Jelang Hari Kemerdekaan, Inilah Bisnis Musiman yang Menggiurkan : Okezone Ekonomi

Bisnis

[ad_1]

SEKARANG tibalah saatnya kita benar-benar mengambil sikap nasib bangsa dan nasib tanah air kita di dalam tangan kita sendiri. Hanya bangsa yang berani mengambil nasib dalam tangan sendiri akan dapat berdiri dengan kuatnya.-Soekarno (Pidato Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945)

Hari kemerdekaan Indonesia yang ditunggu-tunggu akan segera tiba, bisa dibayangkan betapa meriahnya nanti suasana dalam menyambut hari bersejarah ini. Seluruh masyarakat Indonesia tentu akan melakukan berbagai acara dalam merayakan hari kemerdekaan 17 Agustus ini, mulai dari mengadakan upacara, perlombaan sampai ke konser musik.

Menjelang hari kemerdekaan biasanya juga akan ada banyak pernak-pernik bertemakan kemerdekaan baik di jalan atau di sekitar rumah Anda. Hal ini bisa dilihat sebagai peluang usaha yang cukup menguntungkan. Jadikan bisnis musiman sebagai usaha sampingan untuk menambah penghasilan Anda.

Berikut beberapa jenis peluang usaha sampingan yang bisa Anda lakukan menjelang hari kemerdekaan 17 Agustus nanti. 

1. Bendera Merah-Putih

Biasanya menjelang 17 Agutus akan ada pemberitahuan untuk memasang bendera di depan rumah sebagai bentuk mengenang jasa para pahlawan. Biasanya orang-orang akan mencari bendera merah-putih dengan bahan kain. Jika daerah tempat tinggal Anda mempunyai kebiasaan seperti itu ditambah dengan memiliki keahlian menjahit, Anda bisa ikut berjualan bendera merah-putih kain.

Tentu saja, berjualan bendera merah-putih menjelang 17 Agustus banyak menarik pembeli, karena biasanya masih banyak orang yang tidak menyimpan bendera merah-putih kain ini. Nah, Anda bisa menawarkan jasa menjahit bendera merah-putih kain ini dan menjualnya ke orang-orang yang belum memiliki bendera merah putih kain tersebut.

Untuk ilustrasi modalnya, Anda tidak harus mengeluarkan banyak uang karena ini hanya bisnis bersifat musiman saja. Keluarkan modal sesuai dengan pesanan saja. Misalnya, kain dengan panjang 1 meter seharga Rp25.000 beli saja dengan pesanan yang ada dan untuk mesin jahitnya, jika tidak memiliki mesin jahit, Anda bisa menjahit secara manual, tapi jangan lupa perhatikan kerapihannya.

2. Bendera dan Botol Plastik hiasan Merah-Putih 

Anda pasti sudah sering kan melihat berbagai hiasan bertemakan kemerdekaan dijalan atau di gang-gang sempit. Tentu saja warna merah-putih yang paling banyak mendominasi. Jika Anda memiliki banyak waktu di akhir minggu, manfaatkan waktu luang Anda dengan bisnis berjualan pernak-pernik kemerdekaan.

Biasanya anak-anak senang memiliki bendera dan botol plastik hiasan dengan warna merah-putih ini. Untuk bendera plastiknya Anda cukup menyiapkan plastik yang sudah diwarnai dengan warna merah dan putih lalu dan tusukan sate sebagai pegangannya. Untuk Botol plastik hiasnya, Anda harus sedikit kreatif, seperti mengkreasikan botol plastik ini ke bentuk bunga atau kipas tangan atau bentuk mainan lain.

Tentu modal untuk usaha ini sangat murah. Untuk ilustrasi modalnya Anda cukup membeli plastik bening dengan harga Rp2.000 – Rp3.000 untuk perbungkusnya, kuas cat ukuran kecil (Rp5.000), tusuk sate kayu Rp8.000/kg, (cat tembok putih dan merah (Rp35.000 x 2), dan untuk botol plastiknya Anda bisa datang ke pengepul daur ulang botol plastik bekas dengan harga Rp25 – Rp50 perak persatuannya. Jika Anda bisa mencari harga bahan lebih murah lagi, modal yang dikeluarkan tidak akan lebih dari Rp100.000.

3. Jasa Percetakan Umbul-Umbul

Barang laris manis lainnya yang bisa dijadikan peluang usaha adalah jasa percetakan umbul-umbul. Biasanya yang akan banyak mencari jasa ini adalah RT, RW, Kelurahan dan instansi-instasi untuk dipasang dijalan atau diluar gedung. Karena bahan umbul-umbul terbuat dari kain Anda bisa mencetaknya dengan sablon. Bisa juga menambah jasa untuk membuat spanduk.

Perkiraan ilustrasi modal untuk memulai bisnis ini adalah kain (Rp25-30 ribu/ meter), biaya sablon Rp7.500 – Rp11.000/ umbul-umbul (bisa lebih murah), tiang Rp10 – 15 ribu/satuan. Untuk umbul-umbul biasanya tidak perlu desain yang terlau detail dan sulit, jadi agar lebih hemat akan lebih baik jika Anda mendesain sendiri gambarnya dan tidak usah menyewa jasa untuk desain.

4. Kaos Bertemakan Kemerdekaan 

Punya hobi menggambar dan design? Anda bisa menyalurkan hobi menjadi bisnis yang menguntungkan. Memanfaatkan momentum hari kemerdekaan, Anda bisa menjual baju design Anda dengan tema kemerdekaan. Keuntungan dari usaha ini, jika pembeli menyukainya, Anda bisa mengembangkan bisnis musiman ini menjadi bisnis Anda untuk seterusnya.

Cara memasarkannya cukup ke orang-orang sekitar Anda dan teman kantor atau kuliah sebagai awal bisa juga secara online untuk mempermudah para calon konsumen. Biasanya permintaan kaos-kaos bertemakan kemerdekaan akan banyak datang dari kalangan instansi dan organisasi tertentu yang menginginkan keseragaman pakaian untuk sebuah acara.

Awal modal untuk bisnis ini memang lebih mahal. Untuk ilustrasi modal awal harus mempersiapkan kaos putih (Rp10-15 ribu/satuannya) dan jasa sablon (Rp8-15 ribu/kaos). Semua total modal harus dihitung sesuai pesanan yang diterima, makin banyak permintaan, maka harga bahannya pun bisa lebih murah.

5. Makanan dan Minuman Unik Bertema Kemerdekaan

Untuk usaha makanan ini Anda bisa menjual kue atau minuman bertema kemerdekaan, tidak perlu mahal-mahal menyewa toko untuk memulai usaha ini. Anda bisa menyewa satu tempat di depan sekolah atau tempat ramai lainnya atau membuat akun khusus dan menjalankannya secara online. Bisa juga menjualnya pada hari H saat ada perlombaan atau acara menyambut kemerdekaan di sekitar rumah Anda.

Bisa juga memasarkannya ke pada kantor tempat Anda bekerja untuk membeli olahan makanan Anda untuk konsumsi acara kantor di hari kemerdekaan. Dimulai dari bisnis musiman ini, bisa saja makanan dan minuman Anda bisa laris terus dan menjadi usaha sampingan tetap yang menguntungkan.

Ilustrasi modal untuk usaha ini adalah bahan-bahan membuat sampai kemasan makanan bisa mencapai Rp300.000 – Rp500.000 tergantung berapa banyak kue yang Anda ingin jual. Untuk minuman Anda bisa mengambil jenis minuman seperti es serut, modal untuk minuman lebih murah bisa Rp50.000 – Rp150.000 ini sudah termasuk sirup, es batu, topping (agar-agar, buah atau rumput laut) dan gelas plastik.

Dari Bisnis Sampingan Menjadi Bisnis Tetap yang Menguntungkan

Bagi Anda yang ingin memulai sebuah bisnis tapi masih ragu untuk memulainya, jangan ragu untuk memanfaatkan momen kemerdekaan ini sebagai awalnya. Semua contoh bisnis diatas itu mudah dilakukan, bahkan bisnis sampingan ini bisa dilakukan secara online. Walaupun hanya berawal dari tema musiman, jika Anda mampu memberikan kualitas produk yang baik dan memuaskan, bisa saja bisnis sampingan ini berubah menjadi bisnis tetap yang bisa menambah penghasilan.

https://img.okezone.com//content/2017/08/10/320/1753702/jelang-hari-kemerdekaan-inilah-bisnis-musiman-yang-menggiurkan-jR4ISgxQ1l.jpg

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Toko Bunga Jakarta Online Murah Terpercaya

Selamat Datang di Website Kami: toko bunga jakarta online murah Menyediakan Berbagai Macam Bunga, Papan Bunga, Bunga Meja, Bunga Berdiri, Bunga Bouqet Tangan dll. Model papan bunga dengan kombinasi warna biru kuning hijau juga merupakan salah satu dari banyak model favorit di klien kami. pesan untuk dewan berkabung. Bouquet Flower …

kontraktor kaca dan aluminium composite panel
Bisnis
Spesialis Kontraktor Aluminium Composite Panel Gedung

Fasad & Dinding Tirai dari Aluminium Composite Panel Ringan dan kaca stopol. Spesialis kontraktor kaca dan aluminium composite panel dan juga kaca oleh PT Partindo. Akreditasi jaminan tertutup pasti akan diberikan untuk proyek yang membutuhkan berdasarkan panel serta persyaratan naungan yang memanfaatkan ditambah masalah lingkungan. Aplikasi Alcopan tidak terbatas pada …

daftar harga beton cor ready mix
Bisnis
Harga Beton Cor Readymix Per M3 untuk Wilayah Jakarta

Biaya Beton Semua Set Mix – Jayamix Per M3 Cor K225 Oktober 2017. daftar harga beton cor ready mix tidak terdiri dari jaringan uang tunai, jika lebih besar dari 10 pipeline. Dengan menyewakan pompa berdasarkan tuntutan waktu pemakaiannya bisa mencegah bahaya peralatan menganggur namun tetap perlu membayar uang sewa. Biaya …