Menggali Ide Bisnis untuk Pemula

Bisnis

[ad_1]

REPUBLIKA.CO.ID, Melihat kesuksesan teman-teman yang bisa memiliki pendapatan tinggi dengan berwirausaha, sepertinya usaha yang dijalankan adalah usaha yang mudah dan menjanjikan. Mereka mendapatkan ide bisnis dari hal yang sederhana hingga hal yang cukup rumit. Yang paling penting, berani untuk merealisasikan ide mereka menjadi sebuah konsep bisnis yang maksimal.

Mungkin pernah mendengar tentang seorang anak remaja, yang berhasil menjadi pengusaha. Karena ide cemerlangnya, mencarikan pengasuh untuk anak-anak di sekitar lingkungan tempat tinggalnya. Usaha jasa pengasuh ini akhirnya berkembang menjadi usaha yang banyak diminati. Awalnya ide tersebut muncul karena adiknya yang rewel dan tidak menemukan pengasuh yang tepat.

Jadi, usaha yang muncul saat ini bisa jadi hadir karena ide-ide yang muncul di sekitar kita. Seperti apa cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan ide bisnis baru, berikut ulasannya:

Coba Pergi ke Pasar
Anda tahu bukan, bahwa pasar adalah salah satu tempat yang selalu sibuk setiap harinya, di mana sebagian orang mencari nafkah juga di sana. Karena pasar memungkinkan untuk mendukung ide usaha baru, sebaiknya coba pergi ke pasar. Siapa tahu, dari berbagai transaksi yang terjadi di sana, muncul ide baru untuk membuat usaha.

Mengobrol dengan Orang Baru
Bertemu dengan orang baru, akan menambah wawasan baru untuk kita. Selain itu, mungkin kita bisa mendapatkan ide baru dari obrolan kita dengan mereka. Misalnya anda sedang berjalan di taman, cobalah untuk membuka percakapan terlebih dulu. Bicarakan tentang isu yang terjadi di sekitar. Siapa tahu, ide bisnis baru juga akan muncul di sana.

Mengikuti Seminar
Saat ini, dunia komunitas dari berbagai subjek sangat terbuka luas untuk dicari informasinya. Misalnya aktif di sebuah komunitas bisnis di daerah, dan ternyata ada beberapa agenda acara yang harus dihadiri, berkaitan dengan tujuan komunitas bisnis itu sendiri, yaitu seminar tentang wirausaha. Ini kesempatan menambah ilmu seputar bisnis, menambah mitra dan juga menemukan ide bisnis baru, yang mungkin belum banyak orang memikirkanya.

Mengamati Tempat Pembuangan Sampah
Sampah umumnya adalah hal yang menjijikkan, yang seringnya menjadi hal yang tidak ingin dibahas, apalagi dalam bidang usaha. Namun, jangan keliru dengan hal ini, bagi orang yang pintar menangkap peluang usaha, dari sampah saja dia mampu menghadirkan sebuah usaha baru. Usaha tersebut juga bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya, seperti keberadaan bank sampah yang cukup populer akhir-akhir ini.

Bisnis Online
Bisnis online sepertinya merupakan bisnis yang cocok dilakukan oleh siapa saja, terutama para pebisnis pemula. Selain menjalankan usaha online cukup mudah, usaha ini juga mendatangkan keuntungan yang maksimal jika dikelola dengan baik. Manfaatkan akses internet dengan baik untuk mendapatkan ide bisnis online yang unik dan mudah menjangkau pasar di dunia online.

Mengamati Sekitar
Saat diam di rumah, coba perhatikan sekeliling seperti area kamar misalnya. Perhatikan apakah banyak barang yang kelihatannya diminati sebagian besar orang, seperti seprai di kamar, mungkin bisa membuat bisnis baru dengan berjualan seprai atau bed cover. Temukan ide lain, seperti menjual wallpaper dinding dan lain sebagainya.

Membaca Buku
Buku adalah gudangnya ilmu, termasuk ilmu seputar bisnis bagi pemula. Ada banyak buku yang membahas tentang kesuksesan para pengusaha yang telah berhasil menjalankan usahanya bahkan dari nol. Mungkin saja dari cerita sukses tersebut, bisa mendapatkan ide usaha baru yang menguntungkan.

Temukan Ide Bisnis Anda dan Lebih Kreatif untuk Mewujudkannya
Setelah menemukan ide bisnis, sebaiknya jalankan bisnis tersebut dengan lebih kreatif. Persaingan bisnis saat ini juga sangat ketat, sehingga perlu sesuatu yang unik agar bisnis tersebut bisa berjalan dalam waktu yang lama. Mulailah usaha dengan hal yang paling mudah dan paling Anda sukai.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

 

http://static.republika.co.id/uploads/images/headline_slide/memulai-bisnis-dan-mendagangkannya-secara-online-menjadi-salah-satu-_150405222205-672.jpg

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Minta Ampun Bakal Ketika Ini Webkonseling Hanya Menyediakan Layanan Dialog Melewati Email.

bakal itu diperlukan pemberian supaya daya kegiatan yang tampak bisa lebih terlalu banyak dan juga sepertinya lebih pakar di sendiri-sendiri bagian serta meninggikan kapasitas yang ada. jadi konsultan psikolog jakarta pada kesimpulannya saya memutuskan buat mendaratkan ke psikolog akibat saya mau bersemayam di situ serta saya bisa melangsungkannya, dengan cara …

Bisnis
jasa belanja ebay, amazone dan lain-lain (hemat dan terpercaya)

jasa belanja ebay-terlihat sebelah perkara apa sebabnya orang atau industri tidak dapat membeli lagi perkakas dari luar negeri. shopher diharuskan memilah 1 saham untuk dapat menyandang produk yang terdapat di website ebay. yaiu, sdm indonesia yang betul-betul menduduki prosedur e-commerce ini selaku ensiklopedis. selain itu kamu pula bakal meraih pertanda …

Bisnis
Jasa Pembelian Barang Di Ebay

Cara Belanja di eBay sebenarnya sangat mudah, cocok sekali bagi anda yang sibuk dan lebih suka berbelanja secara online. Pembayaran di amazon biasanya melalui kartu kredit, kupon diskon atau kartu pembayaran amazon yg bisa dibeli sebelum berbelanja‚Ķproses pembayaran seperti biasanya toko online, hanya memasukkan data pembayaran mis kartu kredit atau …