Peluang Usaha Menggiurkan dengan Modal Kecil : Okezone Ekonomi


TAHUN 2017 merupakan tahun yang baik untuk para anak muda memulai bisnis dengan modal minimal. Selain kecanggihan teknologi, anak muda dapat memanfaatkan tren untuk memulai bisnis mereka agar tidak memakan modal yang terlalu besar. Berikut adalah beberapa ide bisnis yang dapat dilakukan:

1. Bisnis Properti

Jangan kaget mendengar bisnis properti, idenya di sini bukanlah dengan membeli properti kemudian menyewakan atau menjualnya, tetapi dengan menjadi makelar properti. Modal yang dibutuhkan juga sangat kecil, anda hanya perlu bersilat lidah dan menunjukkan kemampuan melobi dengan baik. Selain itu, anda pun harus cermat dalam melihat pangsa pasar serta target pelanggan.

Caranya, anda dapat mencari properti yang sedang dijual, kemudian tawarkan jasa anda kepada pemilik properti, mungkin saja dengan membagikan persentase keuntungan sebesar 20% atau sesuai dengan kesepakatan. Jika harga sebuah rumah adalah Rp200 juta dan anda berhasil membantu pemilik untuk menjualnya, maka anda akan mendapatkan Rp40 juta tanpa modal yang besar.

2. Bisnis Jual Beli Online

Seiring dengan perkembangan teknologi, bisnis jual beli online sudah mulai menjamur, selain karena modalnya yang sedikit, pengguna internet pun mulai meningkat yang berarti jumlah pelanggan akan semakin banyak. Jika ingin menjadi pebisnis tanpa modal, maka anda dapat memilih untuk menjadi dropshipper.

Dropshipper mempunyai sistem di mana pemasok barang akan mengirim langsung produk mereka kepada pelanggan yang didapatkan. Tugas anda hanyalah mencari konsumen. Bahkan para penjual online juga akan memberikan potongan harga atau promosi sehingga anda lebih berminat untuk menjual barang mereka.

Banyak sekali keuntungan yang dapat diterima dengan menjadi dropshipper, pertama, tidak perlu mengeluarkan modal untuk usaha, kedua, tidak perlu repot membungkus dan mengirim barang dan ketiga, anda dapat menaikkan harga jual sesuka hati.

3. Bisnis Dekorasi

Di zaman sekarang bukan hanya pernikahan yang membutuhkan dekorasi, bahkan acara ulang tahun, bridal shower, tunangan hingga acara lahiran pun membutuhkan jasa dekorasi. Anda dapat menemukan banyak sekali jasa dekorasi baik ruangan maupun dekorasi meja di Instagram.

Dekorasi adalah bisnis yang membutuhkan modal sangat sedikit, apalagi jika anda adalah seseorang dengan kreativitas tinggi. Anda hanya perlu mencari konsumen, untuk modal pertama, anda pun dapat menggunakan uang tanda jadi dari konsumen untuk membeli pernak pernik atau menyewa orang untuk membantu anda.

Biasanya, biaya yang dikenakan kepada pelanggan untuk dekorasi meja adalah biaya perorangan dan biaya ini akan tergantung dengan konsep serta pernak pernik yang diminta oleh konsumen. Untuk dekorasi ruangan, biasanya biaya yang harus dibayar oleh pelanggan disesuaikan dengan ornamen serta aksesori yang dibutuhkan dan luas dekorasi tersebut.

4. Bisnis Café

Membuka café merupakan bisnis yang sangat digemari oleh anak muda. Tradisi “nongkrong” yang telah mendarah daging di masyarakat Indonesia akan membuat bisnis café semakin marak di tahun 2017. Hanya saja untuk tahun 2017, tidak sembarang warung kopi yang dapat bertahan. Sebuah café harus mendahulukan kualitas dan pelayanan, serta desain tempat yang nyaman dan terbuka untuk semua kalangan.

Modal yang dibutuhkan untuk membuat sebuah café tidaklah banyak, anda dapat menyewa kios kecil baik di dalam lingkungan universitas atau di mal. Manfaatkan alat-alat yang dimiliki dan keahlian yang dipunyai. Anda pun dapat mengajak teman untuk bekerja sama sehingga modal yang dikeluarkan tidak banyak.

Selain menyediakan kopi, anda juga dapat membuka café yang menyediakan makanan kecil seperti kue atau roti hingga camilan kecil. Jika tidak dapat membuatnya, anda dapat bekerja sama dengan pembuat kue atau toko roti dan membuat kesepakatan dengan menjual makanan mereka di café anda.

Manfaatkan teknologi untuk pemasaran

Untuk menghemat biaya marketing, anda dapat menggunakan sosial media, baik dengan menggunakan Facebook atau Instagram. Anda pun dapat mencari ide kreatif melalui internet sehingga konsep bisnis akan selalu modern. Di setiap usaha, anda pasti akan menemui kesulitan, jangan langsung menyerah dan teruslah berusaha.

https://img.okezone.com//content/2017/05/12/320/1689895/peluang-usaha-menggiurkan-dengan-modal-kecil-NTfc5CLYLw.jpg



Sumber Artikel

Komentar

comments