Jababeka Incar Kembangkan Bisnis UKM dengan Jepang

Bisnis

[ad_1]

Jakarta, CNN Indonesia
Bagi Indonesia, Jepang merupakan salah satu negara mitra dagang terbesar dalam hal ekspor-impor. Data yang dihimpun Kedutaan Besar Jepang di Indonesia menyebut, ekspor Indonesia ke Jepang bernilai US$ 23.6 milyar, sedangkan impor Indonesia dari Jepang sebesar US$ 6.5 milyar.

Selain komoditi pertambangan, produk tekstil dan alat berat, kerjasama Jepang dan Indonesia juga meliputi pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM).

Hal tersebut diperkuat dengan pertemuan Kadin dan Japan External Trade Organization (JETRO), Japan International Cooperation Agency (JICA), The Jakarta Japan Club (JJC), serta Organization for Small & Medium Enterprises and Regional Innovation, pada Oktober 2016, yang melahirkan Indonesia-Japan Business Matching Support Desk (IJ-BMSD) untuk perusahaan-perusahaan UKM Jepang dan Indonesia.

Kehadiran ‘mak comblang’ bisnis UKM Jepang dan Indonesia itu disambut baik oleh PT Jababeka Tbk.

Hal tersebut disampaikan Lim Sen Bing, Managing Director PT Graha Buana Cikarang, salah satu subsidiari Jababeka.

“Jababeka menyambut baik kegiatan ini karena dapat membantu tenant Jababeka dalam pengembangan bisnis usaha mereka dengan bekerjasama dengan perusahaan dari Jepang,” ujar Lim.

Menurut dia, adanya IJ-BMSD itu penting guna mengembangkan bisnis UKM di kedua negara, sekaligus memecahkan berbagai kendala yang selama ini melingkupi bisnis UKM.

Lim menyebut, beberapa masalah yang menghambat perdagangan antara UKM Jepang dan perusahaan Indonesia, antara lain, informasi mengenai perusahaan Indonesia yang masih sedikit, kurangnya komunikasi antara perusahaan Jepang dan Indonesia, kesempatan pertemuan antara kedua pihak yang sangat jarang, serta kurangnya dukungan tenaga ahli sampai terjadinya kesepakatan bisnis.

Guna membantu mengurangi permasalahan tersebut, dibentuk Supporting Desk yang bertujuan mensentralisasikan informasi mengenai UKM dari kedua negara dengan bantuan KADIN, BKPM, Kementrian Perindustrian, juga Kementerian Perdagangan.

Supporting Desk yang sudah terbentuk untuk tujuan tersebut adalah TTPP yang merupakan site temu bisnis dari JETRO, dan J-GoodTech yang merupakan site temu bisnis dari SMRJ.

“Dengan adanya supporting desk ini, diharapkan bisa meningkatkan keakuratan pertemuan bisnis secara aktif dan akan mewujudkan pencarian mitra dengan lebih mudah dan cepat dibanding sebelumnya,” terang Lim.

Guna lebih mudah mendistribusikan informasi mengenai site temu bisnis tersebut, PT Graha Buana Cikarang, bekerjasama dengan KADIN dan JETRO, mengadakan kegiatan sharing mengenai cara penggunaan site TTPP dan J-GoodTech.

“Sharing ini menjelaskan mengenai sifat kepraktisan dan fungsi Supporting Desk kepada semua perusahaan-perusahaan tenant Kawasan Industri Jababeka,” papar Lim, dengan harapan dapat mendorong terlaksananya kegiatan Business Matching antara UKM Jepang, baik yang belum berada di Indonesia maupun yang sudah ada di Indonesia, dengan perusahaan tenant Kawasan Industri Jababeka.

(les)

http://images.cnnindonesia.com/visual/2017/04/13/cdf3d698-5ceb-4aaa-8847-103e05ce6bba.jpg?w=650

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Bagi Klien Yang Berposisi Di Luar Kota Serta Hendak Memperoleh Anjangsana Dari Kami Tentu Dikenakan Biaya Lawatan, Transport Dan Fasilitas, Dimana Biayanya Dijamin Sepenuhnya Oleh Konsumen.

mengapa jaga rumah pakai kontraktor bangunan lebih hemat & laba ini sporadis pun masih saja timbul walaupun pada pekerjaan dari anemer paling ahli sungguhpun. servis seo page one (jspo) merupakan sebuah industri servis seo patut dan terunggul di indonesia yang sungguh handal dan paling di percaya di dalam kondisi promosi …

Bisnis
Dengan Tampaknya Harga Konsultan Interior Rumah, Para Kontraktor, Perseroan Real Estate, Atau Lebih-lebih Bisa Jadi Perseorangan Bisa Menyebabkan Rumah Seperti Dengan Impian Dan Juga Budget.

servis konsultan interior paling baik dengan design kitchen set minimalis jakarta kami mampu memberikan harga termurah untuk harga kitchen set jakarta yang ter cepat, terpercaya serta jempolan. sehabis kalian menyebabkan ketentuan untuk mendandani bilik dapur rumah kalian, tahap pertama yang perlu kalian lakukan yakni mengambil buah pikiran berhubungan dapur kayak …

Bisnis
Itulah Apa Sebabnya Suatu Sofa Bilik Pengunjung Wajib Sebagai Sempurna Terintegrasikan (lebur) Pada Ruangan.

set kamar untuk anak terunggul yang di makna kamar patung kayu set minimalis hpl di sini merupakan segala deretan atau finisingnya kita sekalian mengenakan banjar maupun melekat hpl. di dalam produk ini kita menggunakan tumpukan hpl taco bagai finisingnya, supaya pun begitu saya dan teman-teman pun menyajikan finising menggunakan cat …