Mencari Ide Bisnis? Layanan Fintech atau Jasa Digital Bisa Dicoba

Bisnis

[ad_1]

DEWASA ini, bisnis sudah menjadi tren di kalangan anak muda. Semakin hari, minat berwirausaha kalangan anak muda semakin tinggi. Sayangnya, tidak sedikit yang kerap kebingungan menentukan ide bisnis. Financial technology atau fintech dan jasa digital mungkin bisa menjadi pilihan.

Apalagi, saat ini jenis usaha tersebut sedang naik daun di kalangan startup muda. Hal itu tentu tak lepas dari tingginya potensi pasar fintech di negeri ini.

Data Lembaga Riset Telematikan Sharing Vision menunjukkan, nilai transaksi fintech di Indonesia sepanjang tahun ini diprediksi mencapai 19 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 253,44 triliun (asumsi 1 dolar AS =  Rp 13.339). Nilai transaksi tersebut baru mencapai 25 persen total potensi fintech di seluruh Indonesia, yang diperkirakan mencapai Rp 1.000 triliun tahun ini. 

Pada 2021 nilai transaksi fintech di Indonesia diprediksi mencapai 37,146 miliar dolar AS (Rp 495,5 triliun). Hal itu tentu tak lepas dari penetrasi internet Indonesia yang tahun ini diperkirakan sudah melampaui separuh populasi.

Gaya hidup digital

Managing Director Indigo.id, Ery Punta Hendraswara, mengatakan, permintaan jasa fintech dan jasa digital akan terus meningkat seiring dengan kian maraknya gaya hidup digital. Menurut dia, evolusi di masyarakat terus terjadi dan akan semakin deras.

“Gaya hidup digital juga sudah merambah ke bidang keuangan. Ini menjadi peluang bisnis potensial untuk digeluti startup. Binaan kami pun saat ini semakin banyak yang bergerak di bidang fintech,” tuturnya, di Bandung, Rabu 31 Mei 2017.

Untuk menjajal usaha di sektor tersebut, menurut dia, diperlukan kreativitas dan kejelian dalam menemukan jenis layanan yang spesifik. Salah satu contohnya adalah solusi peningkatan utilitas poin loyalitas.

Peluang bisnis tersebut sudah digarap oleh binaan Indigo, Kartoo. Startup tersebut memberikan layanan keuangan dalam mengatasi problematika tentang masih rendahnya utilitas poin loyalitas, yang ditengarai baru mencapai 50 persen digunakan dari total anggaran tahunan di Indonesia sebesar 4 juta dolar Amerika Serikat (AS).

Dengan layanan yang dipimpin Michael Luhukay tersebut, utilisasi lebih meningkat karena costumer akan peroleh informasi promosi lebih detail. Layanan tersebut juga memungkinkan costumer melakukan redeem poin loyalitas tersebut pada mitra Kartoo.

Pembayaran berbasis internet

Contoh lain adalah yang digeluti Payfazz. Mereka memberikan layanan yang ditujukan bagi masyarakat yang belum punya rekening perbankan. Layanan tersebut untuk merespons kondisi 64 persen masyarakat Indonesia yang unbanked dan 96 persen masyarakat Indonesia tak punya kartu kredit.

Paypazz menawarkan jasa pembayaran hingga kredit berbasis internet. Caranya, dengan menggunakan jasa agen mereka yang sudah mencapai kisaran 750 agen dengan melayani sekitar 75 ribu nasabah unbanked tersebut. Total transanksi berkisar 210.000 kali sekalipun belum genap setahun layanan ini beroperasi.

Dengan konsep serupa, ada Fortsok, startup yang memberikan layanan integrasi ekosistem ritel yang melibatkan antara lain marketplaces, platform e-commerce, sektor logistik, dan sektor finansial. Dengan Fortsok, sistem transaksi berjalan lebih terintegrasi sekaligus akan menghindari kemungkinan berbagai kesalahan transaksi penjualan yang berakibat kerugian bagi sektor ritel, terutama para pelaku bisnis garmen.

“Sampai saat ini, Forstok sudah dipercaya sejumlah merek besar sektor ritel antara lain The Body Shop, Metrodata, Gogobli, Hartono Elektronik, Erafone, Bantex, Maspion, dll,” kata Ery.

Jasa digital

Untuk jasa digital, ia mencontohkan seperti yang dijajal Minutes dan Jasa Connect. Minutes menjadi sarana reservasi masyarakat untuk jasa kecantikan, mulai dari salon, spa, hingga tempat cukur. Jadi, pesan tempat ke jasa kecantikan itu bisa dari rumah.

Saat ini sudah 100 lebih tempat layanan bekerjasama dengan mereka. Total transaksi mencapai 2.100 kali dan 4.500 total pengguna aktif bulanan dari layanan yang dipimpin Angki Rinaldy tersebut. Jasa Connect sendiri menyiapkan sekitar 5.000 teknisi yang dapat melayani perbaikan barang elektronik atau peralatan rumah tangga yang rusak dan atau habis masa garansinya, sehingga memudahkan masyarakat.

“Masih banyak lagi peluang bisnis lain yang bisa digarap. Itu hanya beberapa contoh dari apa yang digeluti binaan kami. Kunci utamanya, temukan ide, jalani dengan serius, buka jejaring hingga ke tingkat global,” tutur Ery.

Jadi, ingin menjajal bisnis? Layanan fintech atau jasa digital mungkin bisa menjadi alternatif. Peluang bisnis tersebut tidak hanya terbuka bagi mereka yang berlatar belakang keahlian atau pendidikan digital. Siapapun bisa, asal memiliki kemauan untuk belajar. Jadi, tertarik untuk mencoba?***

http://www.pikiran-rakyat.com:80/sites/files/public/styles/medium/public/image/2017/05/startup%203.jpg?itok=DxNt03mj

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Bagi Klien Yang Berposisi Di Luar Kota Serta Hendak Memperoleh Anjangsana Dari Kami Tentu Dikenakan Biaya Lawatan, Transport Dan Fasilitas, Dimana Biayanya Dijamin Sepenuhnya Oleh Konsumen.

mengapa jaga rumah pakai kontraktor bangunan lebih hemat & laba ini sporadis pun masih saja timbul walaupun pada pekerjaan dari anemer paling ahli sungguhpun. servis seo page one (jspo) merupakan sebuah industri servis seo patut dan terunggul di indonesia yang sungguh handal dan paling di percaya di dalam kondisi promosi …

Bisnis
Dengan Tampaknya Harga Konsultan Interior Rumah, Para Kontraktor, Perseroan Real Estate, Atau Lebih-lebih Bisa Jadi Perseorangan Bisa Menyebabkan Rumah Seperti Dengan Impian Dan Juga Budget.

servis konsultan interior paling baik dengan design kitchen set minimalis jakarta kami mampu memberikan harga termurah untuk harga kitchen set jakarta yang ter cepat, terpercaya serta jempolan. sehabis kalian menyebabkan ketentuan untuk mendandani bilik dapur rumah kalian, tahap pertama yang perlu kalian lakukan yakni mengambil buah pikiran berhubungan dapur kayak …

Bisnis
Itulah Apa Sebabnya Suatu Sofa Bilik Pengunjung Wajib Sebagai Sempurna Terintegrasikan (lebur) Pada Ruangan.

set kamar untuk anak terunggul yang di makna kamar patung kayu set minimalis hpl di sini merupakan segala deretan atau finisingnya kita sekalian mengenakan banjar maupun melekat hpl. di dalam produk ini kita menggunakan tumpukan hpl taco bagai finisingnya, supaya pun begitu saya dan teman-teman pun menyajikan finising menggunakan cat …