Operkredit, Ide Bisnis Kreatif Adharis dan Gita Damayanti di Innocamp 2016


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Adira Finance kembali menggelar kompetisi inovasi berbasis kreativitas dan teknologi, Innocamp 2017. Tahun ini merupakan Innocamp kedua yang digelar perusahaan ini setelah Innocamp pertama di 2016 lalu.

Ajang ini menargetkan menjaring 400 peserta dari kalangan mahasiswa dai pelaku dan pemilik usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dari seluruh Indonesia untuk mengadu ide bisnis kreatif dan inovatifnya.

Peserta yang lolos seleksi akan mengikuti serangkaian coaching dari sejumlah expert di Camp 1 sampai Camp 3 yang akan berlangsung hingga sekitar akhir November 2017.

Di penyelenggaraan Innocamp 2016 lalu, Adira Finance melalui Corporate University hanya menjaring peserta mahasiswa. Dari ajang tersebut,  Adharis dan Gita Damaynti, keduanya mahasiswa dari Institut Pertanian Bogor (IPB) keluar sebagai pemenangnya.

Kepada Tribunnews, Adharis menuturkan, keikutsertaannya di ajang ini saat itu dilatarbelakangi oleh keinginannya mendapatkan modal untuk membangun bisnis UKM-nya yang sedang dia rintis.

Ide bisnis yang Adharis presentasikan di depan juri pun kemudian diterima.

“Kami menjalani coaching selama 3 bulan. Saat itu coaching-nya antara lain oleh Pak Hasnul Suhaimi, Pak Emirsyah Satar dan lain lain. Saya diajari tentang business plan, mengatasi cicilan macet dan lain-lain. Banyak pengalaman berharga yang tidak saya dapatkan di kampus. Dengan ikut ajang ini, saya jadi punya link (jejaring),” ungkap Adharis.

Gita Damayanti, juara Innocamp 2017 menuturkan, dari pengamatannya, rata rata UKM di Indonesia masih menggunakan konsep tradisional. “Market untuk pemasaran prduknya juga masih sebatas pasar domestik. Dengan ikut ajang ini, mahasiswa dan pelaku UKM bisa saling berkolaborasi,” ujar mahasiswi Jurusan Agribisnis IPB ini.

Adharis, yang kuliah di program D3 Komunikasi ini mengatakan, dan dan Gita saat itu menawarkan ide kreatif pembuatan website Operkredit.com, menyesuaikan dengan tema dan konsep ide peserta Innocamp 2017 yang harus berbasis digital.

“Maka kita bikin ide ini. Oleh [anitia kita dikasih problem, lalu ditantang untuk bikin ide dan kita kembangkan di Camp 1 sampai Camp 3,” tuturnya.

“Saat itu kita diminta bikin business plan, ada semacam mini simulasi saat babak final. Kita bikin website nya juga. jJadi project kita sudah mendekati dummy. Ada sesi workshop juga untuk presentasikan ide ide kita. Ada proses coaching juga,” imbuhnya.

“Target kita tahun ini dua kali lipat pesertanya, yakni sekitar 400. Tahun lalu ide teman-teman peserta penekanannya ke digital.  Tahun ini fokus kita kolaborasi teman teman yang punya business plan dan memiliki usaha,” ungkap Novitri Diah Lista Wulandari, Head of Corporate University Adira Finance.

Swandajani Gunadi, Direktur SDM dan Marketing Adira Finance mengatakan, kompetisi Innocamp 2017 dimulai pendaftarannya sejak 18 Maret 2017 lalu dan akan ditutup pada 18 Juli 2017.

Hadiah untuk mahasiswa creative trip dan kesempatan mengikuti management trainee di Adira Finance dan untuk UMKM berupa modal usaha. 

“Kita berharap program ini bisa berlanjut terus meski dengan investasi yang kami harus keluarkan. Dari Innocamp 2016 lalu banyak sekali ide bisnis yang muncul dan sebisa mungkin kami implementasikan oleh tim kami. Pasca ikuti program kami, mahasiswa yang menjadi pemenang berhak mendapat free pass untuk mengikuti program management trainee di perusahaan kami,” ungkap Swandajani Gunadi.

http://cdn2.tstatic.net/tribunnews/foto/bank/images/adharis-dan-gita-damayanti_20170525_121237.jpg



Sumber Artikel

Komentar

comments