Kembangkan Bisnis Anda dengan Tiga Produk Gratis Google


Oleh:
Jason Tedjasukmana

Sebuah data dari International Finance Corporation tahun 2016 memaparkan bahwa 51% sector bisnis mikro dan kecil di Indonesia dimiliki oleh wanita sementara 34% -nya dimiliki oleh kaum wanita untuk sektor bisnis ukuran menengah. Sayangnya, 47% pengusaha wanita Indonesia tersebut jarang memanfaatkan teknologi, seperti komputer, dalam mengembangkan bisnis mereka. Padahal, beberapa studi menyatakan bahwa bisnis yang hadir secara online dapat tumbuh 80% lebih cepat dari bisnis yang masih konvensional atau masih offline.

Untuk itu, Google hadir melalui Program Womenwill di 5 (lima) kota besar di Indonesia sejak Mei hingga bulan Agustus tahun ini yang bertujuan untuk menumbuhkan komunitas pengusaha wanita dan mendorong berbagi pengetahuan dan pengalaman untuk membantu para pebisnis tumbuh dengan teknologi.

Tak hanya melalui program Womenwill, Google juga turut mendukung para pebisnis wanita melalui produk-produk gratis yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis mereka. Berikut adalah tiga produk gratis dari Google untuk membantu pelaku bisnis dan UKM go online:

Google Bisnisku

Google Bisnisku, yaitu platform dari Google yang memungkinkan bisnis Anda ditampilkan di Google Penelusuran dan Maps. Salah satu manfaat utama Google Bisnisku adalah Anda dapat mengetahui performa bisnis Anda secara online dari mulai jumlah klik dan panggilan telepon, sampai ke berapa kali listingan Anda dilihat. Analisa ini dapat membantu Anda membuat strategi pemasaran berbasis data yang lebih efektif. Bahkan sekarang Anda dapat membuat situs web gratis menggunakan platform ini.

Pendaftaran ke Google Bisnisku mudah dan gratis. Para pemilik bisnis hanya perlu masuk ke akun Gmail dan berkunjung ke www.google.co.id/bisnisku . Proses pendaftaran dan verifikasi umumnya dapat selesai dalam 1-2 minggu. Setelah diverifikasi, akun Google Bisnisku bisa dikelola kapan saja.

Pemilik Ucok Durian, Johan Hasibuan, memahami betul manfaat Google Bisnisku. Ia mengatakan bahwa setelah menggunakan Google Bisnisku selama tiga bulan penjualan durennya meningkat 10 kali lipat.

Google Analytics

Web Analytics adalah program yang dapat membantu Anda mengetahui dan menganalisa apa yang dilakukan oleh para pengunjung situs Anda secara detail. Dengan memanfaatkan informasi dari Web Analytics, Anda dapat mengoptimalkan situs web bisnis Anda serta meningkatkan ROI Anda.

Ingin yang gratis? Gunakan Google Analytics.

Google Primer

Tak berhenti disitu, Google terus melakukan inovasi untuk dapat mendukung para pebisnis
mengembangkan bisnis mereka. Google Primer merupakan aplikasi edukasi mobile gratis untuk
para pelaku usaha kecil, pengusaha, dan pemasar. Primer mengajarkan dasar-dasar pemasaran dan bisnis dalam bentuk yang ringkas sehingga dapat dipelajari di mana pun seseorang berada saat ia mempunyai 5 menit waktu luang. Google menciptakan Primer guna membantu para pemilik bisnis mengasah keterampilan mereka di tengah perubahan dunia yang pesat di mana alat dan teknik digital mutakhir terus berubah dan berkembang.

Diresmikan pada akhir bulan Agustus lalu, Google Primer kini telah dapat digunakan juga
dengan bahasa Indonesia! (**)
Screenshot-(53)

Penulis adalah Head of Corporate Communications at Google Indonesia

http://duitkita.net/wp-content/uploads/2017/09/kembangkan-bisnis-anda-dengan-tiga-produk-gratis-google.jpg



Sumber Artikel

Komentar

comments