Penyertaan saham minoritas di bisnis modal ventura

Bisnis

[ad_1]

JAKARTA. Porsi penyertaan saham dan obligasi konversi masih minoritas di portofolio bisnis modal ventura. Kerjasama dengan berbagai pemangku kepentingan dibutuhkan agar lini bisnis ini bisa 
meningkat.

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) per bulan Juni 2017, angka pembiayaan dan penyertaan industri modal ventura tercatat sebesar Rp 7,3 triliun. Dari jumlah tersebut, porsi dari penyertaan saham sebesar Rp 1,17 
triliun. Sedangkan untuk obligasi konversi sebesar Rp 575 miliar.

Pembiayaan bagi hasil masih jadi kontributor terbesar secara nasional, yakni mencapai Rp 5,56 triliun sampai tengah tahun ini.
Ketua Asosiasi Modal Ventura dan Startup Indonesia (Amvesindo) Jefri Sirait menyebut untuk membuat penyertaan saham dan obligasi konversi ini makin meningkat, maka dibutuhkan sinergi yang lebih kuat dari stake holder.

“Ini menjadi tantangan bersama instansi lain termasuk pemerintah,” kata dia.

Menurut Jefri, ada beberapa poin yang dinilai bisa memacu bisnis modal ventura maupun dari sisi usaha kecil dan menengah (UKM) yang selama ini diincar untuk menjadi pasangan usaha. Contohnya dengan insentif pajak yang bisa didapat.

Direktur Utama PT Mandiri Capital Indonesia (MCI) Eddi Danusaputro menilai porsi penyertaan saham masih minoritas di bisnis modal ventura karena tidak semua startup cocok skema itu. Di sisi lain, bisnis industri modal ventura terus menunjukan perbaikan setelah sempat loyo di awal tahun ini.

Hal ini diantaranya terlihat dari sisi aset maupun angka pembiayaan yang terus membaik hingga tengah tahun 2017. Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan, per bulan Juni 2017, industri modal ventura mengantongi aset sebesar Rp 10,66 miliar.

Aset sampai enam bulan pertama tahun ini memang masih lebih rendah ketimbang posisi di akhir 2016 yang menyentuh Rp 11,28 triliun. Namun bila dilihat, bisnis dari modal ventura sudah menunjukan geliat sejak memasuki kuartal II 2017.

Mengawali tahun 2017, industri modal ventura mengalami penurunan aset dan di kuartal pertama 2017 menyentuh Rp 9,51 triliun. Perlahan, aset modal ventura kembali meningkat berlanjut hingga tengah tahun ini.

Kondisi serupa terjadi pada pembiayaan dan penyertaan modal ventura. Sempat turun dari posisi akhir tahun lalu yang sebesar Rp 8,15 triliun menjadi Rp 6,21 triliun hingga Maret 2017. Lalu mulai meningkat lagi hingga menyentuh Rp 7,3 triliun per bulan Juni 2017.

Kondisi ekonomi yang cukup menantang di awal tahun ini disebut sebagai salah satu faktor yang tak bisa dielakkan. “Kondisi ekonomi perlahan mulai menunjukan perbaikan,” kata Jefri.

Melihat tren positif di periode pertengahan tahun, ia berharap kondisi ekonomi bisa terus meningkat. Dus, kinerja dari modal ventura juga diharapkan bisa ikut terkerek.
 

http://photo.kontan.co.id/photo/2015/11/27/975909208p.jpg

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Minta Ampun Bakal Ketika Ini Webkonseling Hanya Menyediakan Layanan Dialog Melewati Email.

bakal itu diperlukan pemberian supaya daya kegiatan yang tampak bisa lebih terlalu banyak dan juga sepertinya lebih pakar di sendiri-sendiri bagian serta meninggikan kapasitas yang ada. jadi konsultan psikolog jakarta pada kesimpulannya saya memutuskan buat mendaratkan ke psikolog akibat saya mau bersemayam di situ serta saya bisa melangsungkannya, dengan cara …

Bisnis
jasa belanja ebay, amazone dan lain-lain (hemat dan terpercaya)

jasa belanja ebay-terlihat sebelah perkara apa sebabnya orang atau industri tidak dapat membeli lagi perkakas dari luar negeri. shopher diharuskan memilah 1 saham untuk dapat menyandang produk yang terdapat di website ebay. yaiu, sdm indonesia yang betul-betul menduduki prosedur e-commerce ini selaku ensiklopedis. selain itu kamu pula bakal meraih pertanda …

Bisnis
Jasa Pembelian Barang Di Ebay

Cara Belanja di eBay sebenarnya sangat mudah, cocok sekali bagi anda yang sibuk dan lebih suka berbelanja secara online. Pembayaran di amazon biasanya melalui kartu kredit, kupon diskon atau kartu pembayaran amazon yg bisa dibeli sebelum berbelanja…proses pembayaran seperti biasanya toko online, hanya memasukkan data pembayaran mis kartu kredit atau …