Margin bisnis EPC memoles PTPP

Bisnis

[ad_1]

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Anda yang punya saham PT Pembangunan Perumahan Tbk (PTPP) mungkin masih harap-harap cemas melihat pergerakan harga saham ini. Sejak awal tahun, harga saham PTPP telah merosot 36,22%. Pada perdagangan kemarin, harganya ditutup di Rp 2.430 per saham.

Tapi, para analis optimistis harga saham emiten pelat merah ini bakal naik lagi. Apalagi, kinerja emiten ini cukup oke, didukung bisnis engineering, procurement, construction (EPC). Di kuartal II-2017, PTPP membukukan pendapatan Rp 5,2 triliun dan laba bersih Rp 442 miliar.

Pada kuartal I-2017, pendapatan PTPP baru sebesar Rp 2,9 triliun dan laba bersih Rp 130 miliar. Kenaikan pendapatan disumbangkan oleh segmen EPC. Pada kuartal II, segmen EPC menghasilkan pendapatan sebesar Rp 1,2 triliun. “Jumlah tersebut melonjak dibandingkan periode-periode sebelumnya yang hanya di bawah Rp 1 triliun,” kata Faozan Hadi, analis NH Korindo Sekuritas, Senin (2/10).

Faozan mencatat, secara tahunan porsi EPC terus meningkat dari 7% di 2015. Tahun ini, porsi bisnis EPC sudah mencapai 23%. Dengan demikian, Faozan memperkirakan pertumbuhan bisnis EPC bisa mencapai hingga 17%.

Sementara itu, sumbangsih segmen konstruksi terhadap pendapatan, menurut Faozan, perlahan mulai turun dari sekitar 80% pada 2014 menjadi sekitar 65% pada kuartal II 2017. “Segmen EPC memberikan gross margin lebih tinggi sekitar 20% dibandingkan dengan segmen konstruksi yang berkisar 12%,” kata Faozan.

Hal tersebut terjadi karena jenis pekerjaan dalam segmen EPC lebih rumit, seperti pembangunan pembangkit listrik, instalasi pertambangan, dan minyak dan gas. Sedangkan segmen konstruksi tidak terlalu rumit, seperti membangun gedung, jalan dan infrastruktur umum.

Faozan juga menilai, PTPP konsisten dalam mencetak pertumbuhan kontrak baru. Hingga akhir September tahun ini, PTPP membukukan kontrak baru sebesar Rp 31,9 triliun. Jumlah ini tumbuh 40,53% dibanding pencapaian di periode yang sama tahun lalu senilai Rp 22,7 triliun. Jadi, realisasi kontrak anyar tersebut sudah 78,6% dari total target selama 2017.

Kontribusi kontrak baru tersebut masing-masing berasal dari PTPP sebagai induk mencapai Rp 28,1 triliun dan anak perusahaan sebesar Rp 3,8 triliun. Ada beberapa proyek yang berhasil diraih PTPP selama September lalu, di antaranya proyek Bandar Udara Kulonprogo, Yogyakarta dengan nilai Rp 6,5 triliun, Transmart Bali senilai Rp 497 miliar dan tol ruas Gempol-Pasuruan senilai Rp 423,5 miliar.

Diversifikasi bisnis

Konsistensi PTPP mencetak pertumbuhan kontrak baru, menurut Faozan, dipicu diversifikasi kontrak yang cukup beragam berdasarkan jenis proyek. Hingga kuartal II-2017, Faozan mencatat proyek gedung, yang merupakan proyek mayoritas PTPP, hanya menyumbang 30% terhadap total kontrak, sementara EPC menyumbang sekitar 20%.

http://photo.kontan.co.id/photo/2017/06/02/1060637207p.jpg

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Minta Ampun Bakal Ketika Ini Webkonseling Hanya Menyediakan Layanan Dialog Melewati Email.

bakal itu diperlukan pemberian supaya daya kegiatan yang tampak bisa lebih terlalu banyak dan juga sepertinya lebih pakar di sendiri-sendiri bagian serta meninggikan kapasitas yang ada. jadi konsultan psikolog jakarta pada kesimpulannya saya memutuskan buat mendaratkan ke psikolog akibat saya mau bersemayam di situ serta saya bisa melangsungkannya, dengan cara …

Bisnis
jasa belanja ebay, amazone dan lain-lain (hemat dan terpercaya)

jasa belanja ebay-terlihat sebelah perkara apa sebabnya orang atau industri tidak dapat membeli lagi perkakas dari luar negeri. shopher diharuskan memilah 1 saham untuk dapat menyandang produk yang terdapat di website ebay. yaiu, sdm indonesia yang betul-betul menduduki prosedur e-commerce ini selaku ensiklopedis. selain itu kamu pula bakal meraih pertanda …

Bisnis
Jasa Pembelian Barang Di Ebay

Cara Belanja di eBay sebenarnya sangat mudah, cocok sekali bagi anda yang sibuk dan lebih suka berbelanja secara online. Pembayaran di amazon biasanya melalui kartu kredit, kupon diskon atau kartu pembayaran amazon yg bisa dibeli sebelum berbelanja…proses pembayaran seperti biasanya toko online, hanya memasukkan data pembayaran mis kartu kredit atau …