Kredit Properti Ikut Dievaluasi | Kaltim Post

Bisnis

[ad_1]

PROKAL.CO, SAMARINDA – Kinerja pertambangan batu bara yang merosot beberapa tahun lalu membuat perbankan lebih ketat dalam menyalurkan kredit. Tak hanya bagi usaha-usaha terkait emas hitam, sektor lain seperti properti pun terkena imbasnya.

Hal itu diakui pemimpin Sekretariat Perusahaan BPD Kaltim, Abdul Haris Sahilin. Dia mengatakan, sebelumnya, perusahaan telah mengawas ketat kredit pada sektor konstruksi swasta. Bisnis properti residensial, disebutnya, masuk dalam kategori ini.

Hal itu dapat dilihat dari penjualan produk properti yang dilaporkan sejumlah pengembang. Hunian-hunian tipe menengah dan besar stagnan, bahkan nyaris tak bergejolak.

Haris menyebut, sektor properti sudah masuk radar pengawasan ketat BPD Kaltim. Terutama, yang konsumennya adalah bagian dari sektor pertambangan. Bak karyawan langsung, maupun karyawan dari perusahaan-perusahaan jasa penunjang bisnis batu bara.

“Dilihat dulu pangsa pasarnya itu, kondisi ekonominya bagaimana. Sebab, konsumen properti lama, sebagian ikut kena imbas dari kondisi tambang yang sempat terpuruk. Meskipun sekarang, ada yang bilang sudah pulih,” tutur dia.

Khusus untuk kredit modal kerja bagi pengembang, Haris menyebut, BPD Kaltim juga akan lebih ketat dalam menyalurkannya. Developer tak hanya dituntut memastikan kelancaran pembangunan, namun harus menghitung jeli potensi penjualannya nanti.

“Jadi bergantung sektor bisnisnya. Kehati-hatian ada. Dipertimbangkan banyak faktor, sebagaimana kami mengevaluasi kredit dalam kondisi apapun. Ini juga untuk menghindari potensi kredit macet,” kata dia.

Dia memaparkan, dari sektor konstruksi per Juni lalu, angka outstanding sebesar Rp 1,79 triliun, dengan didominasi kegiatan konstruksi dari proyek pemerintah. Nilai itu berkontribusi 12,44 persen terhadap total kredit BPD Kaltim.

Kata Haris, pihaknya saat ini tengah membaca kondisi pasar. Kalau pasar properti membaik, dia mengaku akan menyalurkan kredit lagi.

“Kami lihat prospek usaha dan keamanan. Sebab dari mana kami dapat keyakinan kredit itu kembali, kalau prospek kami tak dapat dibaca,” pungkas dia.

Terpisah, Sekretaris Real Estate Indonesia (REI) Kaltim Bagus Susetyo mengakui, pembiayaan perbankan untuk properti kelas menengah ke atas sudah sulit. Namun, untuk properti kelas menengah ke bawah seperti rumah subsidi dan rumah murah justru makin banyak variasinya.

Kondisi itu tak lain disebabkan, daya beli masyarakat yang belum cukup kuat untuk membeli porperti mewah. “Jadi konsumen saat ini membeli rumah sebagai hunian, bukan spekulasi untuk investasi,” sebut dia.

Tak hanya itu, lanjut Bagus, developer properti kelas kakap di Indonesia juga mulai menyesuaikan keadaan. Produksi unit kelas menengah ke atas dikurangi, dan ikut membangun properti ukuran kecil. “Kondisi saat ini developer berusaha bertahan hidup,” ungkap Bagus. (*/hdd/man/k9)

http://images1.prokal.co/webkp/file/berita/2017/09/11/kredit-properti-ikut-dievaluasi.jpg

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Bagi Klien Yang Berposisi Di Luar Kota Serta Hendak Memperoleh Anjangsana Dari Kami Tentu Dikenakan Biaya Lawatan, Transport Dan Fasilitas, Dimana Biayanya Dijamin Sepenuhnya Oleh Konsumen.

mengapa jaga rumah pakai kontraktor bangunan lebih hemat & laba ini sporadis pun masih saja timbul walaupun pada pekerjaan dari anemer paling ahli sungguhpun. servis seo page one (jspo) merupakan sebuah industri servis seo patut dan terunggul di indonesia yang sungguh handal dan paling di percaya di dalam kondisi promosi …

Bisnis
Dengan Tampaknya Harga Konsultan Interior Rumah, Para Kontraktor, Perseroan Real Estate, Atau Lebih-lebih Bisa Jadi Perseorangan Bisa Menyebabkan Rumah Seperti Dengan Impian Dan Juga Budget.

servis konsultan interior paling baik dengan design kitchen set minimalis jakarta kami mampu memberikan harga termurah untuk harga kitchen set jakarta yang ter cepat, terpercaya serta jempolan. sehabis kalian menyebabkan ketentuan untuk mendandani bilik dapur rumah kalian, tahap pertama yang perlu kalian lakukan yakni mengambil buah pikiran berhubungan dapur kayak …

Bisnis
Itulah Apa Sebabnya Suatu Sofa Bilik Pengunjung Wajib Sebagai Sempurna Terintegrasikan (lebur) Pada Ruangan.

set kamar untuk anak terunggul yang di makna kamar patung kayu set minimalis hpl di sini merupakan segala deretan atau finisingnya kita sekalian mengenakan banjar maupun melekat hpl. di dalam produk ini kita menggunakan tumpukan hpl taco bagai finisingnya, supaya pun begitu saya dan teman-teman pun menyajikan finising menggunakan cat …