Mau Bisnis Kafe Sukses? Siapkan 7 Hal Ini Terlebih Dahulu : Okezone Ekonomi


KAFE telah menjadi gaya hidup masyarakat masa kini, baik di kota besar maupun kota-kota di daerah yang bukan masuk kategori kota besar. Kafe menjadi tempat yang menarik dan nyaman, baik dalam pergaulan anak muda maupun untuk menunjang pertemuan bisnis. Kebutuhan akan kafe sampai beberapa periode ke depan akan semakin besar. Hal ini yang membuat anak-anak muda Indonesia yang kreatif kini banyak merilik bisnis kafe sebagai salah satu ladang dalam mengeruk keuntungan.

Pangsa pasar yang luas dan kegemaran masyarakat Indonesia yang menyukai tempat nongkrong dan bercengkerama dengan teman dan sahabat menjadikan bisnis kafe menjadi sebuah langkah awal untuk memulai bisnis yang mandiri.

Bagi Anda yang berencana untuk membuka bisnis kafe, tujuh hal ini bisa dicermati dan dilakukan agar bisa sukses dalam menjalankan bisnis ini. Sebenarnya, tidak butuh modal terlalu besar, asalkan Anda punya pengetahuan yang cukup akan bisnis kafe ini.

1. Mengetahui Seputar Kopi

Kopi merupakan minuman khas yang menjadi menu sajian utama di sebuah kafe. Bagi yang ingin terjun di bisnis ini, Anda harus mengetahui atau mau belajar mengenai seluk beluk tentang kopi. Anda perlu mengetahui perbedaan jenis kopi, memiliki skill dalam penyeduhan kopi yang baik agar kopi yang dibuat senantiasa terasa enak. Mengerti ilmu kopi juga dapat menjadi daya tarik bagi para pencinta kopi untuk datang dan bertukar pengalaman dengan Anda.

2. Perhatikan Kualitas Kopi Anda

Perhatikan biji kopi yang ingin digunakan sebagai bahan utama kopi yang akan disajikan. Biji kopi yang berkualitas tentu akan memengaruhi rasa begitu pula sebaliknya. Kualitas produk yang baik akan mudah untuk menggiring lebih banyak konsumen untuk datang ke kafe Anda.

3. Desain Interior

Tempat dan suasana kafe yang nyaman dan dapat menunjang berbagai tujuan misalnya untuk bisnis atau sekadar kongkow akan membuat pengunjung lebih betah berlama-lama menikmati berbagai sajian di kafe Anda. Sudah menjadi hal lumrah, bahwa kafe adalah tempat yang menjadi rujukan banyak kawula muda untuk berkumpul dan menikmati kebersamaan, konsep tata ruang kafe yang unik dan menarik bisa menjadi daya tarik tersendiri.

4. Target bisnis mencakup siapa konsumen, berapa harga dan lokasi di mana

Langkah berikutnya adalah menentukan target konsumen yang akan dibidik, klasifikasikan berdasarkan kelas (menengah ke bawah, menengah atau menengah ke atas) kemudian status mereka (anak muda, orang tua, pegawai atau umum). Lalu, sesuaikan harga jual dengan kemampuan konsumen. Selain itu, memilih lokasi yang strategis juga akan sangat membantu dalam pemasaran kafe Anda.

5. Persiapan: Mental dan Finansial

Buka bisnis langsung sukses memang ada, tetapi tidak semua pebisnis pemula mengalami hal tersebut. Oleh karena itu, diperlukan sikap mental yang tepat agar bisa menjalankan bisnis dengan semangat. Mental yang kuat akan membuat Anda tidak goyah meskipun kafe Anda tidak kunjung mendapatkan profit yang diinginkan.

6. Strategi Marketing

Baru buka bisnis kafe langsung berharap ramai? Mustahil jika Anda tidak melakukan strategi marketing dengan baik. Cara paling mudah untuk melakukannya adalah dengan memanfaatkan media sosial. Anda bisa menggunakan jasa influencer untuk membantu memasarkan kafe. Selain itu, Anda juga bisa membuat event ataupun acara-acara lain yang menyedot banyak animo masyarakat (calon konsumen).

7. Pastikan Pelayanan Anda adalah yang Terbaik

Pelayanan yang maksimal menjadi kunci akan keberhasilan bisnis kafe yang dijalankan. Seorang konsumen akan selalu teringat bahwa di kafe Anda tidak hanya menyajikan kopi yang enak, tapi juga pelayanan yang maksimal kepada customer. Dengan demikian Anda akan lebih mudah membuat konsumen tersebut menjadi repeat customers.

https://img.okezone.com//content/2017/08/04/320/1749516/mau-bisnis-kafe-sukses-siapkan-7-hal-ini-terlebih-dahulu-tPYYaJNAB8.jpg



Sumber Artikel

Komentar

comments