Mau Sukses Jalani Bisnis Startup? Ini Kuncinya! : Okezone Ekonomi


JAKARTA – Industri digital di Indonesia tengah berada dalam tahap fase berkembang. Banyak aplikasi maupun layanan digital yang bermunculan. Namun tak sedikit juga aplikasi yang berkembang itu menghilang dalam kurun waktu sepuluh tahun belakang. 

Untuk terus menjaga agar ekosistem digital di Indonesia terus tumbuh dan berkembang, perlu peran banyak pihak, seperti pemerintah dan dunia swasta. Kini pemerintah mulai menunjukkan dukungan terhadap tumbuhnya industri kreatif dan digital. 

Bukti nyatanya adalah didirikannya Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan beberapa kebijakan yang dikeluarkan pihak-pihak pemerintahan terkait, termasuk presiden. 

Founder & CEO Bukalapak Achmad Zaky menceritakan pernah membuat usaha seperti mi ayam, software, service company, dan berbagai usaha lainnya. Namun semuanya yang dirintisnya tersebut tak berjalan dengan mulus.

“Masa awal membangun startup adalah masa kritikal. Model bisnis dari startup harus benar dahulu. Banyak orang beranggapan masa scale (membutuhkan tenaga engineer dan mendapatkan investor) adalah masa yang sangat sulit. Padahal menurut saya masa awal yaitu membuat model bisnisnya, kemistri dan value proposition,” papar Zaki dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Senin (24/7/2017).

Agar mendapatkan model bisnis yang tepat, tips yang diberikan Zaki kepada para startup adalah terus mencoba dan jangan mudah putus asa. Untuk menjadi perusahaan sebesar saat ini, Bukalapak memerlukan waktu yang tidak sebentar yaitu lebih dari tujuh tahun. Inovasi  produk yang dikeluarkan oleh Bukalapak juga tak selamanya dapat berjalan dengan mulus. 

Agar perusahaan startup dapat bertahan di era kompetisi yang sangat ketat seperti saat ini, Zaki memberikan beberapa tips. Tips pertama adalah kalau bisa jangan menggaji diri sendiri terlebih dahulu. Dengan tidak menggaji diri sendiri terlebih dahulu maka beban biaya yang dikeluarkan pada saat awal tidak terlalu besar. Zaki menilai banyak startup yang memiliki beban biaya yang sangat tinggi. 

“Keistimewaan para founder startup adalah ownership mereka di perusahaan tersebut,” terang Zaki.

Tips selanjutnya yang diberikan Zaki kepada startup adalah jangan mencari investor terlebih dahulu. Menurut Zaki, jika startup mementingkan mencari investor, itu menunjukkan produk yang dibuatnya kurang menarik. Zaki meminta agar peserta NextDev fokus pada produk yang dibuatnya.

“Jika produk menarik, maka akan menjadi cerita di masyarakat dan media. Dengan cerita tersebut customer dan investor akan datang dengan sendirinya. Performance itu tak akan pernah bohong,” tutup Zaki.‎

https://img.okezone.com//content/2017/07/24/320/1742961/mau-sukses-jalani-bisnis-startup-ini-kuncinya-Z3eZxQOS4o.jpg



Sumber Artikel

Komentar

comments