Majukan Bisnis UMKM dan UKM, Pemkot Semarang Gandeng Toko Online


Semarang – Pemerintah kota (pemkot) Semarang terus berkomitmen untuk mengoptimalkan potensi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Salah satu programnya dengan menggandeng toko online.

Pemkot sebelumnya telah meluncurkan program bantuan kredit Wibawa dengan bunga hanya 3 persen per tahun. Saat ini, Tokopedia Online dan Kadin Kota Semarang menjalin kerja sama dengan penandatanganan MoU Laman Kota Semarang dalam rangka pemasaran produk unggulan UMKM dan UKM Semarang.

Dalam rilis dari Pemkot Semarang Rabu (29/3/2017), penandatanganan dilakukan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, bersama Direktur Tokopedia Leontinus Alpha Edison dan Ketua Kadin Kota Semarang Arnaz Andraasmara, Senin (27/3) lalu.

“Salah satu toko online terbesar di Indonesia PT Tokopedia hadir di tengah-tengah panjenengan guna mengajarkan ilmu pemasaran produk melalui online. Setiap hari transaksinya bisa mencapai 40-50 miliar. 20 persennya saja terjadi di kota Semarang maka akan membawa keberkahan bagi UMKM dan UKM di Kota Semarang,” tutur Hendrar.

Hendrar mengatakan, kerja sama tersebut merupakan terobosan positif yang dilakukan Pemkot Semarang untuk membantu pemasaran UMKM di sana agar lebih dikenal di Indonesia. Pemasaran UMKM di Semarang saat ini masih banyak yang bersifat offline sehingga masih banyak masyarakat yang belum tahu produk-produknya.

“Karena itu kita dan Kadin mencoba gandeng Tokopedia untuk membantu UMKM Semarang,” katanya.

Marketing online, lanjut Hendi sapaan akrab wali kota, menjadi kebutuhan saat ini dan tak dapat dihindari. Karena itu, masyarakat harus mengambil sisi positif dari kemajuan teknologi.

“Gunakan kesempatan untuk sharing dengan Tokopedia tentang bagaimana masuk peluang tersebut. Kualitas produk juga harus dapat dipertanggungjawabkan ” pesan Hendrar kepada pelaku UMKM dan UKM.

Sementara Direktur Tokopedia, Leontinus Alpha Edison mengatakan, kerja sama dengan Pemkot Semarang untuk membantu pengembangan bisnis UMKM dan UKM. Lingkup bisnis mereka saat ini diperluas hingga Indonesia.

Tokopedia akan membuatkan laman khusus untuk Kota Semarang yang di dalamnya memuat produk-produk UMKM dan potensi-potensi Pariwisata Semarang. Dengan kerja sama tersebut, akan mengangkat hal-hal unik terbaik Kota Semarang serta peningkatan pertumbuhan ekonomi UMKM dan Pariwisata di Semarang.

Bahkan pihaknya berkomitmen untuk terus mengadakan pelatihan pemanfaatan internet dalam membangun bisnis kepada pemilik UMKM secara berkala dan berkesinambungan.

“Kita akan launching lamannya 9 April 2017. Minimal lamannya sudah bisa diakses dan videonya sudah bisa ditonton serta sudah bisa transaksi,” kata Leontinus.

(nwy/ega)

https://sgimage.detik.net.id/community/media/visual/2017/03/29/eefb5060-5198-4913-8040-a469d49e0796.jpg?w=650



Sumber Artikel

Komentar

comments