INSPIRASI BISNIS: Sukses Usaha Ekspedisi Beromzet Ratusan Juta Rupiah : Okezone Ekonomi

Bisnis

[ad_1]

MAKASSAR – Pepatah dahulu pernah berkata, hidup itu seperti roda. Kadang di bawah, lalu bergerak ke atas. Seperti itu jua kisah pria satu ini. Dahulu pernah hidup terlunta-lunta di kota, namun siapa sangka kini menjadi salah satu miliarder ternama di Makassar.  

Adalah Ruslan Mahmud, pengusaha jasa ekspedisi. Kini memiliki puluhan karyawan dan beromzet ratusan juta per bulannya. Sebelum berada di sekarang ini, ia sempat juga mencicipi kerasnya hidup jadi ‘bawahan’.

Ia pun mengisahkan, jika saat baru saja lulus sebagai sarjana hukum Universitas Hasanuddin Makassar, ia bertekad membuang diri ke Ibukota Jakarta. Pilihan itu ia ambil lantaran ’mitos’ kesuksesan mendulang rupiah di sana. Namun bayangan itu tak sejalan saat ia ke sana. Selama empat tahun, ia hanya hidup dari masjid ke masjid. Ratusan lamaran ia sebar, namun harapan tak semanis kenyataan. 

“Hampir empat tahun saya hidup di sana, dan 100-an lamaran kerja saya sebar. Dari sekian banyak lamaran hanya ada dua memanggil saya melakukan tes penerimaan, itu pun tidak lulus,” kenang Ruslan pada Okezone saat ditemui di kediamannya.

Dari pengalaman itu, ia pun berpikir keras agar bisa diterima menjadi karyawan. Memasuki tahun kelima buang diri di Jakarta, dewi fortuna mulai nampak. Itu setelah susah payah berhasil menemui Tanri Abeng, pebisnis ulung bergelar Manager 1 Miliar. Dari situ ia akhirnya diberi arahan untuk memasukkan lamaran ke direksi Bank Putera Sukapura. 

“Saya berkarier di Bank Putera selama kurang lebih delapan tahun dari 1991 sampai 1999 dengan jabatan terakhir manager kredit dan marketing. Lalu pindah ke Bank Mega pada tahun 2000-2002,” tandas Pria suku Bugis ini. 

Meski sudah berada di posisi cukup strategis di bank, namun Ruslan masih merasa ganjal dengan itu. Hingga satu ketika inspirasi bisnis itu datang dalam benaknya, saat melintasi pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar. Ia melihat peluang  bisnis di tempat itu. 

“Tiba-tiba saya berpikir betapa kesibukan kegiatan pelabuhan tidak pernah jeda. Pagi, siang, malam,dan kembali ke pagi, aktivitas di pelabuhan tidak pernah berhenti,” ujarnya.

Ruslan pun mulai berpikir membuka perusahaan jasa ekspedisi sendiri. Langkah pertama yang ia tempuh, yaitu mempelajari perputaran bisnis jasa ekspedisi. Ia mulai mengamati nasabahnya yang berprofesi jasa tersebut, semua rekening mereka bagus-bagus. Ia pun memulai bisnis, meski meninggalkan pekerjaan sebagai bankir. 

PT Mega Nusantara Raya yang disingkat PT MENARA miliknya pun berdiri. Perusahaan ini bergerak di bidang jasa pengiriman mobil, alat berat, dan motor dari Jakarta ke seluruh wilayah Indonesia timur. Perusahaan ini melayani pengiriman kendaraan melalui laut dan darat. 

Saat di awal, jalan terjal ia harus lalui merintis usaha. Meski berhasil mendapat orderan pertama berupa pengiriman motor dan mobil ke Sulawesi, namun kecukupan modal menjadi tantangan. Betapa tidak, pengiriman itu mesti ia modali terlebih dahulu, sementara mobil truk tronton pun ia tak punya. 

Setelah memutar otak, ia akhirnya berhasil mendapat bantuan pembelian truk 7 buah tanpa uang muka oleh salah satu distributor mobil di Makassar. Cara pembayarannya pun bukan dengan uang tunai, melainkan dengan mengirimkan mobil distributor tersebut, dari Jakarta ke Makassar. Hingga akhirnya truk itu bisa lunas hingga menjadi 10 buah. 

Itulah langkah awal, Ruslan Mahmud menapaki jalan sebagai pengusaha ekspedisi, hingga saat ini terbilang sukses di Indonesia Timur. Saat ini, PT Menara sudah memiliki cabang di Jakarta, Surabaya Kendari, dan Makassar. 

“Mobil kami kirim menggunakan mobil truk besar yang kami namakan car carrier, truk ini mampu mengangkut mobil sebanyak lima unit sekali jalan. Demikian juga truk pengangkut sepeda motor, kapasitas angkut bervariasi ada yang kapasitas 30, 40, 45, dan 72 unit sekali jalan,” kata dia.

Saat usahanya sementara menanjak naik, cobaan menimpa Ruslan Mahmud. Kapal yang membawa satu truk mengangkut 35 motor miliknya, tenggelam di perairan Bajoe, kabupaten Bone. Sementara puluhan motor dan truk itu tak masuk asuransi, mau tak mau, Ruslan terpaksa menanggung sendiri kerugian material motor dan truk tersebut. 

“Biayanya mencapai ratusan juta, ya, itu lah cobaan,” kisah Ruslan. 

Dalam kondisi kritis tersebut, Ruslan masih bisa bangkit. Dukungan sang istri dan sahabat membuat Ruslan bisa bertahan di bisnis jasa ini. Utang ratusan juta ia bayar dengan non tunai, tapi berupa pengiriman kendaraan hingga menutupi kerugian kecelakaan tersebut.

Saat ini, Ruslan Mahmud memimpin 23 orang karyawan kantoran, 40 orang supir truk. Hingga tahun  2017, PT Menara dipercaya mengangkut ratusan hingga ribuan kendaraan motor Honda dan mobil Daihatsu dari Jakarta ke Indonesia timur. Dari hitungan rata-rata, pemasukan perusahaan ini mencapai Rp400 juta hingga Rp900 juta per bulannya, di luar dari pengeluaran dam operasional perusahaan.

https://img.okezone.com//content/2017/07/02/320/1726840/inspirasi-bisnis-sukses-usaha-ekspedisi-beromzet-ratusan-juta-rupiah-uFMQNdNkX2.jpg

[ad_2]

Sumber Artikel

kontraktor kaca dan aluminium composite panel
Bisnis
Spesialis Kontraktor Aluminium Composite Panel Gedung

Fasad & Dinding Tirai dari Aluminium Composite Panel Ringan dan kaca stopol. Spesialis kontraktor kaca dan aluminium composite panel dan juga kaca oleh PT Partindo. Akreditasi jaminan tertutup pasti akan diberikan untuk proyek yang membutuhkan berdasarkan panel serta persyaratan naungan yang memanfaatkan ditambah masalah lingkungan. Aplikasi Alcopan tidak terbatas pada …

daftar harga beton cor ready mix
Bisnis
Harga Beton Cor Readymix Per M3 untuk Wilayah Jakarta

Biaya Beton Semua Set Mix – Jayamix Per M3 Cor K225 Oktober 2017. daftar harga beton cor ready mix tidak terdiri dari jaringan uang tunai, jika lebih besar dari 10 pipeline. Dengan menyewakan pompa berdasarkan tuntutan waktu pemakaiannya bisa mencegah bahaya peralatan menganggur namun tetap perlu membayar uang sewa. Biaya …

Bisnis
Promo Jam Tangan Guess Kw Super Murah

Selamat Datang di jam tangan guess kw super murah – Perbandingan Harga Nomor Situs di Indonesia. Berbeda dengan produk replika yang tidak biasa menemukan cara menulis logo atau merek yang berbeda di beberapa bagian. Untuk informasi lebih lanjut, Kualitas bahan yang tercantum dalam deskripsi pengiklan asli dengan tampilan analog yang …