Kepoin Tentang Cara Ikut Reksadana Yuk! Jadi Investor Muda, Kenapa Tidak

Investasi

Duitkita.net – Berinvestsi untuk masa depan adalah hal wajib yang seharusnya dirintis sejak awal. Karena invetasi ini adalah bagian dari menabung dalam jumlah dana yang besar. Dengan berinvestasi, maka masa depan kita akan terjamin. Mengapa demikan? Karena sudah ada dana yang disimpan dalam investasi kita. Berinvestasi bisa dalam bentuk usaha atau memiliki benda berharga seperti emas, saham, ataupun obligasi. Untuk itu, yuk kita pelajari cara ikut reksadana:

Reksadana adalah sebuah wadah investasi yang sengaja didirikan untuk menaungi para investor yang ingin berinvestasi. Para tenaga profesional dibawah pelatihan Manager Investasi yang handal akan memberikan penjelasan dengan sedetail-detailnya tentang tips untuk berinvestasi yang benar.

 

Cara ikut reksadana

Tips beinvestasi yang diinginkan pastinya dengan modal yang sedikit tetapi hasilnya selangit. Itulah yang akan dialami ketika sudah bergabung di wadah ini. Bergabung apa salahnya. Kan juga bisa sambil belajar. Tidak perlu takut untuk mencoba.

 

Tahapan yang harus dilalui

Tips untuk gabung dengan Reksadana ini adalah dengan melalui beberapa tahap yang memang harus dijalani semuanya.

1. Niat.

Yang paling penting untuk memulai sebuah usaha adalah niat. Niat harus benar-benar dilakukan agar kedepannya bisa dijalankan dengan lancar usahanya. Niat adalah salah satu tips yang berawal dari diri kita sendiri. Untuk apa kita berinvestasi. Selain itu juga mempertimbangkan dana yang dimiliki, resiko, serta keuntungan apa yang didapat jika kita bergabung menjadi investor. Berencana dengan matang dan kemudian menemukan jawabannya. Jawaban tersebut harus kita pikirkan dengan seksama dan bisa juga didapat dengan meminta pendapat dari orang-orang sekitar.

2. Mengenal

Mengenal di sini merupakan tahap yang penting untuk mencari informasi tentang reksadana itu sendiri. Tips ini dilakukan dengan mencari-cari informasi terkait investasi dan lembaga yang mewadahinya. Gabung sebagai investor harus cerdas dalam memilih investasi mana yang sesuai, investasi apa yang menjanjikan dan apa resikonya. Selain itu juga memikirkan laba yang akan didapat.

3. Mendaftar

Bergabung menjadi investor setelah mempelajari semua tentang dunia investasi adalah tahap selanjutnya yang dilakukan. Mendaftarkan diri melalui wadah yang sudah ditunjuk, yakni  reksadana. Pendaftarannya adalah lewat MI (Manager Investasi). Danareksa bisa dibeli dari lembaga yang bergabung dengan PT ini.

Untuk harga tidak perlu khawatir, karena hanya dangan dana Rp 200.000,00 kita sudah bisa menjadi investor. Biasanya lembaga yang dijadikan tempat pembelian danareksa adalah bank. Bank-bank yang bergabung dan menjalin kerjasama dengan PT reksadana adalah Commonwealth Bank, CIMB Niaga, BCA, dan masih banyak lagi bank lain.

Selain melalui bank, kita bisa gabung dan mendaftar sebagai investor dengan mendaftar di beberapa Perseroan Terbatas. Beberapa Perseroan Terbatas yang bekerjasama dengan Danareksa adalah PT DIM (Danareksa Investment management), Panin Asset Management (PAM), PT Manulife Aset Management Indonesia (MAMI), PT Schroders Investment Management Indonesia, PT Syailendra Capital, dan PT Mandiri Manajemen Investasi.

4. Membeli

Selanjutnya, tips untuk gabung berinvestasi di Danareksa adalah dengan melakukan pembelian saham atau investasi melalui dana yang dimiliki.

 

Adapun urutan membeli investasi yang benar adalah:

Pertama, pembelian dilakukan pada hari bursa. Persyaratan yang harus dibawa adalah KTP dan NPWP.

Kedua, melakukan transaksi NAB (Nilai Aktiva Bersih). Mengapa ini harus berdasarkan NAB? Karena NAB akan menentukan keuntungan kita dalam berinvestasi. Harga NAB akan berubah dalam setiap waktunya.

Terakhir adalah harus mengenal batas  transaksi yang dilakukan. Batas transaksi ini disebut juga cut of time. Batas transaksi ini memberikan batas waktu dalam pembelian dan penjualan danareksa.

  • Menghitung

Tips yang selanjutnya adalah mempelajari tentang perkembangan investasi yang ditanam. Dengan menguasai tips berhitungnya maka kita tidak akan mengalami resiko yang berarti.

 

Mempelajari tentang investasi pada reksadana adalah hal yang sangat utama. Untuk itu, kita harus menambah pengetahuan dengan rajin-rajin membaca. Mulailah berinvestasi mulai sekarang dan dapatkan keuntungannya.

Cara ikut reksadana telah gamblang dijelaskan dengan tahap-tahap yang berurutan. Untuk itu, bagi para investor pemula harus lebih jeli dan benar-benar mencoba tahapan yang sudah ada.

 

Investasi
Investasi Emas Melalui Komunitas, Bonus Silaturahmi

  TEMPO.CO, Bandung – Dua tahun lalu, Dewi Intan, 43 tahun, menerima ajakan sahabatnya, Santy Sriharyati, untuk mengikuti arisan emas. Niatnya sederhana: membayar uang masuk sekolah anak-anaknya. “Saya sudah ikut arisan emas yang kesembilan. Sekarang saya lebih ke menyimpan dana,” kata Intan ketika ditemui di Restoran Centropunto, Bandung. Intan menuturkan …

Investasi
Investasi Emas Kian Dilirik | Kaltim Post

[ad_1] PROKAL.CO, align=”left”>BALIKPAPAN –  Meningkatnya pemahaman masyarakat atas investasi emas, turut mendorong kinerja PT Pegadaian (Persero) Kanwil Balikpapan. Logam mulia ini pun menjadi salah satu fokus bisnis mereka tahun ini. Deputi Pemimpin PT Pegadaian Kanwil Balikpapan Firman Alghazali mengungkapkan, pihaknya akan berupaya meningkatkan saldo nasabah dalam produk Tabungan Emas. Berbeda …

Investasi
Terjang Inflasi dan Kokohkan Tabungan dengan Cara Ini : Okezone Ekonomi

[ad_1] INFLASI adalah suatu perubahan pada harga yang dipengaruhi oleh mekanisme pasar. Inflasi tidak akan mengurangi jumlah uang yang anda miliki, inflasi hanya akan memengaruhi nilai uang saja. Contohnya jika pada tahun 2005, uang Rp100 ribu mampu membeli 10 kg beras, pada tahun 2016, uang Rp100 ribu …