pangkalan, dan taksi bandara yang dimonopoli kelompok tertentu dipertahankan, tidak akan bisa bersaing di zaman ini.

Taksi online di mana berlaku konsep sharing economy, mulai cara penumpang berbagi tarif dengan penumpang lain atau cara mengoperasikan mobil, perawatan, dan kepemilikan, adalah model bisnis baru. Mobil yang dipakai sama, bahan bakar yang dipakai sama, jalur yang dilewati sama, yang menjalankan mobil sama-sama manusia, tetapi model bisnis yang berbeda telah melahirkan ongkos yang hampir separonya, bahkan sepertiganya, jika dibanding tarif taksi monopoli di bandara.

Regulasi vs Teknologi

Model bisnis baru seperti taksi online tidak bisa dilawan dengan aturan yang tidak mengikuti perkembangan teknologi; kalaupun bisa, hanya sementara. Persaingan alami dan faktor utama penarik konsumenlah yang akan menentukan mati hidupnya bisnis. Kehadiran aturan memang dimaksudkan untuk menjaga agar persaingan bisnis bisa berlangsung lebih adil di mana tidak hanya yang bermodal besar yang bisa mendapatkan keuntungan. Dalam kasus taksi online, yang diuntungkan bukan cuma pemilik modal besar, namun setiap orang yang terlibat mendapatkan untung. Dan yang jelas konsumen sangat diuntungkan.

Thomas Friedman, penulis buku The World is Flat, menyatakan bahwa zaman batu tidak berakhir karena habisnya persediaan batu di alam, tetapi karena temuan-temuan baru yang melahirkan cara-cara baru yang memungkinkan orang hidup dengan lebih mudah. Era minyak fosil mungkin juga akan berakhir ketika ditemukan alternatif energi baru dan terbarukan. Era angkutan konvensional mungkin juga akan berakhir. Ini bukan karena tidak adanya lagi angkutan konvensional, tapi karena datangnya masa baru di mana sharing economy telah membuat biaya jadi turun, memudahkan orang untuk memilih moda transportasi sesuai kebutuhan.

Alangkah baiknya angkutan konvensional bergabung atau mencari cara baru yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Di beberapa tempat, pengemudi angkutan atau penguasa taksi bandara protes dan melakukan sweeping angkutan online. Ini adalah cara yang tidak benar. Cara kompetisi yang kurang tepat. Memang pemerintah mungkin punya andil karena belum lahirnya aturan yang mengatur taksi online secara detail. Tapi, di mana pun perkembangan teknologi selalu lebih cepat dari lahirnya regulasi. Mirip seperti kepintaran polisi yang selalu terlambat mendeteksi cara baru para penjahat melakukan kejahatan.

Meminta pemerintah menyelamatkan mereka dengan regulasi tidak akan bisa membendung model bisnis baru yang memanfaatkan kemajuan teknologi. Ini bukan soal kepedulian terhadap orang kecil atau industri dalam negeri. Ini soal cara baru berbisnis. Artinya, industri dalam negeri pun bisa meniru model bisnis taksi online. Pengemudi angkutan konvensional bisa bergabung dengan bisnis baru tersebut. Model lama pasti akan ditinggal jika ada pilihan yang lebih baik. Inovasi tidak selayaknya dilawan dengan regulasi yang justru menghambat kemajuan. (*)

*Dosen di Teknik Industri ITS, Laboratorium Modeling dan Industrial Policy Analysis

http://www.jawapos.com/uploads/news/2017/03/28/inovasi-bisnis-di-era-industry-40_m_119338.jpeg

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Bagi Klien Yang Berposisi Di Luar Kota Serta Hendak Memperoleh Anjangsana Dari Kami Tentu Dikenakan Biaya Lawatan, Transport Dan Fasilitas, Dimana Biayanya Dijamin Sepenuhnya Oleh Konsumen.

mengapa jaga rumah pakai kontraktor bangunan lebih hemat & laba ini sporadis pun masih saja timbul walaupun pada pekerjaan dari anemer paling ahli sungguhpun. servis seo page one (jspo) merupakan sebuah industri servis seo patut dan terunggul di indonesia yang sungguh handal dan paling di percaya di dalam kondisi promosi …

Bisnis
Dengan Tampaknya Harga Konsultan Interior Rumah, Para Kontraktor, Perseroan Real Estate, Atau Lebih-lebih Bisa Jadi Perseorangan Bisa Menyebabkan Rumah Seperti Dengan Impian Dan Juga Budget.

servis konsultan interior paling baik dengan design kitchen set minimalis jakarta kami mampu memberikan harga termurah untuk harga kitchen set jakarta yang ter cepat, terpercaya serta jempolan. sehabis kalian menyebabkan ketentuan untuk mendandani bilik dapur rumah kalian, tahap pertama yang perlu kalian lakukan yakni mengambil buah pikiran berhubungan dapur kayak …

Bisnis
Itulah Apa Sebabnya Suatu Sofa Bilik Pengunjung Wajib Sebagai Sempurna Terintegrasikan (lebur) Pada Ruangan.

set kamar untuk anak terunggul yang di makna kamar patung kayu set minimalis hpl di sini merupakan segala deretan atau finisingnya kita sekalian mengenakan banjar maupun melekat hpl. di dalam produk ini kita menggunakan tumpukan hpl taco bagai finisingnya, supaya pun begitu saya dan teman-teman pun menyajikan finising menggunakan cat …