Prinsip-Prinsip Investasi Syariah

Investasi

Duitkita.net – Berinvestasi menjadi salah satu usaha untuk mngelola keuangan secara efektif. Seperti halnya tabungan, anda bisa menjamin masa depan anda dengan menggunakan tabungan yang anda miliki. Ada berbagai jenis investasi yang bisa anda gunakan, jika anda menginginkan investasi yang halal maka sebaiknya anda menggunakan jenis investasi syariah. Ada prinsip yang harus diperhatikan dalam investasi menurut Islam.

Prinsip yang pertama adalah halal. Dalam Islam semua hal tentang keuangan haruslah terhindar dari hal yang syuhat atau haram. Kehalalan tersebut menyangkut pada penggunaan jasa atau barang yang ditransaksikan. Adapun jenis produksi yang dilarang dan diharamkan adalah produksi yang mengandung riba, industry pornografi, industry alkohol dan jenis industry lain yang diharamkan dalam islam.

Bukan hanya pada transaksinya, namun juga prosedur yang dijalankan harus terhidnar dari unsure haram dan subhat. Kehalalan juga termasuk pada niat seseorang dalam melakukan transaksi, jika niatnya sudah salah dan dilarang Islam maka hal itu tidak akan diperbolehkan.

 

Prinsip dalam Investasi Syariah

Prinsip yang kedua adalah maslahah. Maslahah atau manfaat menjadi hal paling penting dalam semua tindakan muamalah, semua pihak yang terkait haruslah sama-sama merasakan mafaatnya sesuai dengan bagiannya. Ketika hanya sebagian pihak saja yang merasakan manfaatnya maka hal itu juga akan dilarang.

Prinsip-prinsip investasi syariah

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dalam investasi syariah, pertama adalah manfaat untuk orang yang melakukan investasi yaitu dengan mendapatkan hasil yang sesuai dengan akad atau perjanjian awal. Sedangkan untuk yang mendapat tambahan investasi bisa mendapatkan penambahan modal sehingga usaha bisa terus dikembangkan. Manfaat lainnya adalah untuk masyarakat secara luas yaitu bisa meningkatkan kualitas produksi masyarakat.

 

Hal yang Harus Dihindari dalam Investasi Syariah

Bukan hanya prinsip tersebut, namun dalam investasi syariah juga harus memperhatikan hal-hal yang bisa membuat transaksi mengandung unsure riba, haram ataupun subhat. Pertama adalah menghindarkan transaksi dari riba atau bunga. Itulah yang menyebabkan investasi pada bank, asuransi, pegadaian dan semua yang mengandung unsur riba menjadi haram dan dilarang.

Kedua adalah terhindar dari gharar yaitu tindakan penipuan atau ketidak jelasan. Maka dalam setiap transaksi haruslah transparan sehingga tidak menimbulkan penipuan dan ketidakjelasan baik disengaja ataupun tidak sengaja. Gharar juga berarti bentuk jual beli saham oleh penjual yang belum memiliki sahamnya namun sudah menjualnya kepada pihak lain. Oleh karena itu Islam melarang adanya praktek insider trading, short selling dan margin trading.

Ketiga haruslah terhindar dari kegiatan maysir atau spekulasi yaitu bentuk spekulasi uang. Pada dasarnya alat merupakan alat pertukaran yang menjadi alat jual beli, sedangkan manfaatnya berdasarkan aktivitas nyata. Keempat adalah mengelola resiko yang terjadi sehingga resikonya lebih kecil. Dalam hal ini haruslah setiap pihak memiliki manajemen resiko yang baik. Kelima adalah menerapkan manajemen Islam yang tidak mengandung unsur spekulatif serta bisa menghormati dan menghargai hak asasi manusia.

Itulah prinsip yang digunakan dalam investasi syariah serta hal-hal yang harus dihindari guna mencapai syarat dan ketentuan islam. Pada dasarnya semua jenis transaksi yang sifatnya merugikan salah satu pihak memang dilarang dalam agama Islam. Maka dari itu alangkah lebih baiknya jika menggunakan investasi yang sesuai dengan ketentuan islam karena lebih mementingkan nilai lemanusiaan yang pastinya menjauhkan dari jenis-jenis tipu daya dan kerugian seperti yang terjadi pada investasi konvensional.

 

Investasi
Investasi Emas Melalui Komunitas, Bonus Silaturahmi

  TEMPO.CO, Bandung – Dua tahun lalu, Dewi Intan, 43 tahun, menerima ajakan sahabatnya, Santy Sriharyati, untuk mengikuti arisan emas. Niatnya sederhana: membayar uang masuk sekolah anak-anaknya. “Saya sudah ikut arisan emas yang kesembilan. Sekarang saya lebih ke menyimpan dana,” kata Intan ketika ditemui di Restoran Centropunto, Bandung. Intan menuturkan …

Investasi
Investasi Emas Kian Dilirik | Kaltim Post

[ad_1] PROKAL.CO, align=”left”>BALIKPAPAN –  Meningkatnya pemahaman masyarakat atas investasi emas, turut mendorong kinerja PT Pegadaian (Persero) Kanwil Balikpapan. Logam mulia ini pun menjadi salah satu fokus bisnis mereka tahun ini. Deputi Pemimpin PT Pegadaian Kanwil Balikpapan Firman Alghazali mengungkapkan, pihaknya akan berupaya meningkatkan saldo nasabah dalam produk Tabungan Emas. Berbeda …

Investasi
Terjang Inflasi dan Kokohkan Tabungan dengan Cara Ini : Okezone Ekonomi

[ad_1] INFLASI adalah suatu perubahan pada harga yang dipengaruhi oleh mekanisme pasar. Inflasi tidak akan mengurangi jumlah uang yang anda miliki, inflasi hanya akan memengaruhi nilai uang saja. Contohnya jika pada tahun 2005, uang Rp100 ribu mampu membeli 10 kg beras, pada tahun 2016, uang Rp100 ribu …