Mencicip Manisnya Bisnis Martabak Berkonsep Unik di Sarinah


Jakarta – Berjualan makanan menggunakan bekas kontainer alias peti kemas bekas belakangan ini menjadi tren. Banyak orang menggunakan konsep ini untuk menarik minat konsumen karena bentuknya yang unik.

Ragam makanan yang ditawarkan pun beragam, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat yang dapat mengisi perut anda saat lapar.

Saksikan video 20detik mengenai Martabak Gokil di sini:

Salah satunya dapat ditemui di Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat, Martabak Gokil namanya. Bisnis martabak ini menggunakan kontainer dengan cat merah di sudut halaman parkir Sarinah, Thamrin.

Martabak Gokil SarinahMartabak Gokil Sarinah Foto: Ardan Adhi Chandra-detikFinance

Martabak Gokil buka setiap hari dari Senin sampai Minggu, khusus akhir pekan gerai makanan ini buka 24 jam untuk memanjakan konsumennya.

“Setiap hari buka dari jam 6 pagi sampai jam 12 malam. Kalau weekend 24 jam,” jelas Store Manager Martabak Gokil Sarinah, Agus Sulaiman saat berbincang dengan detikFinance di Sarinah, Jakarta Pusat, belum lama ini

Martabak Gokil di Sarinah sudah buka sejak September 2016 silam dan sekaligus menjadi gerai kedua setelah di Bellagio Mega Kuningan.

Martabak Gokil SarinahMartabak Gokil Sarinah Foto: Ardan Adhi Chandra-detikFinance

Konsep berjualan martabak menggunakan bekas kontainer yang dimodifikasi dilakukan untuk menarik minat konsumen. Selain itu, langkah ini juga dilakukan untuk memberikan warna baru bagi bisnis makanan di pusat keramaian.

“Mungkin buat konsep agak beda. Kalau martabak kan biasanya di mobil atau gerobak,” ujar Agus.

Setiap akhir pekan, gerai Martabak Gokil di Sarinah, Thamrin kerap ramai didatangi pembeli. Terlebih lagi saat hari bebas kendaraan bermotor alias car free day di Minggu pagi.

Martabak GokilMartabak Gokil Foto: Ardan Adhi Chandra-detikFinance

Masyarakat yang lelah selepas berolahraga atau jalan santai dapat beristirahat sejenak di gerai Martabak Gokil yang terletak persis di sudut halaman parkir Sarinah. Mereka juga dapat memesan makanan dan minuman dengan harga yang beragam.

Meskipun memiliki nama Martabak Gokil, makanan yang dijual di sini tidak hanya sebatas martabak. Martabak Gokil menawarkan berbagai varian makanan lainnya seperti roti bakar, chicken katsu, dan tentunya martabak manis dan asin dengan beragam rasa.

Untuk makanan dijual mulai dari Rp 11.000 untuk roti bakar cokelat hingga Rp 350.000 untuk martabak 16 rasa yang menjadi unggulan Martabak Gokil. Sedangkan untuk minuman mulai dari Rp 8.000 sampai sekitar Rp 30.000 untuk smoothies.

“Harga relatif, roti bakar dari Rp 11.000 sampai Rp 350.000 martabak. Kita agak unik agak beda 16 rasa. Minuman dari Rp 8.000 sampai Rp 33.000,” ujar Agus.

Martabak GokilMartabak Gokil Foto: Ardan Adhi Chandra-detikFinance

Agus mengatakan gerainya paling ramai didatangi pembeli saat akhir pekan. Bahkan di jam-jam tertentu pelanggan yang datang harus menunggu untuk mendapatkan kursi.

Pembeli yang datang pun berasal dari berbagai kalangan, mulai dari anak muda hingga mereka yang tak lagi muda. Tentunya, dengan konsep gerai kekinian, pembeli Martabak Gokil di Sarinah, Thamrin didominasi oleh anak-anak muda.

Soal rasa, lanjut Agus, Martabak Gokil dapat diadu dengan para pesaingnya. Pasalnya, ia menggunakan bahan-bahan premium yang menciptakan kualitas rasa yang jauh lebih enak dibandingkan martabak lainnya.

“Boleh diadu kita punya bahan premium, kualitas number one. Rasa boleh diadu,” kata Agus.

Mengenai omzet yang biasanya didapatkan saat ramai seperti akhir pekan, Agus enggan membeberkan lebih jauh. Ia hanya mengatakan bahwa omzet saat akhir pekan melonjak hingga dua kali lipat dibandingkan hari biasa. (dna/dna)

https://sgimage.detik.net.id/community/media/visual/2017/07/14/a6381da3-a8ff-42a2-84cf-9744c277c811_169.jpg?w=650



Sumber Artikel

Komentar

comments