Menjaga Pertumbuhan Bisnis dengan Perlindungan Gunnebo Indonesia



Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Salah satu tempat usaha yang tengah berkembang di Jakarta mengalami kebakaran hebat. Bangunan dan alat-alat usaha luluh lantak terbakar oleh api. Untungnya, dokumen dan aset berharga usaha tersebut tetap utuh karena terlindungi oleh brankas.

Hal inilah yang dikisahkan oleh Country Manager dan President Director Gunnebo Indonesia Hindra Kurniawan saat berbincang dengan Warta Ekonomi di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Hindra Kurniawan mengatakan banyak konsumen yang memberi apresiasi kepada Gunnebo Indonesia karena produk dan solusi yang ditawarkan pihaknya berhasil meminimalisir risiko bisnis yang dihadapi para pelaku usaha. Ia menyampaikan aset berharga yang tetap selamat hanyalah salah satu dari sekian banyak contoh yang ada.

Produk dan sistem keamanan yang dimiliki Gunnebo Indonesia memang mampu memberikan manfaat positif pada konsumen. Saat ini Gunnebo Indonesia memiliki tujuh area bisnis yang masing-masing lini tersebut memiliki produk-produk tersendiri. Ketujuh area bisnis tersebut adalah cash management, electronic security, entrance security, fire safety, safes and vaults, security services, dan fire systems.

“Waktu kejadian kebakaran, ternyata waktu dibongkar aset tetap aman karena pakai brankas. Of course karena kebakaran pasti ada kerugian, tapi yang valuable ini aman. Kita memberikan alternatif dan opsi untuk meminimalisir risiko kebakaran,” ujarnya.

Hindra mengatakan pihaknya selalu berupaya untuk menyediakan produk dan solusi yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen. Produk dan solusi yang ditawarkan mulai dari yang paling dasar (basic) hingga sangat canggih (sophisticated). Ia mengharapkan Gunnebo Indonesia mampu melindungi konsumen mulai dari saat merintis usaha hingga menjadi pengusaha sukses.

Saat ini Gunnebo Indonesia memiliki lima segmen bisnis utama, yaitu bank, industrial & high-risk sites, mass transit, public & commercial buildings, dan retail. Masing-masing segmen tersebut memiliki tingkat kesadaran (awareness) atas aspek keselamatan dan keamanan yang berbeda antara segmen yang satu dengan segmen yang lain.

Disampaikan, segmen-segmen seperti bank, industrial & high-risk sites, mass transit, dan public & commercial buildings sudah memiliki tingkat awareness yang tinggi atas produk keamanan. Adapun, segmen ritel masih belum memiliki awareness yang tinggi meski secara tren tingkat kesadaran konsumen terus membaik.

“Kita melihat tren awareness konsumen itu tambah lama semakin membaik. Jadi, konsumen itu sekarang sadar bahwa produk keamanan bukan merupakan sesuatu yang lux, tapi sudah menjadi suatu kebutuhan. Dari konsumen skala kecil hingga skala besar memiliki tingkat awareness yang semakin baik,” katanya.

Ia memberi contoh penggunaan closed-circuit television (CCTV) yang tidak lagi dimanfaatkan oleh pelaku usaha skala besar, namun juga sudah lazim digunakan oleh pelaku usaha pemula. Secara geografis, penggunaan produk keamanan seperti CCTV juga tidak hanya digunakan oleh pengusaha yang berada di ibukota Jakarta, namun juga sudah merambah luas ke daerah-daerah.

Tercatat, beberapa daerah seperti Surabaya mengalami pertumbuhan permintaan atas produk-produk keamanan. Memang secara volume permintaan dari daerah tidak sebesar yang ada di Jakarta, tetapi secara persentase pertumbuhan (growth) permintaan di daerah jauh melampaui Jakarta. Hal itu karena volume permintaan di Jakarta sudah besar sehingga untuk mencapai angka pertumbuhan persentase permintaan yang tinggi maka diperlukan volume yang sangat besar.

“Di Jakarta saat ini hampir semua tempat memiliki CCTV sehingga segala sesuatu bisa di-track down. Bukan hanya di Jakarta, tapi penggunaan CCTV juga di mana-mana hingga ke daerah-daerah. Saya rasa itu sesuatu yang bagus karena produk keamanan tidak hanya dibutuhkan oleh kalangan atas, tetapi semua kalangan,” paparnya.

Tren Positif

Hindra Kurniawan mengatakan bahwa selama sepuluh tahun terakhir Gunnebo Indonesia terus mencatatkan pertumbuhan antara 13%-17% per tahun baik dari sisi volume maupun dari sisi nilai. Artinya, setiap tahun semakin banyak konsumen yang menggunakan produk dan solusi keamanan dari Gunnebo Indonesia.

Tren positif ini tentu didukung oleh keahlian (expertise) Gunnebo Indonesia di bidang keamanan dan juga kemampuan memahami kebutuhan konsumen. Ia menegaskan Gunnebo Indonesia tidak hanya menjual barang, tetapi juga mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.

Sebagai contoh, pelaku usaha pemula yang pada awalnya hanya membutuhkan solusi keamanan sederhana seperti CCTV pada akhirnya akan membutuhkan solusi yang semakin kompleks jika usaha yang dijalani terus berkembang. Gunnebo Indonesia mampu memahami dan mengintegrasikan produk-produk keamanan yang dimiliki sehingga seluruh kebutuhan konsumen dapat terakomodasi.

“Jadi, kalau kita ke pelanggan bukan ingin menjual barang tapi yang kita berikan kepada konsumen adalah expertise kami di bidang solusi keamanan. Bagaimana kita bisa memenuhi kebutuhan konsumen dengan cara mengintegrasikan produk yang satu dengan produk yang lain. Intinya, kita menawarkan solusi bukan hanya produk,” sebutnya.

Demi meningkatkan kepuasan konsumen, Gunnebo Indonesia selalu berupaya untuk melakukan inovasi pada produk dan solusi keamanan.

“Inovasi untuk keamanan itu sangat cepat sekali perubahannya dari hari ke hari, dari bulan ke bulan, dan dari tahun ke tahun. Kita memiliki tim di perusahaan khususnya di divisi teknologi yang berkonsentrasi untuk mengembangkan produk dan solusi,” pungkasnya.

http://foto.wartaekonomi.co.id/files/arsip_foto_2017_08_11/ekonomi_bisnis_2017_08_11_111823_big.jpg



Sumber Artikel

Komentar

comments