INSPIRASI BISNIS: Raup Jutaan Rupiah dari Momentum Demam Shisha : Okezone Ekonomi


JAKARTA – Anak-anak muda gemar mencari tren unik. Nah, salah satu tren yang kini sedang in di kalangan anak muda yaitu mengisap rokok Arab atau istilah populernya disebut shisha.

Shisha adalah kegiatan mengisap tembakau Arab dengan perangkat yang terdiri dari pipa yang biasanya terbuat dari hookah atau bong dan tersambung dengan selang panjang. Shisha kini telah menjadi gaya hidup di kota-kota besar seperti Jakarta.

Lifestyle yang diimpor dari Timur Tengah ini banyak digandrungi oleh generasi muda. Saat ini, shisha tidak lagi menjadi monopoli kafe-kafe kelas elite, tapi bisa juga ditemui di outlet-outlet pinggir jalan, bahkan pedagang-pedagang kaki lima.

Disadur dari buku ’99 Bisnis Anak Muda’ karangan Malahayati dan Hendry E Ramdhan terbitan 2015, lihat perhitungannya.

A. Peluang Bisnis

Berbeda dengan bisnis lifestyle lain yang mengharuskan orang mengeluarkan biaya besar untuk bisa menikmati rokok arab ini. Beberapa pebisnis shisha menawarkan harga hanya Rp25.000 sampai Rp30.000 per tabung. Satu tabung bisa dinikmati empat orang, jadi jika dibagi rata per orang hanya mengeluarkan biaya sekira Rp7.000 sampai Rp8.000 untuk menikmati shisha. Hal ini bergantung apakah Anda ingin membuka bisnis shisha dengan biaya murah atau setting tempat usaha Anda dengan kelas elite.

Bisnis ini bersifat komplementer, artinya dalam menjalankan bisnis ini Anda tidak hanya menjual shisha tapi Anda bisa juga menjual barang-barang yang lain seperti softdrink dan snack. Anda bisa menjadikan shisha sebagai produk utama yang Anda tawarkan atau sebagai pelengkap di restoran atau kafe Anda.

Anda bisa mengembangkan bisnis yang memiliki peluang potensial ini. Jika dilihat dari sisi kesehatan, efek shisha jauh lebih kecil dibandingkan rokok tembakau kretek atau filter. Shisha tidak menimbulkan kecanduan. Oleh karena itu, bisa dijadikan terapi bagi para pecandu rokok.

B. Memulai Bisnis

Bagi Anda yang tertarik menjalankan bisnis ini, di bawah ini akan dijabarkan beberapa hal untuk memulai bisnis ini.

1. Anda bisa memulai dengan mengunjungi beberapa shisha cafe. Beberapa tempat tersebut bisa Anda kunjungi di sekitar Kemang, Jakarta Selatan. Pelajari bagaimana pengelolaan tempat tersebut dengan cara demikian Anda bisa mempunyai inspirasi bisnis ini.

2. Cari tahu perlengkapan dan kebutuhan-kebutuhan shisha.

3. Persiapkan sarana promosi.

C. Hambatan Bisnis

1. Pesaing yang sudah lama menjalankan bisnis ini.

2. Pengunjung ramai saat-saat tertentu saja.

3. Masih ada sikap pro dan kontra terhadap shisha. Ada yang menyebutkan berbahaya dan ada yang menyebutkan tidak berbahaya.

https://img.okezone.com//content/2017/05/12/320/1689824/inspirasi-bisnis-raup-jutaan-rupiah-dari-momentum-demam-shisha-VZaA6cQhNK.jpg



Sumber Artikel

Komentar

comments