Langkah Untuk Cara Investasi Emas Di Pegadaian

cara investasi emas pegadaian
investasi emas

Duitkita.net – Pernahkah terfikirkan tentang cara investasi emas ? Bagi anda yang menyukai logam mulia ini pasti lebih suka membelinya dalam bentuk perhiasan daripada batangan. Karena menurut anda perhiasan bisa menjadi tabungan. Nah, ketika kita membeli logam mulia ini, tentunya kita berfikir, apakah logam mulia berwarna kuning ini akan digunakan sebagai tabungan di kemudian hari atau bahkan digunakan saat anda mendatangi pesta atau dalam kehidupan sehari-hari.

Jika anda membeli emas dalam bentuk perhiasan untuk dipakai sekaligus anda investasikan maka baiknya pilih yang tidak memiliki permata. Sebab jika permatanya hilang yang ada harganya pun juga akan turun. Sedangkan jika anda membeli yang bermodel polosan untuk harganya bisa tetap asalkan di semua toko asalkan surat pembeliannya masih lengkap. Akan lebih baik lagi jika anda menjual perhiasan logam mulia ini pada toko dimana anda membelinya.

Nah, lalu bagaimana cara membeli logam mulia ini untuk anda jadikan sebagai investasi? Apakah sama dengan membelinya untuk perhiasan ataukah tidak? Jika anda hendak menggunakannya untuk dijadikan sebagai tabungan masa depan ada baiknya membeli dalam bentuk batangan saja. Kenapa demikian? karena batangan bila dijual lagi harganya masih lumayan tinggi bila dibandingkan dengan yang dijadikan sebagai perhiasan.

cara investasi emas pegadaian

Berminat untuk menabung untuk kebutuhan masa depan menggunakan logam mulia berwarna kuning ini? Berikut beberapa langkah yang harus diperhatikan!

Cara investasi emas yang perlu diperhatikan

Ketika anda menjual perhiasan anda maka harus menyertakan suratnya. Hal ini bertujuan agar mudah dalam menentukan kadar karatnya. Ingat, tidak semua toko bisa menentukan kadar karat dari perhiasan yang anda jual sehingga membawa surat akan lebih meyakinkan.

Selain itu terkadang ada juga toko yang membutuhkan waktu agak lama untuk mengetahui apakah itu asli ataukah tidak. Jika anda menjualnya disertai dengan nota, tentunya akan lebih mudah. Sebab sudah tertera kadar dan juga keasliannya. Jadi tidak membutuhkan waktu yang lebih lama.

Nah, ketika anda ingin menyimpan emas sebagai tabungan masa depan dengan cara membelinya sebagai perhiasan, ada beberapa hal yang memang perlu diperhatikan, yaitu sebagai berikut:

  • Apabila anda ingin membeli yang ada permatanya, amatilah dengan betul apakah permatanya masih utuh. Jangan sampai anda dapatkan emas dengan permata yang cuil. Sebab permata yang cuil ini juga bisa mengurangi harga jualnya nanti.
  • Nah, bila anda ingin membeli kalung ataupun gelang, pilihlah yang memiliki kunci buatan mesin. Kuncinya ini biasanya berbentuk seperti huruf S. Jadi kalung atau gelang yang anda beli bisa awet dalam waktu lebih lama dengan kata lain tidak mudah putus.
  • Ada baiknya anda membeli perhiasan yang sudah dalam keadaan bersih. Karena terkadang ada yang belum dicuci dengan benar. Sehingga saat anda pakai nanti bisa membuat iritasi pada kulit anda.

Baca juga : Bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga

Beberapa Cara investasi emas di Pegadaian

Perhiasan memang harganya mahal. Namun bisa kita jadikan sebagai tabungan masa depan. Mungkin bagi anda yang malas memakai perhiasan ini namun gemar untuk membelinya. Cobalah menjadikannya sebagai tabungan di Pegadaian atau bank.

Menurut perhitungan, menabung yang paling menguntungkan adalah investasi emas. Jika anda masih bingung bagaimana langkah-langkahnya, berikut ini kami berikan ulasannya.

  • Menitipkan di Pegadaian
    Di pegadaian memang menyediakan penitipan perhiasan. Yang pasti logam mulia yang anda titipkan entah berupa perhiasan maupun batangan bakalan aman. Selain itu, biaya penitipannya pun juga terbilang murah.

Biasanya setiap barang yang dititipkan akan diasuransikan. Jadi, tidak usah khawatir lagi jika barang yang anda simpan di pegadaian hilang.

Biasanya biaya penitipan dihitung per 100 gram nya sekitar 20.000 jadi jika anda menitipkan seberat 1kg tentunya tiap bulan anda akan dikenai biaya sekitar 200.000 rupiah.

  • Mencicilnya
    Jadi anda tidak perlu bingung, anda tinggal datang untuk memilih logam mulia sesuai dengan keinginan anda. Namun bila anda mengambil cara satu ini, anda harus membayar Dp nya terlebih dahulu. Anda bisa membayar Dp 30 persen dari nilai emasnya. Setelah itu, anda tinggal menentukan jangka waktu cicilan anda serta jumlah cicilan yang harus anda bayar. Setelah semuanya telah ditentukan dan anda sudah melunasinya. Tentu anda akan segera menerima emas dalam waktu kurang lebih 1 hingga 2 minggu dari waktu pelunasan anda.
  • Tabungan emas.
    Ini tergolong cara yang paling mudah. Cukup membeli dan menitipkannya di Pegadaian. Anda pun juga bisa mencairkannya. Biasanya harga emas akan disesuaikan dengan harga saat anda melakukan transaksi pertama kali dan anda pun juga bisa menabung dengan berat mulai dari yang terendah.

Itulah beberapa cara investasi emas yang mungkin bisa membantu anda yang kebingungan dengan tabungan untuk masa depan. Jika anda ingin berinvestasi, akan lebih baik anda mengambil logam mulia cantik berwarna kuning ini saja. Selain aman, bisa digunakan dan mudah caranya.

Investasi
Cara Investasi Emas Di Pegadaian

Duitkita.net – Tabungan jangka panjang memang menguntungkan kita semua. Banyak barang yang bisa kita tabunkan.Misalkan saja logam mulia,surat motor,rumah ,saham atau bahkan yang lainnya. Namun kini logam mulia dinilai sebagai tabungan yang paling menguntungkan bila kita bandingkan dengan yang lainnya. Sebenarnya banyak sekali orang yang ingin menyimpan logam mulia ini, …

Investasi
Cara Investasi Emas Antam Menguntungkan Bagi Anda Pemula

Duitkita.net – Investasi emas antam merupakan salah satu jenis tabungan jangka panjang yang sering dijadikan pilihan banyak orang. Sebab tabungan jangka panjang ini dapat memberikan keuntungan di masa mendatang. Jika memiliki dana yang belum terpakai dalam waktu dekat maka pilihan tabungan berupa logam mulia ini sangatlah tepat. Bagi Anda yang …

Investasi
Teknik-Teknik Dalam Investasi Emas Batangan

Duitkita.net – Keuangan adalah hal penting dalam hidup yang harus diperhatikan sebai-baiknya, bukan untuk saat ini saja melainkan untuk masa depan. Pengelolaan keuangan tidaklah mudah, anda harus melakukan bebepa hal untuk bisa mengatur keuangan anda agar bisa berguna dimasa depan. Investasi emas batangan bisa menjadi salah satu cara anda mengatur …