Pengertian Reksa Dana dan Berbagai Jenis Investasi Yang Ditawarkannya

Investasi

Duitkita.net – Kebutuhan hidup yang semakin membengkak jika tidak diimbangi dengan pengelolaan keuangan yang bagus mengakibatkan keuangan menjadi tidak stabil. Apalagi jika tidak ditunjang dengan pengelolaan keuangan seperti investasi yang kini sedang marak. Saat ini masyarakat sedang booming dengan pertanyaan terkait  pengertian Reksa Dana dan seputarnya.

Hal ini karena investasi jenis ini dapat menjadi salah satu alternative investasi yang paling gampang untuk dimiliki seluruh kalangan masyarakat. Sebenarnya banyak yang berminat untuk membeli bentuk investasi ini tetapi karena informasi yang kurang menjadikan mereka tidak kunjung untuk membelinya. Untuk itu, penting bagi anda menyimak informasi berikut.

 

Pengertian Reksa Dana Sebagai Investasi

Definisi bentuk investasi ini merupakan sebuah sarana yang dimanfaatkan untuk menghimpun sejumlah uang dari masyarakat untuk kemudian diinvestasikan dalam bentuk portofolio efek (baik obligasi, instrument pasar uang, saham maupun perpaduan diantara hal tersebut) oleh MI (Manajer Investasi).

Terdapat 3 hal dari penjelasan diatas diantaranya: terdapat uang yang bersumber dari masyarakat (investor/pemodal), sejumlah uang tersebut diinvestasikan dalam bentuk portfolio efek, dan sejumlah uang tersebut di-manage oleh pihak yang dipercaya untuk mengatur uang tersebut (dalam hal ini adalah Manajer Investasi).

Pengertian Reksa Dana Dalam Konteks Kemudahan Pembelian

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa cara pembelian investasi ini cukup mudah . Membeli investasi ini tidak seperti membeli saham yang memerlukan keahlian dan pengetahuan. Membeli investasi ini cukup mudah karena dapat dibeli melalui bank yang menjadi agen penjual, Unit-Link maupun secara langsung pada Manajer Investasi.

pengertian reksa dana

Umumnya produk yang ditawarkan investasi jenis ini lebih ramah di kantong dibanding membeli saham. Bayangkan saja dengan uang Rp 100 ribu hingga Rp250 ribu anda bisa membeli nominal terkecil dari investasi ini.

 

Pengertian Reksa Dana dari segi jenis-jenisnya

                Jenis-jenis investasi bentuk ini ada 5 diantaranya:

 

  1. Campuran

Investasi campuran adalah dimana anda melakukan investasi dalam efek hutang dan efek ekuitas dengan perbandingan yang tidak tergolong dalam kelompok reksadana saham dan pendapatan tetap. Secara teoritis risiko dan potensi hasil investasi campuran ini lebih besar dibanding pendapatan tetap dan lebih sedikit dibanding investasi saham.

 

  1. Saham

Investasi saham adalah ketika anda investasi paling tidak 80% dari portofolio yang diaturnya kedalam saham (efek yang bersifat ekuitas). Efek saham ini biasanya memberikan peluang hasil yang lebih bahkan paling fantastik lewat harga deviden dan saham yang semakin bertumbuh demikian halnya dengan resikonya.

 

  1. Pendapatan tetap

Investasi pendapatan tetap adalah dimana anda melakukan investasi paling tidak 80% dari portfolio yang diaturnya kedalam efek yang sifatnya hutang. Risiko investasinya yang lebih tinggi dibanding investasi pasar uang membuat nilai return jenis investasi ini lebih tinggi namun tetap lebih rendah dibanding jenis investasi saham atau campuran.

 

  1. Reksa dana index

Merupakan jenis investasi yang berisi mayoritas indeks tertentu (tidak semua, namun yang penting merefleksikan index tersebut) dan secara pasif dikelola yakni melaksanakan jual beli pada bursa kecuali ada redemption atau subscription baru. Oleh sebab itu, umumnya jenis investasi ini kerugian dan keuntungannya sejalan dengan indeks tersebut. Jika terdapat selisih, selisihnya hanyalah sedikit.

 

  1. Pasar uang

Pasar uang adalah dimana anda melakuka 100% investasi pada pasar uang takni efek hutang dengan jangka kurang dari 1 tahun. Investasi ini mempunyai risiko lebih rendah tetapi menghadirkan return yang terbatas.

 

Dari pengertian dan penjelasan diatas pastinya cukup memberikan gambaran kepada anda bukan tentang potensi investasi yang begitu mudah dibeli dan menguntungkan tersebut?

 

Investasi
Investasi Emas Melalui Komunitas, Bonus Silaturahmi

  TEMPO.CO, Bandung – Dua tahun lalu, Dewi Intan, 43 tahun, menerima ajakan sahabatnya, Santy Sriharyati, untuk mengikuti arisan emas. Niatnya sederhana: membayar uang masuk sekolah anak-anaknya. “Saya sudah ikut arisan emas yang kesembilan. Sekarang saya lebih ke menyimpan dana,” kata Intan ketika ditemui di Restoran Centropunto, Bandung. Intan menuturkan …

Investasi
Investasi Emas Kian Dilirik | Kaltim Post

[ad_1] PROKAL.CO, align=”left”>BALIKPAPAN –  Meningkatnya pemahaman masyarakat atas investasi emas, turut mendorong kinerja PT Pegadaian (Persero) Kanwil Balikpapan. Logam mulia ini pun menjadi salah satu fokus bisnis mereka tahun ini. Deputi Pemimpin PT Pegadaian Kanwil Balikpapan Firman Alghazali mengungkapkan, pihaknya akan berupaya meningkatkan saldo nasabah dalam produk Tabungan Emas. Berbeda …

Investasi
Terjang Inflasi dan Kokohkan Tabungan dengan Cara Ini : Okezone Ekonomi

[ad_1] INFLASI adalah suatu perubahan pada harga yang dipengaruhi oleh mekanisme pasar. Inflasi tidak akan mengurangi jumlah uang yang anda miliki, inflasi hanya akan memengaruhi nilai uang saja. Contohnya jika pada tahun 2005, uang Rp100 ribu mampu membeli 10 kg beras, pada tahun 2016, uang Rp100 ribu …