Pemerintah klaim tak halangi bisnis minimarket

Bisnis

[ad_1]

JAKARTA. Rencana pemerintah untuk mengatur pembatasan bisnis minimarket (convenience store) dalam bentuk Peraturan Presiden (Perpres) akan segera direalisasikan. Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Darmin Nasution memastikan rencana tersebut tidak akan menghalangi perkembangan bisnis dan investas

“Langkah ini adalah bagian dari kebijakan pemerataan ekonomi,” kata Darmin saat ditemui di kantornya, Jumat (2/6) malam.

Ia menjelaskan kajian soal kebijakan tersebut diserahkan kepada Kementerian Perdagangan (Kemdag) dan sampai saat ini tengah berlangsung.

Terdapat tiga hal penting yang akan diatur. Pertama, terkait pembatasan rasio atau persentase kepemilikan gerai minimarket. Tujuan pembatasan ditujukan kepada monopoli kepemilikan dari satu grup korporasi atau beberapa investor saja dalam sebuah jaringan minimarket. Nantinya, kepemilikan gerai minimarket oleh grup usaha diatur melalui rasio atau persentase tertentu.

Hingga kini, angkanya sendiri masih dikaji pemerintah. Artinya, grup korporasi tetap bisa saja menambah gerai minimarketnya, asal rasionya tidak lebih dari yang ditetapkan oleh pemerintah.

“Rasionya jangan lagi berubah, artinya lebih membuka investor perorangan untuk ikut di dalam jaringan bisnis itu, lewat waralaba,” kata Darmin.

Mantan Gubernur BI ini berharap, peraturan yang akan terbit dalam bentuk Peraturan Presiden (Perpres) ini bisa melindungi keberadaan pasar tradisional, tanpa mengganggu iklim investasi.

“Kami mau membuat sesuatu yang lebih betul kok. Intinya, tidak menghalangi mereka menambah kepemilikan, tetapi rasionya jangan lagi berubah,” tuturnya.

Kedua, terkait zona minimarket juga akan diatur dalam Perpres tersebut. Darmin menjelaskan bahwa di era selanjutnya, minimarket tidak lagi merajalela di permukiman masyarakat, hingga mematikan usaha toko kelontong sekitar.

“Akan ada aturan juga, bahwa pasar modern, pasar minimarket nantinya dibolehkan di jalan tertentu, tidak masuk ke permukiman,” ujarnya.

Ketiga, terkait penggunaan merek produk dari minimarket itu sendiri. Aturan ini bertujuan memberikan kesempatan bagi produk UMKM, sehingga mampu berkompetisi dengan merek yang sudah mapan. Pemerintah akan menerapkan kebijakan setelah berkoordinasi dengan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dan Badan Standarisasi Nasional (BSN).

“Kita harus mempelajari juga aturan yang ada BPOM maupun di BSN karena kita ingin supaya UMKM kita tidak sulit memenuhi,” terang Darmin.

http://photo.kontan.co.id/photo/2016/08/25/337649159p.jpg

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Bagi Klien Yang Berposisi Di Luar Kota Serta Hendak Memperoleh Anjangsana Dari Kami Tentu Dikenakan Biaya Lawatan, Transport Dan Fasilitas, Dimana Biayanya Dijamin Sepenuhnya Oleh Konsumen.

mengapa jaga rumah pakai kontraktor bangunan lebih hemat & laba ini sporadis pun masih saja timbul walaupun pada pekerjaan dari anemer paling ahli sungguhpun. servis seo page one (jspo) merupakan sebuah industri servis seo patut dan terunggul di indonesia yang sungguh handal dan paling di percaya di dalam kondisi promosi …

Bisnis
Dengan Tampaknya Harga Konsultan Interior Rumah, Para Kontraktor, Perseroan Real Estate, Atau Lebih-lebih Bisa Jadi Perseorangan Bisa Menyebabkan Rumah Seperti Dengan Impian Dan Juga Budget.

servis konsultan interior paling baik dengan design kitchen set minimalis jakarta kami mampu memberikan harga termurah untuk harga kitchen set jakarta yang ter cepat, terpercaya serta jempolan. sehabis kalian menyebabkan ketentuan untuk mendandani bilik dapur rumah kalian, tahap pertama yang perlu kalian lakukan yakni mengambil buah pikiran berhubungan dapur kayak …

Bisnis
Itulah Apa Sebabnya Suatu Sofa Bilik Pengunjung Wajib Sebagai Sempurna Terintegrasikan (lebur) Pada Ruangan.

set kamar untuk anak terunggul yang di makna kamar patung kayu set minimalis hpl di sini merupakan segala deretan atau finisingnya kita sekalian mengenakan banjar maupun melekat hpl. di dalam produk ini kita menggunakan tumpukan hpl taco bagai finisingnya, supaya pun begitu saya dan teman-teman pun menyajikan finising menggunakan cat …