INSPIRASI BISNIS: Punya Modal Rp7 Juta? Yuk Coba Bisnis Parcel yang Menggiurkan : Okezone Ekonomi


JAKARTA – Kalau punya hobi merangkai kado atau bingkisan, mengapa tidak kamu coba komersilkan saja keterampilan yang dimiliki?

Banyak orang membeli bingkisan atau yang kini dikenal sebagai parcel sebagai bentuk ungkapan pada momen-momen tertentu. Sebagai contoh momentum, hari raya, ulang tahun, perkawinan, hantaran untuk menjenguk orang yang sakit dan banyak lagi.

selain kemasan yang cantik, isi parcel pun kini beragam. berikut peluang-peluang bisnis yang ada dari parcel.

Disadur dari buku ’99 Bisnis Anak Muda’ karangan Malahayati dan Hendry E Ramdhan terbitan 2015, ada yang perlu diperhatikan untuk memulai bisnis parcel ini.

A. Peluang Bisnis

Ada beberapa peluang buat kamu yang kreatif dan punya banyak ide, jenis-jenis parcel dan isinya antara lain:

1. Parcel Lebaran/Idul Fitri. Biasanya berupa makanan/minuman, kue, camilan, aneka buah-buahan, satu set barang pecah-belah, satu set perangkat shalat (sajadah, sarung, mukena, dan kadang ditambah baju koko dan peci).

2. Parcel Natal. Selain makanan atau minuman, kue es krim dan camilan, kamu juga bisa membuat parcel berupa mainan Natal atau kaset lagu-lagu rohani. Parcel Natal umumnya kental dengan nuansa merah atau hijau, tapi tidak ada salahnya mencoba warna lain yang kesannya mewah, seperti warna emas dan perak.

3. Parcel pengantin. Sering juga disebut seserahan. Umumnya berisi perlengkapan pengantin wanita, seperti satu set peralatan make up, kebaya dan kain, seperangkat selop aksesoris dan uang yang dirangkai seperti kipas. Kamu juga bisa membuat aprcel unik, misalnya dengan mengisi parcel satuy set novel berseri karangan penulis favorit (bagi yang hobi membaca).

4. Parcel kelahiran bayi. Umumnya, berisi perlengkapan bayi, seperti satu set peralatan mandi, peralatan makan, gendongan, baju, topi dan sepatu bayi.

B. Memulai Bisnis

Ada beberapa hal yang mungkin bisa kamu ikuti ketika akan memulai bisnis parcel, yaitu:

1. Sumber barang murah, sebaiknya mengambil barang dari pertama (yang memproduksi) dan bisa dibayar secara bertahap atau dengan tenggat waktu.

2. Teknik merangkai dan membungkus parcel. Untuk tahap awal, sebaiknya belajar sendiri atau bekerja sama dengan teman atau saudara yang memang terampil merangkai parcel.

3. Kalau bisnismu makin berkembang, sebaiknya ambil kursus singkat, beli buku-buku, dan browsing di internet untuk menambah pengetahuan agar kamu tahu tren terkini.

4. Lokasi atau jalan dan daerah pengataran. Mintalah selalu nomor telepon si penerima agar kamu bisa menanyakan petunjuk jalan ke rumah penerima dengan tepat waktu.

5. Kreativitas. Membuat parcel adalah pekerjaan seni. Isi parcel boleh sama, tetapi cara pengemasan membuatnya berbeda.

6. Modal untuk membeli aneka wadah parcel, seperti keranjang rotan dan kayu, kardus cantik, toples aneka model dan ukuran, pita aneka jenis dan warna, kertas kado unik, gunting, lem dan selotip.

https://img.okezone.com//content/2017/04/23/320/1674707/inspirasi-bisnis-punya-modal-rp7-juta-yuk-coba-bisnis-parcel-yang-menggiurkan-apBMQuDgFn.jpg



Sumber Artikel

Komentar

comments