Lokalisasi Tutup, Bisnis Prostitusi Masih Ada, Lima Bulan Jaring 40 PSK

Bisnis

[ad_1]

Pelaku prostitusi sering memanfaatkan rumah kos untuk menjalankan bisnisnya. Karena itu, pada Oktober 2016, Satpol PP Surabaya membentuk tim khusus. Yakni, Tim Asuhan Rembulan (TAR). Anggotanya melibatkan jajaran kepolisian, dinas sosial (dinsos), serta dinas kepemudaan dan olahraga (dispora). Selama lima bulan beroperasi, mereka berhasil menjaring 40 PSK (selengkapnya lihat grafis).

Irvan Widyanto,kepala satpol PP, menerangkan bahwa TAR berwenang menjaring praktik prostitusi. Setelah terbukti, para PSK bakal diperiksa, apakah mereka terjangkit HIV-AIDS. ”Kami bekerja sama dengan dinas kesehatan untuk tindak lanjutnya,” ujar Irvan.

Selain tim tersebut, ada posko terpadu. Anggota posko itu tidak jauh berbeda dengan TAR. Namun, kinerja mereka tidak didasarkan pada waktu bekerja, melainkan tempat operasi. Posko tersebut tersebar di Surabaya Timur, Surabaya Barat, Surabaya Selatan, dan Surabaya Utara. April lalu, tim menangkap tujuh PSK di salah satu wisma. ”Setelah pintu didobrak petugas, ternyata mereka terbukti melakukan prostitusi,” lanjutnya.

Irvan menerangkan, saat ini model prostitusi bermacam-macam. Paling banyak melalui media sosial. Beberapa kali langkah represif dilakukan, tapi prostitusi belum bisa dihentikan. ”Masih kucing-kucingan. Tapi, sampai kapan?” kata mantan camat Rungkut itu.

Irvan lantas menceritakan penutupan eks lokalisasi Dolly pada 18 Juni 2014. Kala itu, dia menerima sejumlah ancaman teror. Misalnya, mobil satpol PP bakal dibakar saat melintasi Dolly. Ada pula kerbau yang diarak. Di kepala kerbau terdapat nama Risma dan di pantat kerbau ada nama Kadinsos Supomo.

”Jujur, sempat down. Tapi, semangat muncul lagi setelah Bu Risma bilang, Van, nek kowe gak wani mudun, kene tak nyeleh peralatanmu. Tak tutupe dewe Dolly (Van, kalau kamu tidak berani turun, aku pinjam peralatanmu. Aku tutup sendiri Dolly, Red),” tutur Irvan, menirukan ucapan Risma saat itu.

Keseriusan tersebut dianggap dapat menampik tudingan bahwa pemkot membiarkan prostitusi kembali muncul. Langkah represif yang diambil tak bisa menuntaskan masalah hingga ke akar rumput. ”Makanya, pelan-pelan kami lakukan pemberdayaan,” katanya.

Camat Sawahan Yunus menerangkan, tugas mengurus Dolly mirip seperti piala bergilir. Muslich, mantan camat Sawahan yang kini menjabatcamat Benowo, dianggap telah memenangi pertempuran untuk menutup Dolly. Namun, tugas mempertahankan itu dinilai lebih berat. ”Dua tahun ini, batik Dolly mulai jalan. Samijali sampai bisnis sablon sudah berkembang,” jelasnya.

Dia menganggap terkenalnya Dolly di mata dunia sebagai potensi. Namun, saat ini, misi yang diembannya adalah alih fungsi daerah. Karena itu, pemkot bakal mendorong karang taruna Dolly agar bisa menjadi tour guide saat ada wisatawan yang datang. ”Tidak boleh dijelaskanorang di luar Dolly. Kalau ada wisatawan, tour guidehanya antar sampai gerbang,” lanjutnya. Dia percaya, dengan memberdayakan masyarakat, pengawasan aparat bisa lebih enteng.

Lokalisasi Ditutup, Pengidap HIV Menurun

Banyaknya kasus HIV membuat Surabaya menempati peringkat pertama kasus HIV se-Jawa Timur. Di tingkat nasional, Surabaya menempati ranking keempat. ”Tahun 2016, jumlah (pengidap, Red) ada 923 orang, turun 10 orang dibanding 2015,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Surabaya Febria Rahmanita dalam jumpa pers di kantor humas pemkot Rabu (3/5). Jumlah terbanyak justru perempuan yang merupakan ibu rumah tangga, yakni 234 orang. Sementara itu, jumlah penjaja seks hanya 60 orang.

Di bekas lokalisasi sendiri, jumlah kasus HIV-AIDS menurun drastis. Misalnya, eks lokalisasi Sememi. Tadinya ada 57 orang, kini tinggal 5 orang. Lalu, Dupak Bangunsari, dari 68 orang menjadi 4 orang. Di Dolly, 110 orang menjadi 36 orang.

Data tersebut merupakan hasil pemeriksaan di puskesmas. Termasuk hasil razia yang dilakukan satpol PP terhadap penghuni kawasan eks lokalisasi maupun kos yang awalnya positif mengonsumsi narkoba. Petugas tetap melakukan tes HIV. ”Jumlahnya menurun karena sebagian besar pengidap merupakan orang luar Surabaya, kira-kira satu banding sepuluh,” kata perempuan yang akrab disapa Feni itu. Sejak lokalisasi ditutup, para pekerja seks komersial dikirim pulang dengan mengantongi surat HIV.

Monitoring terhadap eks lokalisasi terus dilakukan, terutama pemeriksaan HIV. Penyuluhan dan pemeriksaan tidak hanya berfokus pada eks lokalisasi. Daerah rawan seperti pelabuhan dan terminal juga menjadi sasaran. ”Kami tidak hanya melakukan pemeriksaan. Yang terpenting, kami terus melakukan pendampingan,” ungkapnya. Pendampingan dilakukan dinas kesehatan melalui puskesmas. Data dan alamat pengidap HIV-AIDS yang telah dikantongi dijadikan dasar untuk melakukan pengawasan kepatuhan minum obat.

Di Surabaya, semua puskesmas sudah bisa melakukan tes HIV-AIDS. Namun, untuk mendapatkan pengobatan ARF (antiretroviral), ODA harus dirujuk ke rumah sakit atau puskesmas tertentu. ”Ada sembilan rumah sakit dan tujuh puskesmas,” ucap Feni. Beberapa rumah sakit tersebut adalah RSUD dr M. Soewandhie, RSUD Bakti Darma Husada (BDH), RSAL Rumah Sakit Bhayangkara, dan RS Unair. Sementara itu, puskesmas yang dimaksud adalah Putat, Perak Timur, Sememi, Dupak, Jagir, Kedurus, dan Kedungdoro. (sal/dwi/c18/c23/oni/sep/JPG)

http://www.jawapos.com/uploads/news/2017/05/04/lokalisasi-tutup-bisnis-prostitusi-masih-ada-lima-bulan-jaring-40-psk_m_127784.jpeg

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Promo Jam Tangan Guess Kw Super Murah

Selamat Datang di jam tangan guess kw super murah – Perbandingan Harga Nomor Situs di Indonesia. Berbeda dengan produk replika yang tidak biasa menemukan cara menulis logo atau merek yang berbeda di beberapa bagian. Untuk informasi lebih lanjut, Kualitas bahan yang tercantum dalam deskripsi pengiklan asli dengan tampilan analog yang …

lowongan kerja hotel bali lulusan sma
Bisnis
Info Lowongan Kerja Hotel Bali Lulusan Sma

Lowongan kerja Renaissance Bali Uluwatu Resort & Medical Spa. Berbagai Peluang lowongan kerja hotel bali lulusan sma di Tijili Resort Seminyak Bali. Dengan lokasi yang luar biasa di samping pantai selancar Kuta yang terkenal di dunia, Anda dikelilingi oleh alternatif untuk membenamkan diri Anda sendiri karena Bali perlu memasok. Daerah …

Bisnis
Jasa Pembuatan Tenda Membran Murah Per Meter

tenda membran murah per meter adalah tenda yang digunakan sebagai media promosi. Cara Pemesanan Produk kami, anda bisa menghubungi kami terlebih dahulu hanya berkonsultasi tentang apa yang anda butuhkan (konsultasi gratis). Desain Tenda Membrane sangat fleksibel dan dapat disesuaikan secara bebas dengan kebutuhan setiap pelanggan, namun tentunya akan dibatasi oleh …