Memulai Bisnis Itu Sama Seperti Saat Kamu Jatuh Cinta

Bisnis

[ad_1]

Jakarta, CNN Indonesia
Banyak orang terutama para pemula yang menganggap memulai bisnis itu susah dan ribet. Tapi tahukah kamu, memulai suatu bisnis itu sama dengan seperti saat kita jatuh cinta? Hal ini diungkap oleh Adi Putera Wijaya di dalam seminarnya yang bertajuk “Creativeness Create Your Own Be Inovative And Start Your Business”.

Adi menungkapkan bagi siapa saja terutama anak muda hal yang pertama dilakukan saat memulai bisnis ialah mengibaratkan seperti saat pertama kali jatuh cinta. Yaitu harus mau atau tertarik dahulu terhadap suatu bisnis. Karena jika kita ingin memulai sesuatu tentu saja harus ada interest (ketertarikan) terhadap sesuatu.

“Hal yang pertama kita lakukan dalam memulai bisnis itu seperti saat PDKT (Pendekatan) saja, tahu kan gimana kalau lagi PDKT kita harus sukai dulu hal apa yang menjadi alasan kita untuk PDKT tersebut. Begitu juga semua bisnis harus memulai dari yang kita sukai,” ujar Adi, di Ballroom Aula Kemala, Esa Unggul, Jakarta Barat, baru-baru ini.

Hal yang kedua yang dilakukan seorang pemula saat memulai bisnis ialah harus jujur. Adi melanjutkan jika kita sudah memulai hubungan apa yang pertama kali dilakukan oleh seorang pasangan untuk mempertahankan hubungan yakni keduanya harus dapat jujur satu dengan yang lainnya. Begitu pun dalam berbisnis kita harus jujur sejauh mana kemampuan kita dalam memulai jangan memulai dengan hal yang besar namun kita tidak sanggup malah hal ini menjadi sebuah bumerang bagi kamu yang akan mulai bisnis.

“Cinta itu harus jujur, what’s you love. Jangan bohongin diri sendiri dalam memulai bisnis, karena kita harus mengetahui keterampilan apa yang kita punyai, karena cinta saja tidak cukup. Perlu keterampilan kalau nggak punya keterampilan hanya happy atau karena suka nantinya bisnis dan cinta kamu akan kalah banyak,” ujarnya.

Adi pun memaparkan hal ketiga yang menjadi pertimbangan seseorang dalam memulai bisnis ialah harus mengetahui marketnya. Sama seperti saat berpacaran, seseorang tentu harus mengetahui apa saja yang akan dilakukan saat berpacaran nanti apakah nanti target berpacaran hanya untuk asyik-asyikan saja, hanya memperkenalkan pada teman-teman atau memang untuk serius.

Dia pun mencontohkan cara mengetahui market yang kita butuhkan dalam bisnis itu ialah kita harus mengetahui masalah apa yang sedang dialami oleh konsumen atau market yang kita tuju. “Seperti saat ini kita kan tahu nih tentang masalah anak muda zaman sekarang kalau nggak galau ya, nggak bisa move on. Nah ini kan termasuk market yang bisa kita kembangkan menjadi sebuah bisnis, kita bisa membuat aplikasi cara cepat move on dalam tiga hari nah ini kan sebuah inovasi belum ada yang buat,” katanya.

Sementara itu, pembicara lainnya yakni Wahyu Raharjo pun menerangkan hal yang sama terkait memulai bisnis sama seperti saat jatuh cinta, namun Wahyu lebih mempersingkat penjelasannya dengan mengatakan memulai bisnis harus dapat melupakan kegagalan dalam membangunnya artinya kita harus bisa move on.

“Sama seperti pak Adi tadi bilang, memulai bisnis harus sama seperti saat jatuh cinta. Sama ketika sedang move on dari seseorang memulai bisnis startup itu harus dapat mengambil pengalaman dari setiap kegagalan yang kita lalui, artinya harus bisa move on,” ujarnya.

Dia pun menambahkan dalam memulai bisnis mental yang kuat sangat diperlukan bagi seorang enterpreneur pemula, perlu mental baja dalam mengambil segala risiko yang nantinya akan dihadap. Oleh karenanya, rasa minder, takut dan ragu harus dibung jauh-jauh jika seseorang ingin menjadi enterpreneur yang sukses.

“Cara berpikir kita harus diubah, bagaimana sih kita dalam mulai berbisnis punya mental yang kuat, dibutuhkan inovasi mental yang kuat kalau takut susah ya nggak bakal bisa memulai. Mental itu penting. Kemudian evaluasi sangat penting dalam diri kita jika ingin memulai sebuah bisnis,” katanya.

(ded/ded)

http://images.cnnindonesia.com/visual/2017/02/22/a2ad8d81-dbed-4c59-8f10-b019501e544e_169.jpg?w=650

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Bagi Klien Yang Berposisi Di Luar Kota Serta Hendak Memperoleh Anjangsana Dari Kami Tentu Dikenakan Biaya Lawatan, Transport Dan Fasilitas, Dimana Biayanya Dijamin Sepenuhnya Oleh Konsumen.

mengapa jaga rumah pakai kontraktor bangunan lebih hemat & laba ini sporadis pun masih saja timbul walaupun pada pekerjaan dari anemer paling ahli sungguhpun. servis seo page one (jspo) merupakan sebuah industri servis seo patut dan terunggul di indonesia yang sungguh handal dan paling di percaya di dalam kondisi promosi …

Bisnis
Dengan Tampaknya Harga Konsultan Interior Rumah, Para Kontraktor, Perseroan Real Estate, Atau Lebih-lebih Bisa Jadi Perseorangan Bisa Menyebabkan Rumah Seperti Dengan Impian Dan Juga Budget.

servis konsultan interior paling baik dengan design kitchen set minimalis jakarta kami mampu memberikan harga termurah untuk harga kitchen set jakarta yang ter cepat, terpercaya serta jempolan. sehabis kalian menyebabkan ketentuan untuk mendandani bilik dapur rumah kalian, tahap pertama yang perlu kalian lakukan yakni mengambil buah pikiran berhubungan dapur kayak …

Bisnis
Itulah Apa Sebabnya Suatu Sofa Bilik Pengunjung Wajib Sebagai Sempurna Terintegrasikan (lebur) Pada Ruangan.

set kamar untuk anak terunggul yang di makna kamar patung kayu set minimalis hpl di sini merupakan segala deretan atau finisingnya kita sekalian mengenakan banjar maupun melekat hpl. di dalam produk ini kita menggunakan tumpukan hpl taco bagai finisingnya, supaya pun begitu saya dan teman-teman pun menyajikan finising menggunakan cat …