Permudah Negosiasi Bisnis dengan 6 Trik Ini : Okezone Ekonomi


TEKNIK negosiasi yang baik erat kaitannya dengan keberhasilan sebuah bisnis. Tidak bisa dipungkiri, dalam menjalankan bisnis, seorang pengusaha dituntut untuk memiliki kemampuan dalam negosiasi dengan cara dan hasil yang baik. Layaknya seorang pedagang, untung dan rugi perusahaan akan sangat bergantung dari bagaimana kita melakukan negosiasi dengan klien ataupun partner bisnis.

Kunci negosiasi adalah paham tentang detail bisnis ataupun produk yang akan dinegosiasikan dan paham siapa yang akan dihadapi dalam negosiasi bisnis. Jika ini sudah Anda pahami, akan mudah mendapatkan hasil dari negosiasi yang akan dilakukan.

Berikut ini adalah enam cara negosiasi yang bisa dengan mudah Anda praktikan untuk mulai meningkatkan value dari bisnis yang sedang dikembangkan. Jika bisa dilakukan secara berurutan akan lebih baik lagi.

1. Lakukan 3 S: Senyum, Salam, Sapa

Salah satu yang paling mudah bagaimana efek senyum, salam, dan sapa begitu efektif adalah manakala sedang masuk ke bank, di mana customer service akan memberikan senyuman terbaiknya kepada pelanggan meskipun tidak saling mengenal satu sama lain. Hal ini akan berdampak pada kenyamanan pelanggan sehingga akan mudah untuk memulai pembicaraan. Hal yang sama juga terjadi saat membicarakan bisnis. Dengan senyum, salam, dan sapa, akan membuat lawan bicara Anda tertarik.

2. Menerangkan dengan Lengkap

Memiliki bisnis maka harus tahu setiap detail dari bisnis yang dijalankan. Kenapa hal ini penting? Sebab calon customer yang belum mengenal perusahaan dan produk kita tentu akan menanyakan banyak hal terkait dengan apa yang akan mereka beli. Tentunya dengan memberikan jawaban yang lengkap, lugas, dan mendetail, calon customer akan puas dan besar kemungkinan akan berlanjut ke action untuk melakukan pembelian.

3. Pelajari Sifat Konsumen

Setiap konsumen memiliki karakter yang berbeda-beda. Karena itu, penting bagi kita untuk bisa memosisikan diri menyesuaikan dengan karakter atau watak setiap konsumen. Agar bisa melakukan negosiasi dengan baik, Anda perlu menyesuaikan kemauan konsumen dan wajib mengerti bagaimana cara menghadapi calon konsumen yang cenderung aktif atau menghadapi konsumen yang pasif.

4. Unggulkan Produk Anda

Satu poin penting yang bisa dilakukan saat sedang melakukan negosiasi adalah menyampaikan keunggulan dari produk yang dimiliki. Anda bisa memberikan penjelasan beberapa keunggulan produk Anda daripada kompetitor, baik dari segi kualitas atau pelayanan.

Namun, perlu diperhatikan bahwa jika dalam menyampaikan keunggulan produk, jangan sampai Anda menjelekkan produk dari perusahaan lain. Mengomentari produk perusahaan lain bukanlah sikap terpuji. Namun, menyampaikan keunggulan produk kita merupakan strategi dalam negosiasi yang tepat.

5. Dengarkan Saran

Negosiasi tidak hanya melulu menawarkan produk yang dimiliki dan menyampaikan keunggulan dari produk Anda. Ada kalanya saat calon konsumen melihat kelemahan atau kekurangan dari produk tersebut, maka Anda perlu menjadi pendengar yang baik, tentunya kritik yang membangun akan membantu bisnis menuju ke arah yang lebih baik.

Jangan terlalu menutup diri dengan menjadi pribadi yang sensitif atas kritik yang dilakukan calon konsumen. Seringkali mereka lebih paham akan produk kita dilihat dari kebutuhan mereka. Terlebih lagi, biasanya konsumen akan membandingkan sebuah produk dengan produk lainnya untuk mendapatkan yang terbaik.

6. Tawar Menawar Itu Wajar

Dalam berbisnis, tawar-menawar adalah sesuatu yang wajar dan bisa terjadi setiap saat. Tawar menawar harga biasanya dilakukan jika memang dari perhitungan rincian yang kita berikan perlu dilakukan perbaikan. Akan tetapi, hati-hati saat tawar menawar, jangan sampai harga yang dinegosiasikan tidak masuk range omzet kita. Jelaskan secara rinci, mengapa sampai terjadi harga segitu yang kita tawarkan.

https://img.okezone.com//content/2017/08/03/320/1749220/permudah-negosiasi-bisnis-dengan-6-trik-ini-WBJScdH9as.jpg



Sumber Artikel

Komentar

comments