Margin bisnis EPC memoles PTPP

Bisnis

[ad_1]

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Anda yang punya saham PT Pembangunan Perumahan Tbk (PTPP) mungkin masih harap-harap cemas melihat pergerakan harga saham ini. Sejak awal tahun, harga saham PTPP telah merosot 36,22%. Pada perdagangan kemarin, harganya ditutup di Rp 2.430 per saham.

Tapi, para analis optimistis harga saham emiten pelat merah ini bakal naik lagi. Apalagi, kinerja emiten ini cukup oke, didukung bisnis engineering, procurement, construction (EPC). Di kuartal II-2017, PTPP membukukan pendapatan Rp 5,2 triliun dan laba bersih Rp 442 miliar.

Pada kuartal I-2017, pendapatan PTPP baru sebesar Rp 2,9 triliun dan laba bersih Rp 130 miliar. Kenaikan pendapatan disumbangkan oleh segmen EPC. Pada kuartal II, segmen EPC menghasilkan pendapatan sebesar Rp 1,2 triliun. “Jumlah tersebut melonjak dibandingkan periode-periode sebelumnya yang hanya di bawah Rp 1 triliun,” kata Faozan Hadi, analis NH Korindo Sekuritas, Senin (2/10).

Faozan mencatat, secara tahunan porsi EPC terus meningkat dari 7% di 2015. Tahun ini, porsi bisnis EPC sudah mencapai 23%. Dengan demikian, Faozan memperkirakan pertumbuhan bisnis EPC bisa mencapai hingga 17%.

Sementara itu, sumbangsih segmen konstruksi terhadap pendapatan, menurut Faozan, perlahan mulai turun dari sekitar 80% pada 2014 menjadi sekitar 65% pada kuartal II 2017. “Segmen EPC memberikan gross margin lebih tinggi sekitar 20% dibandingkan dengan segmen konstruksi yang berkisar 12%,” kata Faozan.

Hal tersebut terjadi karena jenis pekerjaan dalam segmen EPC lebih rumit, seperti pembangunan pembangkit listrik, instalasi pertambangan, dan minyak dan gas. Sedangkan segmen konstruksi tidak terlalu rumit, seperti membangun gedung, jalan dan infrastruktur umum.

Faozan juga menilai, PTPP konsisten dalam mencetak pertumbuhan kontrak baru. Hingga akhir September tahun ini, PTPP membukukan kontrak baru sebesar Rp 31,9 triliun. Jumlah ini tumbuh 40,53% dibanding pencapaian di periode yang sama tahun lalu senilai Rp 22,7 triliun. Jadi, realisasi kontrak anyar tersebut sudah 78,6% dari total target selama 2017.

Kontribusi kontrak baru tersebut masing-masing berasal dari PTPP sebagai induk mencapai Rp 28,1 triliun dan anak perusahaan sebesar Rp 3,8 triliun. Ada beberapa proyek yang berhasil diraih PTPP selama September lalu, di antaranya proyek Bandar Udara Kulonprogo, Yogyakarta dengan nilai Rp 6,5 triliun, Transmart Bali senilai Rp 497 miliar dan tol ruas Gempol-Pasuruan senilai Rp 423,5 miliar.

Diversifikasi bisnis

Konsistensi PTPP mencetak pertumbuhan kontrak baru, menurut Faozan, dipicu diversifikasi kontrak yang cukup beragam berdasarkan jenis proyek. Hingga kuartal II-2017, Faozan mencatat proyek gedung, yang merupakan proyek mayoritas PTPP, hanya menyumbang 30% terhadap total kontrak, sementara EPC menyumbang sekitar 20%.

http://photo.kontan.co.id/photo/2017/06/02/1060637207p.jpg

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Ripcurl Kaos Distro Glory Tees Abu Hitam

Ada perkataan populer, kejarlah ilmu sampai ke Negeri China. Version kaos raglan polos ini memang sedang booming, biasa dipakai oleh anak muda untuk santai dan cling out, menggunakan bahan cotton. Memang tak dicekal jika toko baju membandrol pakaian ini dengan harga yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan jenis pakaian lainnya, …

Bisnis
Contoh Template Desain Kaos Baju Dan Desain T

Produk fashion distro (distributor outlet) merupakan yang paling banyak digandrungi anak muda. Karena selalu dijadikan sebagai grosir kaos distro murah 20 ribuan dengan harga murah dan berkualitas. Kualitas dari pesan kaos distro murah online di Bandung bukan hanya bisa dilihat dari bahannya, tetapi juga dari hasil sablonan untuk desain desain …

Bisnis
Kaos Distro Bert RVCALOHA Ukuran S,M,L,XL,2XL

Adalah toko online yang khusus jual kaos polos yang memberikan kemudahan belanja kaos polos bagi setiap pemilik usaha sablon, retail, organisasi, perkumpulan, dan masih banyak lainnya yang memerlukan kaos polos murah. Bahkan risiko penipuan juga dapat terjadi saat Anda tergiur pada online shop yang menawarkan harga lebih murah. Pakaian muslim …