Presdir Astra International, Prijono Sugiarto: Inovasi Harga Mati Agar Bisnis Melaju


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Tidak ada bisnis mampu bertahan lama tanpa melakukan inovasi. Inovasi adalah kunci utama agar bisnis dapat terus berkembang secara berkelanjutan dan mendapatkan pangsa pasar baru. Inovasi tak sekadar ide, melainkan perpaduan antara kreativitas dan aksi.

“Saat ini, seluruh perusahaan dituntut untuk terus berinovasi. Mereka yang menolak untuk berinovasi, pada akhirnya akan bubar. Tanpa inovasi yang baik, sebuah perusahaan tidak akan selamanya berada di atas. Inovasi adalah harga mati yang tidak bisa ditawar. Kalau tidak, kita akan hilang dan hanya tinggal nama,” kata Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto saat membuka InnovNation, baru-baru ini.

Dia menunjuk contoh daftar perusahaan dalam Fortune 500 tahun 1955. “Setelah 60 tahun kemudian, yaitu tahun 2014 hanya tinggal 61 perusahaan atau 12,2%,” ungkapnya.

Prijono menambahkan, sebagai perusahaan yang baru saja merayakan HUT ke-60 pada Februari 2017, Astra sejak lama menyadari pencapaian kinerja perusahaan yang baik tidak lepas dari inovasi yang dilakukan secara berkelanjutan.

Karena itu, dalam hal inovasi, Astra sejak tahun 1980 telah melaksanakan sebuah kompetisi inovasi, yakni InnovAstra, sebagai wujud apresiasi bagi para inovator di Grup Astra.

Memasuki tahun pelaksanaan ke-33, InnovAstra tahun ini mengambil tema “Building Up Our Natural Capabilities”.

Seiring dengan perayaan HUT ke-60 Astra, pelaksanaan InnovAstra pada tahun ini untuk pertama kalinya juga dimeriahkan dengan seminar InnovNation.

Seminar InnovNation ini bertujuan berbagi pengetahuan dan best practice yang telah dilakukan Grup Astra kepada masyarakat secara luas, seperti akademisi, pelaku bisnis dan komunitas tentang bagaimana cara mengembangkan kompetensi untuk menjadikan perusahaan unggul serta memiliki kualitas kelas dunia.

Rabu pekan lalu, Astra menggelar seminar InnovNation, mengangkat berbagai jenis inovasi inspiratif yang telah dilakukan Astra di berbagai bidang. Yakni, inovasi brand, layanan, customer engagement, network, struktur serta process innovation.

Strategi enam inovasi tersebut diceritakan oleh 6 narasumber, yakni Wakil Presiden Direktur PT Astra Honda Motor (AHM) Johannes Loman (tentang inovasi brand), Presiden Direktur PT Marga Mandala Sakti (MMS) Wiwiek D. Santoso (inovasi layanan) dan Chief Executive PT Astra International Tbk-Toyota Sales Operation Agus Prajitno mengenai inovasi customer engagement.

http://cdn2.tstatic.net/tribunnews/foto/bank/images/prijono-sugiarto_20170319_200218.jpg



Sumber Artikel

Komentar

comments