INSPIRASI BISNIS: Kalung dari Sisa Kain Batik yang Hasilkan Pundi Rupiah! : Okezone Ekonomi


SURABAYA – Kreasi kain perca kadang justru lebih menarik. Seperti produksi aneka kalung kreasi Arlia Renasvati. Perempuan yang sehari-hari mendesain busana itu merasa sayang ketika melihat kain perca dari hasil produksi fashion.

Meski sisa, menurut Arlia, kain-kain tersebut memiliki motif menarik. Arlia yang lebih banyak menggunakan kain batik dan tenun dalam membuat karya fashion, melihat banyaknya kain sisa yang tidak bernilai jual. Arlia lantas memutar otak untuk menjadikan sebuah barang yang berharga dan bernilai jual. Akhirnya dibuatlah aneka kalung dengan bahan kain batik dan kain tenun.

Keunikan dari kalung rancangan Arlia adalah desainnya yang sesuai dengan tren kekinian, tetapi tidak meninggalkan ciri khas lokal. Misalya saat ini sedang booming kalung coker yang tampilannya melekat pada leher. Jika biasanya kalung coker hanya terbuat dari benang-benang, tetapi kali ini dirancang dengan berbahan kain perca batik.

Jenis motif yang digunakannya pun beragam menyesuaikan dengan sisa kain perca. Di antaranya menggunakan motif parang, batik tiga negeri, sogan dan masih banyak lagi. Tak hanya menggunakan batik, kadang juga dipadukan denban kain polos supaya tampilannya lebih bervariasi dan menarik.

”Dulu iseng bikin kalung dari perca produksi fashion, ternyata banyak yang minat juga. Jadinya kadang gak hanya menggunakan kain perca lagi, tapi beli juga batik utuh untuk dibuat kalung, terusdipadukanjugadengan kain polos,” ungkap Arlia.

Dalam satu kalung, terkadang pemilik brand R House ini tidak hanya membuat kalung coker sekadar kalung yang menempel di leher. Tetapi untuk membuatnya indah, dirinya juga memadukan dengan batuan dan sedikit logam berbentuk ukiran bunga atau ukiran supaya kreasi kain coker tidak monoton.

”Satu kalung coker ini ada tiga rangkaian, kemudian juga ditambah dengan batuan dan sedikit pernak-pernik dari logam yang fungsinya sebagai pemanis saja,” ujar perempuan yang produknya saat ini sudah masuk di Grand Palace Department Store Grand City Mal.

Tambahan aksesori berupa kalung ini memang penting bagi sebagian perempuan. Seperti yang dipaparkan Riski Putri Brilianti dan Viny Noviari.

Dengan menggunakan kalung akan membuat keseluruhan tampilan lebih cantik. ”Kalau bagian leher kosong kan kadang kurang menarik. Apalagi kalau pergi pesta jadi supaya lengkap harus ditambah aksesori kalung misalnya,” ungkap Riski.

https://img.okezone.com//content/2017/02/09/320/1613644/inspirasi-bisnis-kalung-dari-sisa-kain-batik-yang-hasilkan-pundi-rupiah-ohRmTDeOlz.jpg



Sumber Artikel

Komentar

comments