Pilih Menginvestasikan Emas Batangan Ataukah Koin Emas?

Emas Batangan
investasi emas

Investasi emas batangan memang salah satu investasi yang sangat menguntungkan bagi anda jika dibandingkan dengan investasi yang lainnya. Jadi jika anda ingin menginvestasikan logam mulia anda, anda tidak perlu khawatir lagi. Janganlah anda menaruh uang anda, hanya dalam satu investasi saja. Sebab bisa jadi pasar bias anjlok.

Selain perhiasan, banyak orang yang membeli dan juga mencari emas batangan karena keunikan yang dimilikinya. Mulai dari ketahanannya yang mampu bertahan lama,  keindahan yang dimilikinya, kelangkaan dan juga dapat anda gunakan sebagai alat tukar bila anda membutuhkannya.

Yang menjadi pendorong seseorang berinvestasi logam mulia ini tentunya bukan dari berapa jumlah dana yang telah anda miliki, melainkan sejak kapan anda mulai berinvestasi. Semakin cepat investasi logam mulia ini, maka akan semakin baik.

Emas Batangan

Alasan memilih investasi emas batangan bila dibandingkan yang lain

Harga emas itu sendiri memang akan semakin naik dari waktu ke waktu dalam jangka waktu yang lebih lama. Suatu cara terbaik dalam berinvestasi emas yang mungkin bisa anda contoh yaitu belilah logam mulia ini setiap bulannya tanpa harus melihat harga saat itu. Sejak dahulu memang sudah banyak yang memilih untuk investasi emas bila dibandingkan investasi yang lainnya.

Namun dulu orang hanya menginvestasikan logam mulia dalam bentuk perhiasan seperti halnya cincin, gelang dan juga kalung. Kini investasi pun sudah berkembang, sebab sudah muncul yang namanya investasi emas dalam bentuk batangan atau bahkan investasi yang berupa. Setiap logam mulia memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing apabila kita investasikan.

Kelebihan dan kekurangan yang dimiliki jika investasi emas batangan maupun koin

Nah, disini saya akan membahas tentang apa saja kelebihan dan juga kekurangan yang dimiliki oleh logam mulia berbentuk batangan maupun koin. Jikalau kita investasikan. Semuanya tentu ada kelebihannya masing-masing. Inilah beberapa kelebihan yang dimiliki jika kita investasikan logam mulia bentuk koin.

  • Koin memiliki kadar 22 karat sehingga lebih tinggi bila kita bandingkan dengan logam mulia berbentuk Sehingga jikalau koin ini terbentur atau jatuh tentu tidak akan lecet sehingga tidak akan mengurangi harga jualnya nanti.
  • Koin ini mudah untuk kita perjual belikan karena memiliki satuan tunggal, berbeda dengan yang batangan karena tidak bisa dipecahkan.
  • Selisih harganya bila kita jual, hanya sekitar 4 persen dari saat kita beli koin tersebut.
  • Apabila kita gadaikan pada bank syariah, maka nilainya bisa mencapai 90 persen dari nilai taksirnya.
  • Agen dinar pun juga memiliki kewajiban untuk membeli koin tersebut jikalau ada yang menjualnya.

 

Namun disamping kelebihan yang dimiliki koin ini untuk di investasikan. Tentu koin ini juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu:

  • Karena koin ini sudah masuk kedalam kategori perhiasan, maka akan dikenai pajak ppn senilai 10 persen.
  • Namun logam mulia dalam bentuk koin ini memang kurang begitu popular. Sehingga jika anda menjualnya, kalau ada yang beli mungkin akan dibeli dengan harga yang lebih murah.
  • Mungkin anda akan sulit menemuinya di toko emas, karena hanya dijual di tempat tertentu saja.

 

Nah berbeda lagi dengan yang namanya emas batangan. Kenapa demikian? Sebab banyak yang lebih memilih untuk investasi dalam bentuk batangan. Inilah beberapa kelebihan yang dimiliki dalam bentuk batangan jika anda menginvestasikannya. Di antaranya:

  • Lebih mudah laku karena memiliki kadar 24 karat seperti kadar pada umumnya.
  • Logam muliapun tersedia dalam berbagai ukuran berat. Mulai dari 1 gram bahkan hingga 1 kilogram juga.
  • Logam mulia ini pun juga lebih dikenal di kalangan masyarakatnya. Otomatis akan mudah kita menjualnya.
  • Logam mulia dalam bentuk ini juga tidak dikenai pajak ppn 10 persen.
  • Untuk batangan ini dengan berat 1 kilogram ini tidak dikenai biaya cetaknya.

 

Namun di samping itu, ternyata logam mulia ini juga ada beberapa kekurangan. Nah, kekurangannya antara lain:

  • Tidak ada ketentuan selisih antara harga jual dan belinya. Tentunya toko emas bisa menentukan harga belinya kepada masyarakat yang menjualnya.
  • Untuk harga jualnya cetakan lama akan lebih murah bila dibandingkan dengan yang dalam bentuk batangan yang cetakan baru.
  • Dalam komponen penjualannya, biaya cetaknya tidak akan dihitung.
  • Saat anda ingin menjual logam mulia ini dalam bentuk batangan, anda tidak bisa memecah ukuran emas tersebut.

Itulah beberapa perbedaan antara investasi emas batangan ataupun investasi koin. Sebab dalam keduanya memang memiliki kelebihan dan juga kekurangan masing-masing. Namun perlu anda tahu, bahwa harga logam mulia ini semakin lama memang semakin meningkat. Keduanya inipun juga termasuk investasi yang terbilang aman untuk anda lakukan.

Investasi
Cara Investasi Emas Di Pegadaian

Duitkita.net – Tabungan jangka panjang memang menguntungkan kita semua. Banyak barang yang bisa kita tabunkan.Misalkan saja logam mulia,surat motor,rumah ,saham atau bahkan yang lainnya. Namun kini logam mulia dinilai sebagai tabungan yang paling menguntungkan bila kita bandingkan dengan yang lainnya. Sebenarnya banyak sekali orang yang ingin menyimpan logam mulia ini, …

Investasi
Cara Investasi Emas Antam Menguntungkan Bagi Anda Pemula

Duitkita.net – Investasi emas antam merupakan salah satu jenis tabungan jangka panjang yang sering dijadikan pilihan banyak orang. Sebab tabungan jangka panjang ini dapat memberikan keuntungan di masa mendatang. Jika memiliki dana yang belum terpakai dalam waktu dekat maka pilihan tabungan berupa logam mulia ini sangatlah tepat. Bagi Anda yang …

Investasi
Teknik-Teknik Dalam Investasi Emas Batangan

Duitkita.net – Keuangan adalah hal penting dalam hidup yang harus diperhatikan sebai-baiknya, bukan untuk saat ini saja melainkan untuk masa depan. Pengelolaan keuangan tidaklah mudah, anda harus melakukan bebepa hal untuk bisa mengatur keuangan anda agar bisa berguna dimasa depan. Investasi emas batangan bisa menjadi salah satu cara anda mengatur …