Kadin Jajaki Peluang Bisnis dengan Afghanistan

Bisnis

[ad_1]

JAKARTA – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia membuka peluang peningkatan hubungan ekonomi dan bisnis dengan Afghanistan.“Pertemuan pada tahap ini sangat penting bagi hubungan bisnis Indonesia-Afghanistan karena di balik tantangan yang dihadapi kedua belah pihak, sebenarnya ada peluang yang harus dimanfaatkan agar saling menguntungkan. Ke depan kita harapkan perdagangan bisa terus meningkat,” ujar Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P Roeslani dalam Indonesia-Afghanistan Business Forum di Jakarta, Kamis (6/4/2017).

Menurutnya, volume perdagangan di antara kedua negara masih relatif rendah karena adanya hambatan nonteknis seperti belum terbangunnya rasa saling percaya atau karena jalur perdagangan yang tidak langsung.

Kadin mencatat, volume perdagangan bilateral antara Indonesia dan Afghanistan menurun dari USD36,6 juta pada 2015 menjadi USD16,25 juta pada 2016, meski surplus bagi Indonesia namun volume perdagangannya dinilai masih rendah.

Dia mengatakan, Afghanistan bisa menjadi pasar ekspor nontradisional untuk Indonesia. Pada kesempatan tersebut, Rosan juga mengundang Afghanistan untuk berinvestasi di Indonesia serta menjalin kerja sama bisnis dengan para pelaku usaha nasional.

“Ke depan, kita harus saling mengupayakan agar jalur perdagangannya langsung dan membangun kepercayaan agar bisnis di antara kedua belah pihak bisa tumbuh dan berkembang dengan jaringan bisnis yang semakin kuat,” ungkap Rosan.

Sementara, Kadin juga mencatat bahwa investasi Afghanistan di Indonesia pada periode 2015-2016, meskipun relatif kecil namun menunjukkan kecenderungan meningkat.

Pada 2015 tercatat investasi yang terdiri dari enam proyek dengan nilai USD9,6 juta, meningkat pada 2016 menjadi 40 proyek dengan nilai USD12,3 juta.

Bank Dunia memprediksi pertumbuhan ekonomi Afghanistan pada 2017 akan mencapai 1,8%. Diperkirakan nilai tersebut akan meningkat menjadi 3,6% pada 2018 dan 2019.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Hubungan Internasional Shinta Widjaja Kamdani mengatakan, sebagai negara yang tengah berbenah dari dampak perang, pertumbuhan ekonomi Afghanistan patut diperhitungkan.

Menurutnya, Afghanistan dalam beberapa tahun ke depan akan menjadi Emerging Market sebagai pangsa pasar besar bagi produk dan jasa Indonesia.

“Afghanistan tengah giat membangun infrastrukturnya. Ada sejumlah proyek tengah dan akan dijalankan, di antaranya pembangunan jalur kereta TAT Railway sepanjang 645 km, Jalur kereta Chaman-Kandahar sepanjang 98 km dan Herat-Torghondi sepanjang 150 km. Ini opportunity bagi para pelaku bisnis Indonesia di bidang tersebut ataupun bisnis turunannya untuk kerja sama bisnis,” tuturnya.

Shinta menuturkan, saat ini Afghanistan juga sedang fokus pada pembangunan infrastruktur energi dan memposisikan diri sebagai hub energi untuk wilayah Asia Tengah.

https://cdn.sindonews.net/dyn/620/content/2017/04/06/34/1194868/kadin-jajaki-peluang-bisnis-dengan-afghanistan-2Sp.jpg

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Promo Jam Tangan Guess Kw Super Murah

Selamat Datang di jam tangan guess kw super murah – Perbandingan Harga Nomor Situs di Indonesia. Berbeda dengan produk replika yang tidak biasa menemukan cara menulis logo atau merek yang berbeda di beberapa bagian. Untuk informasi lebih lanjut, Kualitas bahan yang tercantum dalam deskripsi pengiklan asli dengan tampilan analog yang …

lowongan kerja hotel bali lulusan sma
Bisnis
Info Lowongan Kerja Hotel Bali Lulusan Sma

Lowongan kerja Renaissance Bali Uluwatu Resort & Medical Spa. Berbagai Peluang lowongan kerja hotel bali lulusan sma di Tijili Resort Seminyak Bali. Dengan lokasi yang luar biasa di samping pantai selancar Kuta yang terkenal di dunia, Anda dikelilingi oleh alternatif untuk membenamkan diri Anda sendiri karena Bali perlu memasok. Daerah …

Bisnis
Jasa Pembuatan Tenda Membran Murah Per Meter

tenda membran murah per meter adalah tenda yang digunakan sebagai media promosi. Cara Pemesanan Produk kami, anda bisa menghubungi kami terlebih dahulu hanya berkonsultasi tentang apa yang anda butuhkan (konsultasi gratis). Desain Tenda Membrane sangat fleksibel dan dapat disesuaikan secara bebas dengan kebutuhan setiap pelanggan, namun tentunya akan dibatasi oleh …