Memulai Bisnis Tanpa Modal dengan Untung Besar


Liputan6.com, Jakarta – Banyak calon pebisnis yang gagal membuka usaha hanya karena berpikir untuk memulai sebuah  bisnis itu memerlukan modal besar.

Padahal tidak semua bisnis harus dimulai dengan modal besar. Ada banyak bisnis dengan modal kecil bisa sukses asal dilakukan dengan serius.

Berikut beberapa contoh bisnis tanpa modal besar yang bisa dikerjakan oleh siapapun yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, baik secara online ataupun offline seperti dikutip dari Laruno.com:

1. Menjadi Penjual Produk Orang Lain (reseller atau dropship)

Keuntungan menjadi seorang reseller, kita tidak pusing dalam membuat sebuah produk yang akan kita jual. Kita hanya perlu fokus pada proses marketing dan penjualan produk orang lain, tentunya kita harus memastikan bahwa produk yang akan kita jual itu memang bagus.

Salah satu contoh reseller dalam bisnis offline misalnya menjual kue buatan orang lain.  Untuk bisnis online tentunya kesempatan menjadi reseller atau dropship sangat banyak kita temukan.

Namun untuk bisa menjalankan bisnis reseller dan dropship, kita harus memiliki sebuah website atau blog yang akan kita gunakan sebagai “etalase” atau tempat display barang yang kita jual tadi. Website atau blog tersebut bisa dibuat dengan layanan gratis seperti Blogger atau WordPress.

Namun agar terlihat lebih profesional, ada baiknya kita membuat website atau blog dengan nama domain sendiri, ini memang tidak gratis tapi modal yang dibutuhkan untuk membeli domain sangat kecil dibanding dengan menyewa sebuah tempat untuk berjualan. Itu kembali pada pilihan kita sendiri.

2. Menjadi Seorang Penulis Lepas

Profesi menjadi penulis lepas adalah salah satu contoh usaha tanpa modal besar yang bisa dikerjakan dari rumah secara online. Menjadi seorang penulis lepas di salah satu website yang memiliki topik tentang bisnis.

Artikel yang ditulis seputar tentang bisnis dan referensinya dapat dilihat dari berbagai artikel bisnis yang ada di internet ataupun buku.

Dalam menjalankan profesi ini, hanya membutuhkan koneksi internet dan sebuah laptop. Setiap bulannya pemilik website itu selalu mengirimkan pembayaran atas tulisan yang dibuat, nilainya memang tidak besar tapi lumayan sebagai uang tambahan.

Menjual Jasa

3. Menjual Jasa

Bisnis penyedia jasa sebenarnya bisa dikerjakan dengan tanpa modal yang besar, namun pada kebanyakan kasus, bisnis menyediakan jasa biasanya membutuhkan modal materiil yang tidak sedikit.

Salah satu contoh bisnis modal kecil dengan menyediakan jasa pada bisnis online adalah memberikan jasa penulis artikel, menyediakan jasa SEO (search engine optimization)

Menurut saya, tidak ada yang namanya bisnis tanpa modal sama sekali, saya lebih setuju jika disebut bisnis dengan modal kecil. Bila kita menggali peluang usaha di sekitar kita, sebenarnya kita bisa menemukan beberapa bisnis tanpa modal besar yang bisa kita jalankan.

Dengan belajar terus-menerus dan selalu berusaha dalam menggali potensi bisnis di sekitar kita, pasti kita akan bisa membangun sebuah bisnis yang berhasil.

4. Menjadi Blogger Profesional

Banyak blogger yang mempunyai penghasilan rutin dari blog yang dia kelola. Bila kita punya sebuah blog atau website dengan trafik pengunjung yang tinggi maka sangat bisa dipastikan bahwa blog akan bisa memberikan penghasila rutin.

Ada beberapa cara untuk mendapatkan penghasilan dari blog dengan trafik pengunjung yang tinggi, melalui space iklan yang disewakan, melalui program PPC (google adsense), program pay per lead, dan lain-lain.

Namun perlu diketahui bahwa untuk membuat sebuah blog memiliki trafik tinggi dan disukai oleh pengunjungnya bukanlah sesuatu yang sangat mudah. Blog tersebut harus memiliki konten yang original dan disukai pengunjungnya, selain itu tampilan dan navigasinya juga harus user friendly.

Dan untuk mencapai semua itu bukanlah sesuatu yang mudah, kita harus memiliki kemampuan khusus, baik sebagai seorang webmaster, seorang penulis konten, dan seorang pebisnis online.

Broker

5. Menjadi Seorang Broker/Agen

Jika Anda adalah seorang yang memiliki kemampuan marketing yang baik, maka Anda bisa mencoba menjadi seorang broker atau agen. Contohnya adalah menjadi seorang agen penjual properti. Keuntungan dari menjual properti bisa dari dua pihak, yaitu dari pemilik property dan juga dari pembeli properti.

Pemilik properti biasanya akan memberikan tip kepada orang yang berhasil membantunya menjual propertinya, sedangkan pembeli yang senang biasanya akan memberikan tip kepada orang yang memberikan informasi dan membantunya menemukan properti yang dia cari.

Mau baca tips bisnis dan karir lainnya dari Tung Desem Waringin? Silakan klik belajar.me

http://cdn1-a.production.liputan6.static6.com/medias/832742/big/078050700_1426836491-covered-california-small-business.jpg



Sumber Artikel

Komentar

comments