Perluas Bisnis Kopi Fine Robusta, Pemprov Lampung Undang Buyer dari Malaysia Hingga Brunei Darussalam

Bisnis

[ad_1]

Perluas Bisnis Kopi Fine, Pemprov Lampung Undang Buyer dari Malaysia Hingga Brunei Darussalam 1
Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Sutono, membuka Coffee Business Meeting di Pavillion Resto and Cafe, Bandar Lampung, Rabu (2/8/2017). Foto : ist

Kupastuntas.co, Bandar Lampung – Pemerintah Provinsi Lampung membuka peluang bisnis kopi fine robusta ke negeri jiran Malaysia dan Brunei Darussalam.

“Kalau tidak diperkenalkan dan ditawarkan tentu konsumen tidak tahu kenikmatan fine robusta. Untuk itu kita mengundang buyer dari Brunei Darussalam dan Malaysia,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Sutono, saat membuka Coffee Business Meeting di Pavillion Resto and Cafe, Bandar Lampung, Rabu (2/8/2017).

Menurut Sutono, Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo mendukung upaya peningkatan komoditas kopi Lampung termasuk pengembangan kopi robusta menjadi fine robusta. Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan membuat berbagai program terhadap petani kopi dengan harapan mampu membawa keberkahan bagi masyarakat khususnya petani kopi Lampung.

“Bisnis kopi ini sangat menjanjikan. Petani harus diberitahu keunggulan produksi fine robusta dengan kualitas yang special. Pak Gubernur Lampung juga sangat mengapresiasi keterlibatan kedai-kedai kopi dalam menyukseskan acara ini. Sejatinya mereka adalah garda terdepan dalam mempromosikan Fine Robusta kepada para penikmat kopi,” ujar Sekdaprov.

Gubernur mengingatkan peran barista yang menjadi bagian sentral promosi dalam pemberian edukasi dalam menyeduh fine robusta. Salah satunya melalui Program Lampung Sertifikat. Sutono menjelaskan ke depan akan semakin banyak banyak tantangan yang muncul.

Dia berharap petani kopi di Lampung mampu memproduksi kopi berkualitas tinggi. Untuk itu diharapkan kelembagaan petani kopi semakin kuat, petani mampu mendapatkan peremajaan bibit yang baik untuk menghasilkan produk kopi terbaik, mengembangkan inovasi baru, pengolahan, dan pemasaran kopi.

Acara ini menurut Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan, Dessy Desmaniar Romas, digelar dua hari mulai dari 2-3 Agustus 2017 dalam bentuk diskusi, demo barista kopi robusta, dan pameran kopi fine robusta yang berasal dari berbagai daerah Lampung.

“Ini upaya dalam meningkatkan mutu kopi robusta menuju fine robusta serta ajang promosi kopi yang dikemas secara kreatif, inovatif, dan edukatif dengan menjalin sinergitas antara petani, pemerintah dan pelaku bisnis kopi. Selain itu mempertemukan buyer potensial dengan seller, sehingga petani menerima harga yang layak,” jelas Dessy.

Pada bagian lain quality grader robusta, Karjo Matajat, menjelaskan proses produksi kopi robusta menjadi fine robusta tidak mudah dan banyak tantangan. Terutama mengedukasi petani tentang cara bertanam kopi yang baik.

Mulai dari cara penanaman hingga panen dengan memetik biji kopi yang merah dan mulus, serta proses penyortiran yang perlu kedetailan.

“Tantangannya bagaimana kita mampu menghasilkan cita rasa robusta yang nikmat, muncul karakter coklat, kacang-kacangan, dan tidak terlalu strong atau pahit. Karena cepat atau lambat fine robusta akan memberikan tempat tersendiri bagi penikmat kopi,” kata Karjo.

Sedangkan barista berprestasi Muhammad Aga menjelaskan varian robusta grade specialty atau di kalangan penikmat kopi dikenal dengan fine robusta menyuguhkan cita rasa istimewa yang tak kalah dengan jenis kopi lain.

“Ini kopi istimewa lantaran berani memberikan rasa berbeda dari cita rasa Robusta yang selama ini dikenal yakni pahit, dan variasi rasa yang sedikit jika dibandingkan dengan arabika. Maka, tak heran robusta banyak digunakan sebagai blend dan dominan diserap di industri kopi kemasan,” kata Aga. (*)

https://i0.wp.com/kupastuntas.co/files/kota-bandar-lampung/2017-08/perluas-bisnis-kopi-fine-pemprov-lampung-undang-buyer-dari-malaysia-hingga-brunei-darussalam-01.jpg?fit=960%2C540&ssl=1

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Bagi Klien Yang Berposisi Di Luar Kota Serta Hendak Memperoleh Anjangsana Dari Kami Tentu Dikenakan Biaya Lawatan, Transport Dan Fasilitas, Dimana Biayanya Dijamin Sepenuhnya Oleh Konsumen.

mengapa jaga rumah pakai kontraktor bangunan lebih hemat & laba ini sporadis pun masih saja timbul walaupun pada pekerjaan dari anemer paling ahli sungguhpun. servis seo page one (jspo) merupakan sebuah industri servis seo patut dan terunggul di indonesia yang sungguh handal dan paling di percaya di dalam kondisi promosi …

Bisnis
Dengan Tampaknya Harga Konsultan Interior Rumah, Para Kontraktor, Perseroan Real Estate, Atau Lebih-lebih Bisa Jadi Perseorangan Bisa Menyebabkan Rumah Seperti Dengan Impian Dan Juga Budget.

servis konsultan interior paling baik dengan design kitchen set minimalis jakarta kami mampu memberikan harga termurah untuk harga kitchen set jakarta yang ter cepat, terpercaya serta jempolan. sehabis kalian menyebabkan ketentuan untuk mendandani bilik dapur rumah kalian, tahap pertama yang perlu kalian lakukan yakni mengambil buah pikiran berhubungan dapur kayak …

Bisnis
Itulah Apa Sebabnya Suatu Sofa Bilik Pengunjung Wajib Sebagai Sempurna Terintegrasikan (lebur) Pada Ruangan.

set kamar untuk anak terunggul yang di makna kamar patung kayu set minimalis hpl di sini merupakan segala deretan atau finisingnya kita sekalian mengenakan banjar maupun melekat hpl. di dalam produk ini kita menggunakan tumpukan hpl taco bagai finisingnya, supaya pun begitu saya dan teman-teman pun menyajikan finising menggunakan cat …