Pria Ini Bisnis Pernak-pernik Motif Anjing Beromzet Rp 150 Juta/Bulan

Bisnis

[ad_1]

Jakarta – Berawal dari kesedihan karena tak lagi bisa memelihara anjing, Mohammad Halilintar Radjawali atau akrab disapa Jenggo (45) kini menjalankan bisnis pernak-pernik berdesain anjing. Lewat usaha berlabel MyDog, Jenggo memasarkan produknya, mulai dari kaos (t-shirt), mug, tas, topi, aksesoris, kotak tissue, hingga magnet kulkas.

Selain dijual secara umum, Jenggo juga memasarkan produknya ke para pencinta anjing.

“Ini awalnya sentimentil. Awalnya saya enggak boleh pelihara anjing lagi sama mertua. Di tahun 2010, itu momen life begin at 40. Saya bingung cari bisnis apa. Ketika perpisahan sama anjing, ketika melihat wajah anjingnya, saya melihat ini adalah bisnis. Bisnis yang ternyata wajah anjing itu populer sekali tapi enggak ada royaltinya,” kata Jenggo kepada detikFinance saat dihubungi di Jakarta, Kamis (28/4/2017).

Peluang usaha pernak-pernik berdesain anjingPeluang usaha pernak-pernik berdesain anjing Foto: Dok. MyDog

Di awal merintis bisnis, Jenggo fokus menambah variasi produk yang lebih banyak lagi agar bisa mengikuti pameran, sehingga produknya bisa dikenal luas. Namun, dia sempat kesulitan karena harus mengurus semuanya sendiri di tiga tahun pertama.

“Tiga tahun pertama itu sulit, menjalin chemistry dengan produksi, membuat sistem produksi supaya quality control bagus. Untuk membuat barang yang sesuai dengan kita inginkan itu susah cari orangnya. Terus juga membuat cashflow yang bagus di tiga tahun pertama berat sekali, karena saya harus jalanin semua sendiri,” ungkap dia.

Kerja keras di tiga tahun pertama itu membuahkan hasil. Jenggo sukses memasarkan produknya ke berbagai daerah di Indonesia. Tak kurang dari 15 jenis produk berdesain anjing telah ia ciptakan.

Peluang usaha pernak-pernik berdesain anjingPeluang usaha pernak-pernik berdesain anjing Foto: Dok. MyDog

Tidak hanya pada kaos dan patung anjing sebagai hiasan lemari atau dinding tapi juga berbagai aksesoris yang siap pakai untuk kegiatan sehari-hari, beragam tas, topi yang memiliki dua daun telinga layaknya seekor anjing serta pernak-pernik lain yang dikemas dengan label MyDog.

“Waktu itu saya mulai dengan bikin t-shirt dulu. Modal awal saya Rp 15 juta, dapat 15 artikel. Dari situ, berputar terus. Saya datang ke komunitas-komunitas, dan lama-lama jadi banyak sendiri karena apa yang saya bikin terserap di marketnya,” tuturnya.

Dengan modal awal Rp 15 juta, kini Jenggo bisa meraup omzet lebih dari Rp 100 juta setiap bulan.

“Kalau sekarang (omzet) sudah Rp 150 juta sebulan, dengan borongan saya 1.200 stock keeping unit (item dan varian),” ujar Jenggo.

Produk MyDog dijual di Mall Taman Anggrek, Jakarta. Selain itu dipasarkan juga lewat agen di Batam, Yogyakarta, dan juga Bali. Dengan mengikuti berbagai pameran juga membuat produk MyDog telah sampai ke Spanyol, dipasarkan sebagai barang unik untuk acara festival atau karnaval tahunan di sana.

Peluang usaha pernak-pernik berdesain anjingPeluang usaha pernak-pernik berdesain anjing Foto: Dok. MyDog

Menurut Jenggo, satu hal yang menjadi pegangannya dalam menjalankan usaha adalah terus konsisten dan sabar. Selain itu, dalam menjual suatu produk harus melihat pasarnya dan berkreasi sekreatif mungkin.

“Kalau membuat produk kreatif, itu harus ada captive market. Terus juga mendesain barang itu harus orisinil dan pakai hati. Lalu juga jalanin dengan sabar dan konsisten. Inovasi akan terus dilakukan. Pokoknya obsesi saya membuat sebanyak-banyaknya barang yang bisa dipakai manusia dibuat dengan desain anjing,” pungkasnya.

Ingin tahu lebih banyak tentang produk MyDog? Silakan kunjungi channel di bawah ini:

Instagram : @MyDog.indonesia
Contact : +62 812 9332 2377
BBM : 5426513B
Facebook : MyDog Galeri (hns/hns)

https://sgimage.detik.net.id/community/media/visual/2017/04/28/dbe63678-e46a-4eeb-acc1-bc75b8748867_169.jpg?w=650

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Minta Ampun Bakal Ketika Ini Webkonseling Hanya Menyediakan Layanan Dialog Melewati Email.

bakal itu diperlukan pemberian supaya daya kegiatan yang tampak bisa lebih terlalu banyak dan juga sepertinya lebih pakar di sendiri-sendiri bagian serta meninggikan kapasitas yang ada. jadi konsultan psikolog jakarta pada kesimpulannya saya memutuskan buat mendaratkan ke psikolog akibat saya mau bersemayam di situ serta saya bisa melangsungkannya, dengan cara …

Bisnis
jasa belanja ebay, amazone dan lain-lain (hemat dan terpercaya)

jasa belanja ebay-terlihat sebelah perkara apa sebabnya orang atau industri tidak dapat membeli lagi perkakas dari luar negeri. shopher diharuskan memilah 1 saham untuk dapat menyandang produk yang terdapat di website ebay. yaiu, sdm indonesia yang betul-betul menduduki prosedur e-commerce ini selaku ensiklopedis. selain itu kamu pula bakal meraih pertanda …

Bisnis
Jasa Pembelian Barang Di Ebay

Cara Belanja di eBay sebenarnya sangat mudah, cocok sekali bagi anda yang sibuk dan lebih suka berbelanja secara online. Pembayaran di amazon biasanya melalui kartu kredit, kupon diskon atau kartu pembayaran amazon yg bisa dibeli sebelum berbelanja…proses pembayaran seperti biasanya toko online, hanya memasukkan data pembayaran mis kartu kredit atau …