Pilih Berkecimpung di Dunia Bisnis


PROKAL.CO, Tak semua orang setelah lulus dari perguruan tinggi, menempuh karir dengan bekerja disuatu lembaga maupun instasi pemerintahan. Namun ada juga yang lebih memilih untuk menjadi pengusaha. Seperti Bahru Zaman, warga Kampung Talisayan, Kecamatan Talisayan.

 

ARJUNA MAWARDI, Talisayan

 

SETELAH lulus menempu pendidikan di fakultas Ilmu Pemerintahan Fisip Universitas Mulawarman (Unmul) Tahun 2014 silam, Bahru Zaman atau yang karip disapa Maman memutuskan untuk membuka berbisnis. Maman memilih jalan itu karena sejak kecil dirinya sudah dikenalkan dengan dunia bisnis oleh ayah dan neneknya.

“Saya sudah mengenal dunia bisnis sejak lama. Dari situlah saya tertarik untuk mencobannya,” ucap Maman kepada Berau Post, Senin (8/5).

Diceritakannya, dirinya sudah mulai mencoba bisnis sejak dirinya duduk dibangku kelas empat sekolah dasar (SD) beberapa tahun silam. Saat itu, Maman menjual permen yang terbuat dari air kelapa.

Dunia bisnis pun sudah dia terapkan langsung saat menempuh pendidikan di Fakultas Fisip Universitas Mulawarman, Samarinda, dirinya juga mencari penghasilan sendiri dengan berjualan parfu, juga makanan secara online.

“Alhamdulillah, dari usaha-usaha yang pernah dilakoni, saya mampu meraup keuntungan yang lumayan. Meskipun saya dilahirkan dalam keluarga mampu. Tapi, bukan berarti saya tidak pernah rugi. Bahkan, saya pernah kena tipu puluhan juta,” ujarnya menceritakan pengalamannya dalam berbisnis.

Hal lain yang membuat dirinya lebih memilih berbisnis, karena kata dia, bisnis dapat mengembangkan bakat apa yang ada didalam diri, mampu berekspresi, bebas menciptakan hal-hal di dalam imajinasi berupa karya, serta menyalurkan hobi. Dari pemikiran itu lah, dirinya mencoba mengkaloborasikan antara bisnis dan seni dalah usaha yang dilakoninya sekarang.

“Jadi, lokasi café saya memilih pinggiran pantai, dengan konsep klasik dan mengkaloborasikan pencahayaan di sekitarnya. Sembari menikmati udara pantai, konsep yang dipilih dapat memberikan nuansa kenyamanan bagi pengunjung/konsumen,” terangnya.

Sebelum menjalankan bisnis, Maman mengaku sempat mendapat tawaran bekerja di salah satu instansi pemerintahan. Bukan menolak, hanya saja dirinya lebih memilih bisnis untuk mencari jati dirinya. Sebab dirinya menganggap, seseorang dengan lulusan pemerintahan, tidak harus bekerja di pemerintahan juga.

Ketimbang di pemerintahan, dirinya lebih memilih untuk aktif di suatu lembaga maupun organisasi kepemudaan.  “Ya itulah beberapa alasan saya memilih bisnis, sambil menyalurkan ilmu yang saya dapatkan dengan mengikuti berbagai macam organisasi maupun kelembagaan. Sedangkan, visi dan misi saya kedepannya, mampu membuka lapangan pekerjaan,” pungkasnya. (sam)

http://images1.prokal.co/webberau/files/berita/2017/05/09/pilih-berkecimpung-di-dunia-bisnis.jpeg



Sumber Artikel

Komentar

comments