Mau Mulai Bisnis Event Organizer? Ini Dia Tipsnya : Okezone Ekonomi


BISNIS Event Organizer (EO) semakin menjanjikan belakangan ini, di mana sejumlah orang dan juga organisasi jauh lebih memilih untuk menggunakan layanan EO untuk berbagai kepentingan acara yang mereka gelar. Lebih mudah dan praktis, sebab penggunaan EO memungkinkan pemilik hajat untuk bisa fokus pada hal lainnya selain persiapan acara yang mereka gelar.

Ini akan membuat semakin hari semakin banyak yang memilih untuk menggunakan layanan EO di dalam acara mereka, terutama acara yang berskala besar dan membutuhkan sejumlah persiapan yang cukup rumit.

EO merupakan sebuah layanan jasa yang bergerak di bidang menggelar berbagai acara, baik itu yang berskala kecil atau bahkan yang berskala besar. Bisnis ini semakin memiliki peluang sukses belakangan ini, mengingat semakin banyak orang yang lebih memilih untuk menggelar acara dengan praktis dan efisien, di mana acara mereka ditangani oleh orang-orang yang ahli di bidangnya.

Hal ini tentu menjadi sebuah peluang besar bagi bisnis ini untuk dapat berkembang dengan baik, sebab semakin banyak permintaan, maka akan semakin besar kemungkinan untuk mendapatkan keuntungan.

Jika berminat memulai bisnis memiliki sebuah EO, simak beberapa tips di bawah ini, yang dapat dilakukan untuk menjalankan bisnis EO dengan sukses:

1. Pengalaman yang Cukup

Pada umumnya bisnis di bidang jasa akan sangat membutuhkan keahlian khusus dan juga pengalaman yang baik, hal ini juga berlaku ketika berniat untuk menjalankan bisnis EO. Sangat penting untuk memiliki sejumlah pengalaman yang baik di bidang ini, sebelum akhirnya memutuskan untuk mulai berbisnis EO.

Pengalaman yang minim, akan sangat mungkin membawa Anda pada berbagai masalah di bisnis EO, mengingat bisnis ini akan membutuhkan penanganan sejumlah kegiatan yang mungkin memerlukan keahlian khusus yang tidak semua orang dapat melakukannya.

Jika ternyata tidak / belum memiliki kemampuan yang cukup di bisnis ini, maka ada baiknya Anda bergabung terlebih dahulu dengan EO milik orang lain. Di sana Anda dapat belajar berbagai hal terkait dengan bisnis tersebut, sehingga kelak dapat memulai bisnis Anda sendiri dengan lebih mudah dan ahli.

2. Bangun Tim yang Solid

Bisnis EO akan mempertemukan Anda dengan bermacam-macam karakter klien, dan dengan sejumlah kebutuhan yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Anda akan menangani berbagai acara yang membutuhkan sejumlah keahlian yang baik, sehingga sangat tidak mungkin untuk menjalankan pekerjaan ini seorang diri. Anda akan selalu membutuhkan sebuah tim kerja saat menjalankan bisnis EO.

Akan sangat tepat jika memiliki sebuah tim yang solid dan dapat bekerja dengan kemampuan yang maksimal. Hal ini tentu akan membutuhkan waktu, di mana harus memilih dan membangun sebuah tim tersebut sejak awal.

Kemampuan dalam menangani bisnis ini, akan sangat dipengaruhi oleh kemampuan dalam membangun dan memimpin sebuah tim kerja. EO akan membutuhkan sejumlah pekerja yang cakap dan ahli di bidangnya, sehingga penting untuk memilikinya di dalam bisnis nanti.

Baca Juga : 5 Tips Sukses Mengembangkan Bisnis di Luar Negeri

3. Jalin Relasi yang Kuat dan Dapatkan Klien dengan Mudah

Di dalam bisnis, relasi Anda adalah peluang kesuksesan, dan hal ini akan sangat nyata terlihat di dalam bisnis EO. Sangat dibutuhkan kemampuan untuk membangun relasi yang kuat, di mana ini akan menjadi langkah awal untuk mendatangkan klien di dalam bisnis tersebut. Hubungan yang baik dengan relasi-relasi ini, akan sangat memungkinkan untuk mendapatkan rekomendasi dari mereka kepada para calon klien baru di dalam bisnis EO tersebut.

4. Modal Awal yang Cukup

Hampir semua bisnis akan membutuhkan sejumlah modal, termasuk bisnis EO yang akan dijalankan nanti. Pastikan memiliki sejumlah modal awal yang cukup untuk menjalankan bisnis ini, sebab pada umumnya setiap acara yang ditangani oleh EO akan melakukan pembayaran bertahap dan tidak sekaligus. Kebanyakan dari acara hanya akan dibayar separuhnya saja di awal, atau bahkan seluruhnya di akhir.

Hal-hal seperti ini perlu diantisipasi dengan baik, di mana Anda harus memiliki sejumlah modal yang cukup untuk menutupi berbagai kebutuhan acara tersebut lebih dulu, hingga akhirnya mendapatkan pembayarannya secara penuh di akhir acara yang digelar tersebut.

5. Kreativitas yang Tinggi

Konsep dan penanganan yang tepat, kedua hal ini akan selalu dibutuhkan di dalam bisnis EO. Anda harus berkembang dan mengikuti perubahan tren yang ada, sehingga klien tidak bosan dengan sejumlah konsep acara yang itu-itu saja. Akan selalu dibutuhkan kreatifitas yang tinggi untuk menciptakan kesan yang baik di dalam sebuah acara, terutama acara-acara istimewa seperti ulang tahun dan juga pernikahan.

6. Sabar dan Cepat Belajar

Ketika menjalankan sebuah bisnis, maka selalu ada kemungkinan mengalami sejumlah kendala dan masalah di dalam bisnis tersebut. Hal serupa juga sangat mungkin terjadi di dalam bisnis EO, mengingat di dalam bisnis ini Anda akan bekerja bersama dengan sejumlah orang yang selalu memungkinkan Anda berbeda pendapat untuk berbagai hal.

Bukan hanya itu saja, Anda juga harus menghadapi dan memenuhi kemauan para klien atas proyek mereka yang Anda tangani. Hal-hal seperti ini akan membutuhkan kesabaran yang cukup tinggi, dan pastikan memiliki hal tersebut sejak awal. Akan sangat baik jika ternyata Anda adalah pribadi yang cepat belajar dari berbagai kondisi yang kurang baik di dalam bisnis nanti.

Baca Juga : Tips Menjalankan Bisnis di Era MEA Bagi Pelaku Usaha

7. Website dan Sosial Media Resmi

Zaman sudah demikian canggih, di mana dimungkinkan untuk mengoptimalkan promosi melalui berbagai media yang tepat. Sangat penting untuk memiliki sebuah website dan juga sosial media resmi, di mana Anda dapat menunjukkan dan mempromosikan berbagai hal mengenai bisnis EO Anda tersebut kepada khalayak ramai. Media ini bahkan akan sangat membantu untuk bisa mendatangkan lebih banyak klien dan juga relasi yang akan membantu kesuksesan di masa yang akan datang.

8. Belajar dan Belajar

Apapun bisnis yang dijalankan, maka Anda akan dituntut untuk selalu belajar dan belajar untuk kemajuan bisnis tersebut. Hal ini juga harus Anda lakukan ketika menjalankan bisnis EO, sebab bisnis ini bahkan selalu mengikuti berbagai perkembangan dan juga tren yang terjadi di tengah-tengah masyarakat, terutama ketika menangani acara ulang tahun atau pernikahan.

Pastikan selalu mengikuti perkembangan tren yang terjadi, sehingga klien memiliki kepuasan saat mempercayakan acara mereka ke tangan Anda. Bisnis ini sangat membutuhkan kepercayaan yang tinggi dari klien, jadi pastikan selalu mendapatkan hal tersebut dengan belajar untuk selalu memberikan yang terbaik bagi mereka.

9. Evaluasi Tim secara Berkala

Di dalam bisnis OE, tim adalah aset paling berharga yang Anda miliki. Sangat penting untuk memastikan bahwa tim Anda adalah yang terbaik dan berada pada komposisi yang paling tepat, sehingga akan membutuhkan evaluasi secara berkala terhadap tim ini. Satu saja tim Anda tidak bekerja dengan maksimal, maka kemungkinan hal tersebut akan mempengaruhi kesuksesan acara yang ditangani secara keseluruhan.

Jangan biarkan bisnis mengalami gangguan, hanya karena memiliki tim yang lemah pada beberapa bagian. Hal ini sangat berbahaya, meski hanya terjadi sesekali saja di dalam bisnis. Evaluasi akan sangat dibutuhkan, bahkan Anda perlu melakukannya secara berkala dalam jadwal yang tetap. Anda juga perlu memiliki waktu tetap untuk bersama dengan tim, di luar jam kerja tentunya, sehingga Anda dapat membicarakan berbagai hal dengan lebih santai, terkait dengan kemajuan bisnis yang dijalankan.

Persiapan yang Matang dan Tim yang Tepat

Di dalam memulai sebuah bisnis, akan selalu dibutuhkan persiapan awal yang maksimal. Namun hal lainnya juga dibutuhkan ketika berniat untuk mengawali bisnis EO, di mana diwajibkan memiliki sebuah tim kerja yang akan mendukung sepak terjang di dalam bisnis tersebut.

Anda tidak mungkin menjalankan bisnis ini seorang diri, sebab bisnis ini hanya akan berjalan baik dengan adanya sebuah kerja sama tim di dalamnya. Pastikan memiliki persiapan dan juga tim yang tepat saat mengawalinya, sehingga bisnis tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar.

https://img.okezone.com//content/2017/04/22/320/1674298/mau-mulai-bisnis-event-organizer-ini-dia-tipsnya-qEa82RWHeE.jpg



Sumber Artikel

Komentar

comments