Mahasiswi Cantik ini Punya Seabreg Bisnis dan Sukses Lulus Cumlaude

Bisnis

[ad_1]




Semarang – Perjuangan Ulfa Nurjanah menyelesaikan studi di tengah seabreg kegiatan usahanya jadi cerita inspiratif. Memiliki beberapa bisnis yang sukses, Ulfa hari ini wisuda dengan menyandang status cumlaude.

Ulfa menceritakan pilihan berbisnis sambil kuliah sudah dilakoninya sejak semester awal pada tahun 2013. Saat itu dia masuk menjadi mahasiswa Unnes lewat jalur bidik misi. Sejak saat itu dia bertekad akan berusaha menghasilkan uang untuk membantu perekonomian keluarganya.

“Bapak dulu bekerja sebagai kondektur bus jurusan Tegal-Semarang. Karena bertambah usia, akhirnya kami anak-anaknya menyarankan agar berhenti dan menemani ibu di rumah. Biaya kehidupan dibantu kakak-kakak,” kata Ulfa, Rabu (12/7/2017).

Dia mulai semangat berbisnis ketika mengetahui banyak wirausaha muda setelah menjalani awal perkuliahan. Untuk meminimalisir modal, dia menjadi reseller sepatu dan menjualnya lewat media sosial.

“Alhamdulillah seiring berjalannya waktu dan bisa menerima order lebih dari 10 pasang per minggu. Bukan nominalnya tapi niat anak perempuan yang ingin bahagiakan ibunya, karena restu ibu adalah restu Allah,” kata gadis kelahiran 17 September 1995 itu.

Tekad Ulfa memang tidak hanya berhenti sampai di situ. Ia menabung Rp 10 ribu per hari untuk modal usaha berikutnya. Persaingan pedagang online makin ketat dan ia berusaha menjual barang lainnya seperti, jaket, jilbab dan lainnya meski pendapatan sempat menurun.

“Saya harus putar otak kembali, kira-kira apa yang bisa dijual dengan sedikit modal yang saya miliki,” ujarnya.

Ulfa menyajikan cumi krispinya cuma-cuma saat dia wisudaUlfa menyajikan cumi krispi yang menjadi bisnisnya secara cuma-cuma saat dia wisuda Foto: Angling Adhitya Purbaya

Tiga tahun berjualan online, Ulfa mencoba hal lain dan mulai menggali bakatnya yaitu make up hingga akhirnya menjadi salah satu agen produk kecantikan. Ia kemudian makin sibuk membagi waktu antara belajar, bekerja, dan berorganisasi di BEM KM Unnes.

“Saya hampir tidak punya waktu nongkrong layaknya mahasiswa kebanyakan. Semua uang yang saya dapat selalu saya tabung dan sisihkan untuk orang tua karena dari awal saya bertekad tidak akan merepotkan keluarga bagaimanapun kondisinya,” kata Ulfa.

Jatuh bangun menggeluti berbagai usaha dilakukan Ulfa hingga mendapatkan banyak pengalaman. Ia juga kembali berdagang, dimulai dari busana muslim dan juga menjual jasa rias wajah dengan penghasilan yang lebih banyak.

“Kata ibuku dulu nenek adalah dukun manten dan bakatnya menurun. Mulailah saya dengan menggunakan teman-teman kos sebagai model portofolio untuk promosi,” ungkap Ulfa.

Dengan modal yang lumayan banyak untuk peralatan make up, ternyata penghasilannya pun juga meningkat. Bakat berdandan Ulfa menarik minat banyak orang, bahkan dia menjadi mentor beauty class.

Masih belum berhenti, kini Ulfa merambah bisnis kuliner yaitu makanan Mr. Cuki alias Cumi Krispi hingga bisa memiliki 6 outlet. Setiap outlet bisa menghasilkan pendapatan bersih Rp 150 ribu per hari.

“Insya Allah dalam waktu dekat kami akan membuka cabang di kota lain,” tegasnya.

Ulfa menyajikan cumi krispi buatannya untuk Rektor UnnesUlfa menyajikan cumi krispi buatannya untuk Rektor Unnes Foto: Angling Adhitya Purbaya

Ulfa hari ini resmi telah diwisuda dengan predikat cumlaude. Kedua orang tuanya tampak terus tersenyum bangga pada putrinya.

Dia lulus dengan IPK 3,69 dan menyelesaikan pendidikannya di Jurusan Manajemen UNNES Fakultas Ekonomi Unnes selama 3 tahun 9 bulan.

Kebahagiaan Ulfa tidak hanya karena berhasil di bidang akademik. Dia juga merasa puas karena bisa membantu perekonomian keluarga dengan berbagai usaha yang dilakoninya hingga rela kehilangan waktu bermain.

Keberhasilan Ulfa yang sangat disyukuri yaitu kedua orang tuanya tidak perlu berpindah-pindah kontrakan karena Ulfa dan saudara-saudaranya sedang membangunkan rumah di Slawi Tegal.

“Saya patungan sama kakak-kakak, sekarang on progress. Rumahnya di Slawi juga,” katanya.

Ayah Ulfa, Sanjoyo mengaku bangga dengan anak bungsunya itu. Sejak sekolah dasar, Ulfa memang rajin dan selalu mendapatkan rangking di kelas.

“Bangga sekali. Tidak terbayang bisa sampai seperti ini,” ujar Sanjoyo.

Pada acara wisuda Ulfa, ia membawa 2 outlet dan menggratiskan Cumi Krispi miliknya. Teman-teman dan saudaranya ikut membantu termasuk kakak-kakaknya yang datang yaitu Eka Setiawan, Teguh Kristanto, dan Nafila Kalaeli.

Rektor Unnes, Prof Dr Fathur Rokhman MHum mengatakan sebagai bentuk apresiasi, pihak kampus akan membantu keinginan Ulfa yaitu belajar ke jenjang S2. Ulfa memiliki keinginan meneruskan ke UGM, Undip, atau jika keluar negeri yaitu Belanda.

“Kita akan bantu fasilitasi, kita usahakan mendapatkan beasiswa. Jika keluar negeri akan dilakukan pendampingan termasuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris,” kata Rektor.

(alg/sip)

https://sgimage.detik.net.id/community/media/visual/2017/07/12/7e4aa5a5-c652-4597-97fd-ec869b687c91_169.jpg?w=650

[ad_2]

Sumber Artikel

kontraktor kaca dan aluminium composite panel
Bisnis
Spesialis Kontraktor Aluminium Composite Panel Gedung

Fasad & Dinding Tirai dari Aluminium Composite Panel Ringan dan kaca stopol. Spesialis kontraktor kaca dan aluminium composite panel dan juga kaca oleh PT Partindo. Akreditasi jaminan tertutup pasti akan diberikan untuk proyek yang membutuhkan berdasarkan panel serta persyaratan naungan yang memanfaatkan ditambah masalah lingkungan. Aplikasi Alcopan tidak terbatas pada …

daftar harga beton cor ready mix
Bisnis
Harga Beton Cor Readymix Per M3 untuk Wilayah Jakarta

Biaya Beton Semua Set Mix – Jayamix Per M3 Cor K225 Oktober 2017. daftar harga beton cor ready mix tidak terdiri dari jaringan uang tunai, jika lebih besar dari 10 pipeline. Dengan menyewakan pompa berdasarkan tuntutan waktu pemakaiannya bisa mencegah bahaya peralatan menganggur namun tetap perlu membayar uang sewa. Biaya …

Bisnis
Promo Jam Tangan Guess Kw Super Murah

Selamat Datang di jam tangan guess kw super murah – Perbandingan Harga Nomor Situs di Indonesia. Berbeda dengan produk replika yang tidak biasa menemukan cara menulis logo atau merek yang berbeda di beberapa bagian. Untuk informasi lebih lanjut, Kualitas bahan yang tercantum dalam deskripsi pengiklan asli dengan tampilan analog yang …