Memulai Bisnis Tanpa Uang, Siap Terwujud!


Memulai bisnis harus memiliki keberanian tingkat tinggi. Kamu harus siap tidak mendapatkan penghasilan di awal bisnismu. Salah satu hambatan yang tidak dapat dipungkiri adalah bagaimana kita mendapatkan dana untuk modal awal.

Dalam menjalankan sebuah bisnis tentunya ada beberapa yang harus kamu pikirkan seperti; lisensi atau izin, peralatan yang menunjang, karyawan, biaya operasional dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tentunya, semua itu membutuhkan modal yang tidak sedikit. Ada beberapa solusi yang bisa kamu terapkan untuk menekan kebutuhan modal awalmu. Simak ya!

1. Mengurangi kebutuhan biaya operasional.

Hal ini tergantung model bisnis apa yang ingin kamu jalankan. Lebih baik menjalankan sebuah bisnis yang sudah pahami dengan baik. Kamu bisa menjadi satu-satunya karyawan, supaya tidak perlu bingung menggaji pegawai. Kamu juga tidak memerlukan kantor, karena bisa bekerja di rumah.

Untuk lisensi, hal ini tergantung bidang dan skala bisnismu. Tak semua bisnis membutuhkan lisensi di awal usaha. 

Baca juga: 3 Realita yang Harus Kamu Terima Saat Mulai Berbisnis

2. Membuat website perusahaan.

Sebagai permulaan usaha, tentunya membutuhkan perjuangan hingga menemukan model bisnis yang baik. Kamu akan butuh sebuah halaman web atau blog untuk menggaet minat konsumen. Hal tersebut bisa membantu mengenalkan produk atau jasa yang kamu tawarkan. Kalau webmu menarik dan semakin dikenal orang, kamu bisa mendapatkan pemasukan seperti iklan.

Kamu bisa membuatnya sendiri atau menggunakan jasa orang untuk membuat sebuah halaman web. Salah satu yang bisa membantumu membangun tampilan web adalah Bootstrap. Bootstrap telah menyediakan banyak sekali class CSS dan plugin JavaScript yang bisa langsung dipakai untuk membuat halaman web.

3. Mencari dana segar dari luar.

Saat membutuhkan suntikan dana bisnis, ada beberapa pilihan yang bisa kamu andalkan. Kamu bisa mengajak teman yang satu visi-misi untuk membangun bisnis bersama.

Gak perlu malu untuk meminjam uang dari keluarga, karena merekalah orang terdekatmu. Kamu juga bisa meminjam uang melalui bank, asalkan syarat yang diajukan telah dipenuhi. 

Setelah kamu mulai menyadari pemasukan dan pengeluaran, kamu bisa mulai berinvestasi dan membangun bisnismu sedikit demi sedikit. Ketika bisnismu mulai menjanjikan, tentunya kamu akan lebih mudah mendapatkan investor yang tertarik dengan bisnismu. Ingat, ya! Tidak ada usaha yang bisa sukses dalam sekejap.

Baca juga: Produktif di Usia Senja, 7 Ide Bisnis Ini Cocok untuk Kakek dan Nenek

https://cdn.idntimes.com/content-images/post/20170810/about-business-start-up-1600-500-80-c1-44537bdc0dc254ce5fa440b068e35b1c_600x400.jpg



Sumber Artikel

Komentar

comments