RAHASIA SUKSES: Bos Charoen Pokphand Percaya Tak Ada Bisnis yang Abadi : Okezone Ekonomi

Bisnis

[ad_1]

JAKARTA – Terjawab sudah, teka teki bagaimana masa depan bisnis 7-Eleven di Indonesia. Pasalnya, selama ini 7-Eleven kerap mengalami kerugian penjualan serta beban keuangan yang cukup tinggi dari operasionalnya.

Oleh karena itu, PT Moderen Internasional Tbk (MDRN) pun menggadai bisnis retail tersebut kepada PT Charoen Pokhphand Tbk (CPIN). Charoen Pokphand sendiri bukan orang baru di bisnis retail ini, mereka sebelumnya telah mengembangkan 7-Eleven di Thailand, yang dikendalikan oleh Charoen Pokphan (CP) All Plc, yang merupakan induk usaha CPIN.

CPIN sendiri saat ini tengah dalam masa kejayaannya. Tercatat pada 2016, CPIN berhasil mencetak laba Rp2,225 triliun, naik dibandingkan laba 2015 sebesar Rp1,832 triliun.

Nasib 7-Eleven pun tampaknya akan membaik lantaran pemilik CP, Dhanin Chearavanont, merupakan orang kedua terkaya di Thailand. Lahir pada 1938 di Bangkok, Thailand, anak dari imigran Shantou, China, ini diperkirakan memiliki kekayaan bersih lebih dari USD14,4 miliar bisnisnya di bidang perbankan, asuransi, dan telekomunikasi.

Ayahnya, Chia Ek Chor, dan pamannya, Chia Seow Hui, bermigrasi ke Bangkok pada 1920-an dan mulai menjual benih dan bahan kimia untuk sektor pertanian.

Pada 1980-an, saat China membuka perusahaan asing, C.P Grup menjadi mitra pilihan untuk merek internasional seperti Honda, Wal Mart, dan Tesco, yang jauh berbeda dari nasionalisasi bisnis Ek Chor di China ketika komunis mengambil alih pada 1949.

Setelah lulus dari Beijing Agricultural University, dia kembali ke Thailand pada 1958. Dhanin memulai kariernya dengan bergabung ke rumah jagal yang dikontrol pemerintah atas desakan keluarganya dengan alasan mencari koneksi di kalangan pemerintah Thailand yang diharapkan akan bermanfaat di masa depan. Lima tahun kemudian, ia bergabung dalam bisnis keluarganya.

Ia bergabung dengan bisnis keluarganya saat berusia 25 tahun. Pada 1970, ia ditunjuk untuk menjadi presiden dari CP dan 19 tahun kemudian ia dipercaya menjadi CEO CP Group.

Di bawah kepemimpinannya, CP Group menjadi salah satu konglomerasi terbesar di Asia yang beroperasi di bidang pertanian, telekomunikasi, pemasaran, distribusi dan logistik, perdagangan internasional, petrokimia, pengembangan properti dan lahan, integrasi tanaman, asuransi, automotif, dan makanan hewani.

Dia pun mempekerjakan lebih dari 280 ribu orang yang tersebar di 20 negara. Grup ini memegang aset lebih dari USD50 miliar dan merupakan pemegang saham terbesar di Ping An Insurance, sebuah perusahaan asuransi jiwa China dengan aset lebih dari USD500 miliar.

Dhanin pun mulai berekspansi pada 2015 dengan bermitra lewat perusahaan perdagangan Jepang Itochu, guna membeli 20% saham di China International Trust and Corporation seharga USD10,2 miliar.

Dia pun memiliki rantai 7- Eleven terbesar ketiga di dunia, dengan lebih dari 6.000 toko. Selain itu, dia juga memiliki perusahaan yang beroperasi di belasan negara dan penghasil udang, pakan ternak, dan penghasil ayam terbesar ketiga di dunia.

Oleh karena itu, kekayaan Dhanin dipastikan akan terus berkembang, bahkan jika salah satu elemen bisnisnya tidak tampil sebaik yang diharapkan.

Meski begitu, sebagai penganut ajaran Budha yang taat, dia percaya siklus bisnis layaknya kehidupan, tumbuh, berkembang, dan mati, tidak terkecuali dengan bisnis keluarga yang dia jalani. Karena itu, dia pun mempersiapkan segala kemungkinan yang terjadi dari sekarang.

Dhanin juga dikenal sebagai orang yang memiliki patriotisme tinggi. Hal tersebut, terbukti dengan bahasa Mandarin yang kerap digunakan jika di rumah. Banyak orang mengatakan, meskipun tinggal di Thailand, dia lebih ahli menggunakan bahasa Mandarin, yang merupakan bahasa leluhurnya.

(kmj)

https://img.okezone.com//content/2017/04/29/320/1679508/rahasia-sukses-bos-charoen-pokphand-percaya-tak-ada-bisnis-yang-abadi-XyL4VSFWuu.jpg

[ad_2]

Sumber Artikel

kontraktor kaca dan aluminium composite panel
Bisnis
Spesialis Kontraktor Aluminium Composite Panel Gedung

Fasad & Dinding Tirai dari Aluminium Composite Panel Ringan dan kaca stopol. Spesialis kontraktor kaca dan aluminium composite panel dan juga kaca oleh PT Partindo. Akreditasi jaminan tertutup pasti akan diberikan untuk proyek yang membutuhkan berdasarkan panel serta persyaratan naungan yang memanfaatkan ditambah masalah lingkungan. Aplikasi Alcopan tidak terbatas pada …

daftar harga beton cor ready mix
Bisnis
Harga Beton Cor Readymix Per M3 untuk Wilayah Jakarta

Biaya Beton Semua Set Mix – Jayamix Per M3 Cor K225 Oktober 2017. daftar harga beton cor ready mix tidak terdiri dari jaringan uang tunai, jika lebih besar dari 10 pipeline. Dengan menyewakan pompa berdasarkan tuntutan waktu pemakaiannya bisa mencegah bahaya peralatan menganggur namun tetap perlu membayar uang sewa. Biaya …

Bisnis
Promo Jam Tangan Guess Kw Super Murah

Selamat Datang di jam tangan guess kw super murah – Perbandingan Harga Nomor Situs di Indonesia. Berbeda dengan produk replika yang tidak biasa menemukan cara menulis logo atau merek yang berbeda di beberapa bagian. Untuk informasi lebih lanjut, Kualitas bahan yang tercantum dalam deskripsi pengiklan asli dengan tampilan analog yang …