Masih Muda tapi Ingin Mulai Usaha, Pilihan Bisnis Berikut Cocok untuk Anda : Okezone Ekonomi


MEMULAI bisnis tidak harus menunggu lulus kuliah terlebih dahulu atau menunggu tidak dapat pekerjaan terlebih dahulu setelah berulang kali gagal dalam melamar. Bisnis bisa dimulai kapan saja, bahkan ketika kamu masih remaja dan masih dalam masa sekolah atau kuliah. Semakin awal memulai sebuah usaha, semakin cepat kamu mendapatkan pengalaman yang akan membimbing meraih kesuksesan dalam bisnis nantinya.

Ada banyak pilihan bisnis yang bisa dijalankan anak muda pada zaman teknologi sekarang ini. Biar kamu mudah memulainya, cari saja bisnis yang sesuai dengan minat dan passion. Tujuannya agar bisa fokus, bersemangat, dan tidak mudah menyerah saat menghadapi masalah dalam memulai bisnis tersebut. Untuk lebih lengkapnya, ulasan di bawah ini bisa membantu kamu dalam memulai sebuah bisnis yang bisa dijalankan di rumah, indekos, atau bahkan di sela-sela kesibukan kuliah.

1. Bisnis Kerajinan Tangan

Bagi kamu yang kreatif dan mampu membuat sesuatu menjadi sebuah kerajinan tangan yang unik dan menarik, patut mencoba menjual hasil kreasi kamu. Barang-barang kerajinan tangan yang bagus cenderung memiliki nilai jual yang tinggi. Kamu bisa membuat sepatu, tas tangan, dompet, dan lain-lain untuk kemudian dipasarkan untuk mendapatkan keuntungan.

Era digital memudahkan kamu dalam memasarkan produk kerajinan tangan tersebut. Pemasaran melalui media sosial bisa jadi langkah yang tepat untuk bisnis yang baru dibuka. Selain gratis, segmentasi pasarnya juga lebih mudah ditentukan.

2. Jualan Barang yang Tidak Terpakai

Jenis bisnis ini tergolong sangat mudah dan bisa dilakukan siapa saja tanpa perlu keterampilan khusus. Jika kamu mendapati banyak barang-barang bekas yang tidak terpakai di rumah, seperti misalnya baju layak pakai, peralatan dapur layak pakai, ataupun peralatan rumah tangga lain yang sudah ada gantinya, bisa dijual secara online atau langsung. Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan uang dari barang bekas.

3. Menjadi Asisten Media Sosial

Salah satu bisnis yang paling menjanjikan bagi remaja saat ini adalah menjadi asisten media sosial. Hal ini berkaitan dengan kecenderungan remaja yang aktif dan selalu update di berbagai jejaring sosial miliknya. Oleh karena itu, kamu dapat memulainya dengan mencoba mempromosikan suatu bisnis di Instagram atau bisa juga mencoba mengelola percakapan di beberapa jaringan, seperti Facebook dan Twitter. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan karena selain mendapat uang jajan tambahan, kamu juga akan mendapat pengalaman di bidang media sosial yang bisa dipakai untuk pekerjaan profesional nantinya.

4. Menjadi Pengajar

Bagi kamu yang punya jiwa mengajar dan menguasai bidang pendidikan atau akademik tertentu, bisa mencoba memulai menjadi guru atau pengajar bagi siswa lain yang membutuhkan. Begitu pula jika kamu menguasai keterampilan lainnya, kamu dapat mengajarkan keterampilan itu kepada siswa lainnya. Banyak keterampilan yang bisa diajarkan, seperti penggunaan komputer, memainkan alat musik, dan lain-lain.

5. Menjadi Baby Sitter

Untuk jenis bisnis ini, upayakan terlebih dahulu bahwa kamu menyukai segala hal yang berkaitan dengan dunia anak. Menjadi pengasuh anak akan cukup untuk membantu mendapatkan tambahan uang saku.

Makin banyaknya wanita karier saat ini telah membuktikan peluang usaha ini semakin besar dan cenderung tak pernah sepi.

6. Penjaga Rumah

Sama halnya dengan pengasuh anak, yang berbeda adalah kali ini kamu hanya perlu menjaga rumah. Tentunya jenis pekerjaan ini tidak akan sesulit yang dibayangkan. Pada umumnya, kamu hanya diminta tolong untuk menunggui rumah yang ditinggal pemiliknya. Selain itu, pendapatannya bisa dikantongi untuk memenuhi kebutuhan yang lain.

7. Penitipan Hewan Peliharaan

Membuka penitipan hewan peliharaan merupakan salah satu bisnis dalam bidang jasa yang tidak terlalu sulit dilakukan. Kamu hanya perlu menunggui dan memberi makan hewan peliharaan yang dititipkan pemiliknya dalam jangka waktu tertentu. Biasanya, bisnis ini akan makin berkembang menjelang libur panjang, seperti tahun baru atau lebaran.

https://img.okezone.com//content/2017/08/05/320/1750274/masih-muda-tapi-ingin-mulai-usaha-pilihan-bisnis-berikut-cocok-untuk-anda-XHrd56rHZT.jpg



Sumber Artikel

Komentar

comments