Perhatikan 6 Hal Berikut Sebelum Memulai Usaha

Bisnis

[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta – Apakah Anda mempunyai keinginan untuk membuka usaha sendiri? Saat ini banyak karyawan yang keluar dari pekerjaannya dan memulai bisnis sendiri. Namun untuk membangun bisnis dari nol bukanlah hal yang mudah.

Banyak tantangan yang bakal menghadang di depan, termasuk ketika Anda akan merilis bisnis baru Anda. Launching usaha ini bisa menjadi patokan kesuksesan bisnis Anda mendatang.

Berikut adalah hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum memulai usaha seperti dikutip dari Laruno:

1. Kenali produk dan pasar

Sebelum Anda memulai bisnis di bidang apa pun, penting untuk melakukan kajian terhadap pasar, pesaing Anda, dan bagaimana mereka meluncurkan bisnis mereka.

Apakah nilai jual produk Anda kompetitif? Kapan waktu terbaik mengenalkan bisnis baru Anda? Siapa pelanggan Anda? Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat menentukan arah bisnis Anda ke depan.

2. Business Plan

Sebelum memulai bisnis Anda, strategi dan perencanaan haru mulai disusun. Hanya ketika Anda memiliki rencana yang solid, Anda bisa menjalankan bisnis Anda. Karena, perencanaan meminimalkan kesalahan di masa datang.

Tetapi ingat, rencana terbaik juga dapat berubah tergantung pada kondisi. Jadilah fleksibel dan beradaptasi dengan perubahan.

3. Pemilihan Lokasi yang Tepat

Salah satu hal yang paling penting dalam memulai usaha. Kita pasti tidak ingin usaha yang kita jalankan sepi pengunjung. Oleh karena itu carilah posisi yang sesuai atau tempat di mana para target dari usaha Anda berkumpul.

Contohnya, toko fotokopi yang diletakkan di samping kampus, karena bahan kuliah mahasiswa yang biasanya dibagikan hanya satu bahan kemudian difotokopikan untuk semuanya.

Simak video menarik di bawah ini:

Mitra Bisnis

4. Pemilihan Mitra Bisnis yang Tepat

Partner bisnis yang baik dapat membawa usaha Anda ke arah yang lebih baik lagi. Mitra tersebut boleh dari keluarga maupun saudara, yang terpenting ialah kejujuran. Bila perlu persiapkan kontrak dengan mereka.

5. Jadilah unik

Bagi siapa saja yang ingin memulai bisnis baru, sangat penting untuk menjadi diri sendiri. Sebuah bisnis yang unik, memiliki kesempatan yang lebih besar untuk berhasil. Apakah produk Anda memiliki cerita tersendiri? Apakah produk Anda adalah hasil kreasi Anda sendiri atau karena permintaan pasar?

6. Strategi pemasaran

Orang tidak membeli apa yang mereka tidak tahu. Pasarkan produk Anda dengan seefisien mungkin. Pemasaran melalui media sosial atau dari mulut ke mulut adalah cara efektif dan terkadang lebih sukses. Bisa juga sesekali bermitra dengan sebuah kegiatan sebagai media promo.

Mau baca tips bisnis dan karier lainnya dari Tung Desem Waringin? Silakan Klik www.laruno.com

http://cdn0-a.production.liputan6.static6.com/medias/756042/big/038259300_1414215043-download.jpg

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Kredit Wuling Jogja Termurah dan Banyak Bonus

Menggabungkan kelas pelatihan penjualan otomotif ini gratis untuk kredit wuling jogja mempromosikan profesionalisme melalui pendidikan. Pearson Toyota ingin membantu Anda untuk mendapatkan penawaran terbaik pembiayaan dan sewa mobil tersedia. Selain itu, mobil sewa kami serta kendaraan bekas lain termasuk perusahaan sertifikat, 12/12 terbatas Powertrain garansi dan 12-bulan Unlimited Roadside Assistance …

Bisnis
Harga Cetak Kalender 2018 Termurah

harga cetak kalender 2018 ialah peranti penjualan yang luar biasa serta ekonomis, serta aturan sempurna buat membenarkan kalau merk kamu konsisten di depan klien kamu sepanjang tahun. tiap laman bulanan didesain buat pencetakan pada kertas skala warkat, tolak ukur. memakai percetakan ekonomis almanak buat bidang usaha almanak membikin amplop besar …

Bisnis
Gabung Grab, Jangkauan Bisnis Kudo Bakal Menggurita

[ad_1] Jakarta, CNN Indonesia — Setelah akuisisi oleh Grab rampung, Kudo menyebut skala bisnisnya berkembang pesat. Peran pengemudi Grab yang begitu banyak jadi salah satu alasan jangkauan Kudo lebih ‘menggurita’. CEO Kudo Albert Lucius menggambarkan perbedaan segmen pasar dengan Grab memperluas cengkeraman Kudo. Grab yang lebih terpusat di kota-kota primer …