MNC Group Kian Gencar Kembangkan Bisnis Properti


TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA – MNC Group akan semakin gencar mengembangkan bisnis properti melalui anak usahanya PT MNC Land Tbk (KPIG). Perusahaan konglomerasi ini akan meluncurkan proyek-proyek baru serta menyelesaikan pembangunan proyek-proyek eksisting.

Hari Tanoesoedibjo, CEO MNC Group mengatakan bisnis properti telah menjadi fokus kedua MNC group sejak tahun 2010 setelah bisnis media. Pihaknya melihat bisnis ini masih prospektif. “Kami sedang merencanakan membangunthemepark dan proyek properti lain di Lido, Bali Nirwana, MNC Smart City Tangerang, proyek di Surabaya,” ungkap Hari di Jakarta, Jumat (24/3).

Meskipun akan ekspansif, Hari tidak bersedia menyebutkan berapa anggaran belanja modal (capex) yang mereka siapkan untuk pengembangan bisnis properti tahun ini. Pasalnya, proyek-proyek yang sedang dipersiapkan perusahaan akan dikembangkan dalam jangka panjang.

MNC Land akan mengembangkan proyek Lido Integrated Resort & Theme Park di Lido Sukabumi. Perusahaan ini telah mengantongi izin pengembangan 3.000 hektare (ha) di kawasan ini. Wakil Direktur Utama KPIG, Herman Bunjamin mengungkapkan saat ini pihaknya telah berhasil mengakuisi 2.000 ha lahan.

Kawasan ini akan dikembangkan secara bertahap. Sebagian akan dikembangan sendiri dan sebagian akan dikembangkan dengan menjalin partner strategis. Tahap pertama akan membangun 700 ha. Pengembangan ini ditargetkan rampung pada tahun 2020.

Herman mengatakan, MNC Land akan membangun themepark seluas 150 ha dalam pengembangan tahap I tersebut. Saat ini perusahaan sedang dalam proses penetapan design untuk proyek tersebut. “Themepark kita bangun sendiri tetapi pembuatan design kita gandeng konsultan asing karena kita ingin ini bertaraf internasional. Pemda sudah keluarkan izin zona untuk themepark ini tapi untuk izin IMB belum karena design belum selesai,” jelasnya.

MNC Land sudah mengajukan izin konstruksi themepark tersebut. Perusahaan menargetkan taman bermain tersebut akan mulai konstruksi tahun ini dan bisa beroperasi pada tahun 2019.

Lalu, MNC Land juga telah menggandeng kerjasama dengan Donald Trump untuk mengembangkan 300 ha lahan. Mereka akan membangun Trump Luxury Resort Hotel bintang 6 sebanyak 80 kamar, Trump Luxury Residence sekitar 200 unit serta membangun lapangan golf berstandar internasional 18-hole dan dilengkapi dengan country club yang ditargetkan akan beroperasi tahun 2018.

Selain itu, lewat kerjasama dengan The Trump Organization, perusahaan berencana membangun sirkuit di Lido. Namun MNC Land belum menetapkan target pembangunan proyek ini. “Ini harus didesign dulu. Kemudian (urus) perizinan,” kata Daniel Yuwono, Direktur MNC Land.

Proyek kedua yang tengah dipersiapkan perusahaan ini adalah proyek kawasan terpadu di Bali di atas lahan seluas 110 ha. Proyek ini akan dikembangkan dengan bekerjasama dengan The Trump Organization.

http://cdn2.tstatic.net/jambi/foto/bank/images/24032017_mnc_properti_20170324_194635.jpg



Sumber Artikel

Komentar

comments