Margin bisnis EPC memoles PTPP

Bisnis

[ad_1]

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Anda yang punya saham PT Pembangunan Perumahan Tbk (PTPP) mungkin masih harap-harap cemas melihat pergerakan harga saham ini. Sejak awal tahun, harga saham PTPP telah merosot 36,22%. Pada perdagangan kemarin, harganya ditutup di Rp 2.430 per saham.

Tapi, para analis optimistis harga saham emiten pelat merah ini bakal naik lagi. Apalagi, kinerja emiten ini cukup oke, didukung bisnis engineering, procurement, construction (EPC). Di kuartal II-2017, PTPP membukukan pendapatan Rp 5,2 triliun dan laba bersih Rp 442 miliar.

Pada kuartal I-2017, pendapatan PTPP baru sebesar Rp 2,9 triliun dan laba bersih Rp 130 miliar. Kenaikan pendapatan disumbangkan oleh segmen EPC. Pada kuartal II, segmen EPC menghasilkan pendapatan sebesar Rp 1,2 triliun. “Jumlah tersebut melonjak dibandingkan periode-periode sebelumnya yang hanya di bawah Rp 1 triliun,” kata Faozan Hadi, analis NH Korindo Sekuritas, Senin (2/10).

Faozan mencatat, secara tahunan porsi EPC terus meningkat dari 7% di 2015. Tahun ini, porsi bisnis EPC sudah mencapai 23%. Dengan demikian, Faozan memperkirakan pertumbuhan bisnis EPC bisa mencapai hingga 17%.

Sementara itu, sumbangsih segmen konstruksi terhadap pendapatan, menurut Faozan, perlahan mulai turun dari sekitar 80% pada 2014 menjadi sekitar 65% pada kuartal II 2017. “Segmen EPC memberikan gross margin lebih tinggi sekitar 20% dibandingkan dengan segmen konstruksi yang berkisar 12%,” kata Faozan.

Hal tersebut terjadi karena jenis pekerjaan dalam segmen EPC lebih rumit, seperti pembangunan pembangkit listrik, instalasi pertambangan, dan minyak dan gas. Sedangkan segmen konstruksi tidak terlalu rumit, seperti membangun gedung, jalan dan infrastruktur umum.

Faozan juga menilai, PTPP konsisten dalam mencetak pertumbuhan kontrak baru. Hingga akhir September tahun ini, PTPP membukukan kontrak baru sebesar Rp 31,9 triliun. Jumlah ini tumbuh 40,53% dibanding pencapaian di periode yang sama tahun lalu senilai Rp 22,7 triliun. Jadi, realisasi kontrak anyar tersebut sudah 78,6% dari total target selama 2017.

Kontribusi kontrak baru tersebut masing-masing berasal dari PTPP sebagai induk mencapai Rp 28,1 triliun dan anak perusahaan sebesar Rp 3,8 triliun. Ada beberapa proyek yang berhasil diraih PTPP selama September lalu, di antaranya proyek Bandar Udara Kulonprogo, Yogyakarta dengan nilai Rp 6,5 triliun, Transmart Bali senilai Rp 497 miliar dan tol ruas Gempol-Pasuruan senilai Rp 423,5 miliar.

Diversifikasi bisnis

Konsistensi PTPP mencetak pertumbuhan kontrak baru, menurut Faozan, dipicu diversifikasi kontrak yang cukup beragam berdasarkan jenis proyek. Hingga kuartal II-2017, Faozan mencatat proyek gedung, yang merupakan proyek mayoritas PTPP, hanya menyumbang 30% terhadap total kontrak, sementara EPC menyumbang sekitar 20%.

http://photo.kontan.co.id/photo/2017/06/02/1060637207p.jpg

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Bagi Klien Yang Berposisi Di Luar Kota Serta Hendak Memperoleh Anjangsana Dari Kami Tentu Dikenakan Biaya Lawatan, Transport Dan Fasilitas, Dimana Biayanya Dijamin Sepenuhnya Oleh Konsumen.

mengapa jaga rumah pakai kontraktor bangunan lebih hemat & laba ini sporadis pun masih saja timbul walaupun pada pekerjaan dari anemer paling ahli sungguhpun. servis seo page one (jspo) merupakan sebuah industri servis seo patut dan terunggul di indonesia yang sungguh handal dan paling di percaya di dalam kondisi promosi …

Bisnis
Dengan Tampaknya Harga Konsultan Interior Rumah, Para Kontraktor, Perseroan Real Estate, Atau Lebih-lebih Bisa Jadi Perseorangan Bisa Menyebabkan Rumah Seperti Dengan Impian Dan Juga Budget.

servis konsultan interior paling baik dengan design kitchen set minimalis jakarta kami mampu memberikan harga termurah untuk harga kitchen set jakarta yang ter cepat, terpercaya serta jempolan. sehabis kalian menyebabkan ketentuan untuk mendandani bilik dapur rumah kalian, tahap pertama yang perlu kalian lakukan yakni mengambil buah pikiran berhubungan dapur kayak …

Bisnis
Itulah Apa Sebabnya Suatu Sofa Bilik Pengunjung Wajib Sebagai Sempurna Terintegrasikan (lebur) Pada Ruangan.

set kamar untuk anak terunggul yang di makna kamar patung kayu set minimalis hpl di sini merupakan segala deretan atau finisingnya kita sekalian mengenakan banjar maupun melekat hpl. di dalam produk ini kita menggunakan tumpukan hpl taco bagai finisingnya, supaya pun begitu saya dan teman-teman pun menyajikan finising menggunakan cat …