Lembong Cs Mau Kerek Peringkat Kemudahan Bisnis

[ad_1]


RMOL. Pemerintah tengah me­nyiapkan langkah-langkah untuk mengerek peringkat kemudahan berbisnis (Ease of Doing Business/ EODB) Indonesia. Persiapan itu di­lakukan karena tidak lama lagi bank dunia (World Bank) akan melakukan pengecekan untuk menentukan rangking tahun ini.

“Sekarang sedang musim Ease of Doing Business. Sebentar lagi Bank Dunia akan membagi-bagikan kuisioner kepada para responden terkait survei tersebut,” kata Kepala Badan Koordinasi Penana­man Modal (BKPM) Thomas Lembong usai rapat kordinasi di Kantor Kementerian Koor­dinator Bidang Perekono­mian, Jakarta, kemarin.

Lembong memaparkan sejumlah langkah yang akan dilakukan pemerintah. Antara lain, sosialisasi. Menurutnya, pihaknya tidak mau mengu­lang kesalahan pada tahun lalu, pemerintah terlambat melaku­kan sosialisasi ke banyak pihak terkait. Sehingga para respondennya mengira kon­disi bisnis di Indonesia belum berubah. Padahal, sebenarnya sudah banyak perubahan.

Kemudian, melakukan pe­rubahan yang bersifat teknis. Lembong tidak memaparkan perubahan apa saja yang akan dilakukannya. Dia hanya bilang, upaya perubahan itu menjadi salah satu dari sepu­luh yang menjadi parameter bank dunia dalam menentu­kan indeks EODB.

Hal lain yang akan dilaku­kan pemerintah, lanjut Lem­bong, melakukan pembena­han bersifat jangka panjang seperti pembenahan yang terkait perundang-undangan. “Ini cukup berat, karena un­tuk melakukan (revisi-red) perlu waktu bertahun-tahun,” jelasnya.

Menteri Agraria dan Tata Ruang/BPN Sofyan Djalil menambahkan, upaya menai­kkan peringkat kemudahan bisnis akan terus dimatangkan. Menurutnya, pembenahan tidak bisa sekali rapat lang­sung selesai. Karena, dibutuh­kan koordinasi dengan banyak institusi lain. ”Banyak sekali pihak yang terlibat masalah izin berizin itu, itulah yang sedang berusaha kami pang­kas,” katanya.

Dia menilai, secara umum peringkat kemudahan berusa­ha Indonesia sudah lumayan baik. Tahun lalu, peringkat kemudahan bisnis di Indo­nesia meningkat dibanding tahun sebelumnya. “Tahun ini saya harap peringkatnya bisa lebih baik lagi, karena yang dibutuhkan sekarang adalah pendekatan yang lebih fungsioner,” ujarnya.

Menteri Perdagangan Eng­gartiasto Lukita mengungkap­kan, pihaknya akan menghapus aturan perpanjangan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP), sebagai upaya menin­gkatkan kemudahan berbisnis. “Implementasi aturan ini akan mulai berlaku minggu depan. Kami akan segera sebar surat edarannya,” ujarnya.

Dia menjelaskan, aturan ini hanya berlaku pada pe­rusahaan lama bukan baru. Karena, kalau perusahaan sudah lama beroperasi dan nama tidak berubah, untuk apa diperpanjang lagi.

Seperti diketahui Eease of Doing Business adalah pe­meringkatan ekonomi yang dilakukan oleh Bank Dunia. Ada sejumlah aspek yang dinilai dalam proses tersebut, misalnya soal kemudahan regulasi yang ditawarkan pe­merintah. Posisi Indonesia pa­da tahun lalu urutan 91, lebih baik dari 2015 di posisi ke 106 dari 189 negara. ***

http://rmol.co/images/berita/normal/461462_08122817022017_Lembong-Cs.jpg

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Minta Ampun Bakal Ketika Ini Webkonseling Hanya Menyediakan Layanan Dialog Melewati Email.

bakal itu diperlukan pemberian supaya daya kegiatan yang tampak bisa lebih terlalu banyak dan juga sepertinya lebih pakar di sendiri-sendiri bagian serta meninggikan kapasitas yang ada. jadi konsultan psikolog jakarta pada kesimpulannya saya memutuskan buat mendaratkan ke psikolog akibat saya mau bersemayam di situ serta saya bisa melangsungkannya, dengan cara …

Bisnis
jasa belanja ebay, amazone dan lain-lain (hemat dan terpercaya)

jasa belanja ebay-terlihat sebelah perkara apa sebabnya orang atau industri tidak dapat membeli lagi perkakas dari luar negeri. shopher diharuskan memilah 1 saham untuk dapat menyandang produk yang terdapat di website ebay. yaiu, sdm indonesia yang betul-betul menduduki prosedur e-commerce ini selaku ensiklopedis. selain itu kamu pula bakal meraih pertanda …

Bisnis
Jasa Pembelian Barang Di Ebay

Cara Belanja di eBay sebenarnya sangat mudah, cocok sekali bagi anda yang sibuk dan lebih suka berbelanja secara online. Pembayaran di amazon biasanya melalui kartu kredit, kupon diskon atau kartu pembayaran amazon yg bisa dibeli sebelum berbelanja…proses pembayaran seperti biasanya toko online, hanya memasukkan data pembayaran mis kartu kredit atau …