Kebiasaan yang Bisa Bantu Anda Lekas Kaya Raya


VIVA.co.id – Siapa sih yang tidak ingin jadi orang kaya dengan uang melimpah? Jadi orang kaya berarti Anda selalu memiliki sumber dana yang memadai untuk membiayai semua kebutuhan dan keinginan.

Sebagian kalangan bernasib baik terlahir dari keturunan orang kaya. Sebagian lagi, harus bekerja sangat keras baru bisa kaya. Namun, tahukah Anda, menjadi orang kaya tidak cukup bila hanya mengandalkan warisan orangtua atau bekerja keras semata.


Ada beberapa kebiasaan yang bisa membantu Anda lekas menjadi orang kaya, seperti dikutip HaloMoney.co.id, pada Sabtu 16 September 2017 berikut ini:

1. Menyisihkan minimal 10 persen untuk hari depan

Membiasakan diri menyisihkan sebagian penghasilan untuk kebutuhan di hari depan, seperti dana pensiun, biaya pendidikan anak, dan sebagainya, akan membantu Anda lebih cepat meningkatkan kesejahteraan.

Dengan menyisihkan sebagian penghasilan untuk kebutuhan di masa mendatang, keamanan finansial Anda bisa lebih terkelola. Sisihkan sebagian penghasilan itu di tabungan, deposito bank atau emas dan produk investasi lain yang sesuai dengan profil risiko Anda.

2. Berinvestasi

Inflasi adalah momok yang nyaris sulit Anda hindari. Laju penurunan nilai uang membuat nilai penghasilan Anda saat ini tak memadai lagi di masa mendatang.

Untuk menghindari hal itu, selain Anda perlu menambah sumber penghasilan, Anda bisa berinvestasi di produk yang bisa memberikan untung melampaui laju inflasi.

Pilihannya bisa investasi di pasar finansial melalui saham, obligasi, reksadana. Bisa juga investasi emas batangan atau investasi di sektor riil seperti properti.

3. Tidak terjebak gaya hidup

Anda harus bisa membedakan mana pengeluaran untuk kebutuhan hidup dan mana yang sifatnya untuk gaya hidup. Bila Anda ingin lekas jadi orang kaya, lebih baik Anda menghindari jebakan pengeluaran untuk sesuatu yang sifatnya sekadar gaya hidup.

Anda bisa menyisihkan pendapatan untuk hal yang lebih produktif ketimbang habis untuk hal konsumtif yang sifatnya kurang penting.

4. Merintis bisnis

Cobalah Anda perhatikan, sangat jarang kita temui orang kaya di dunia ini yang statusnya adalah karyawan. Hampir semua orang kaya membangun kekayaannya dari bisnis dengan merintis sebuah usaha.

Bila memang Anda ingin jadi orang kaya, maka mulailah memikirkan untuk memiliki sebuah bisnis. Jadilah pengusaha yang memiliki bisnis.

5. Hidup sederhana

Anda akan sulit menjadi orang kaya bila memelihara gaya hidup boros dan berlebih-lebihan. Kebanyakan orang yang benar-benar kaya di dunia justru bergaya hidup sederhana.

Menjadi ironis ketika kalangan yang belum kaya, justru hidup boros dan berlebihan. Mulailah membiasakan hidup sederhana sehingga Anda bisa memiliki lebih banyak ruang untuk mengoptimalkan pendapatan menjadi lebih produktif.

http://media.viva.co.id/thumbs2/2016/03/14/370765_orang-kaya-amerika-serikat_641_452.jpg



Sumber Artikel

Komentar

comments