RAHASIA SUKSES: Zhang Ruimin, CEO yang Kombinasikan Budaya Tradisional dengan Manajemen Bisnis : Okezone Ekonomi

Bisnis

[ad_1]

JAKARTA – Banyak perusahaan harus mengubah budaya mereka agar bisa selamat dari perkembangan ekonomi saat ini. Meski demikian, ada beberapa perusahaan yang tetap mempertahankan budaya tradisional mereka, salah satunya adalah Haier.

CEO dan Chairman Grup Haier Zhang Ruimin, berhasil menggabungkan aspek budaya tradisional dengan pengalaman manajemen bisnis global untuk menciptakan lingkungan perusahaan yang kompetitif di Haier yang masih mempertahankan karakteristik China-nya.

Zhang Ruimin lahir pada 5 Januari 1949 di Laizhou, Shandong. Dia memperoleh gelar MBA dari Universitas Sains dan Teknologi China pada 1995. Zhang pun pernah menjadi anggota komite komite Komite Sentral 16 dan 17 pada Komite Komunis China.

Mengawali kariernya sebagai deputi manajer Qingdao Home Appliance Company, Zhang diangkat sebagai direktur Pabrik Kulkas Qingdao pada 1984. Sejak saat itu, strategi branding-nya telah mengubah Haier dari sebuah pabrik kecil kolektif yang beroperasi dalam warna merah, menjadi Sebuah perusahaan multinasional yang tahun lalu membukukan omset global USD16,2 miliar.

Dia pun membentuk All-around Optimized Management Approach (OEC), sebuah sistem manajemen dengan konsep Market Chain, dan konsep Integrasi Individu yang bertujuan membangun Haier menjadi perusahaan yang didefinisikan oleh keunggulan operasionalnya.

Bahkan, sistem manajemen Zhang Ruimin telah digunakan sebagai studi kasus yang terkait dengan merger bisnis, manajemen keuangan, dan budaya perusahaan oleh para profesor di Harvard Business School, University of Southern California, Lausanne’s IMD (Switzerland), INSEAD, dan Universitas Kobe.

Sebuah studi kasus yang merinci sistem manajemen Market Chain Haier dijadikan bagian dari perpustakaan studi kasus Uni Eropa. Seiring era informasi berlanjut, Haier telah mengoptimalkan proses inovasi, membangun model bisnis yang mempertahankan keunggulan operasional dalam sebuah inisiatif yang dikenal sebagai “Innovation Revolution Information” Haier.

Tidak heran, jika pada 1996, Zhang dianugerahi Penghargaan Lifetime Achievement Five-Star Diamond oleh American Academy of Hospitality Science, dan pada 1997 diangkat sebagai Entrepreneur of the Year oleh Asia Weekly. Pada 1999, Zhang berada di peringkat 26 di Global 30 Most Respected Entrepreneurs, menurut Financial Times.

Pada September 2002, organisasi United Way International menamainya sebagai Global Business Leader and an Outstanding Donor, satu-satunya pengusaha dari China yang pernah mendapat kehormatan semacam itu.

Pada Agustus 2004, dia menduduki peringkat ke-6 di antara 25 tokoh bisnis paling berpengaruh di Asia oleh Fortune dan pada November 2005, Financial Times mencantumkan Zhang di posisi 26 dari 50 pemimpin bisnis yang paling dihormati di dunia. Dia juga menjadi satu-satunya perwakilan China dalam daftar tersebut.

Zhang Ruimin dan timnya telah membangun Haier dari akar yang sederhana sebagai kolektif lokal menjadi sebuah kelompok besar multinasional. Tujuan Zhang adalah membuat Haier menjadi merek dagang yang diakui secara internasional.

Untuk itu, dia pun berusaha menyiapkan sistem dan kerangka kerja operasional yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dari seluruh dunia dan untuk mempromosikan citra perusahaan Haier di pasar global.

https://img.okezone.com//content/2017/07/23/320/1742408/rahasia-sukses-zhang-ruimin-ceo-yang-kombinasikan-budaya-tradisional-dengan-manajemen-bisnis-qojzNChEOE.jpg

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Kredit Wuling Jogja Termurah dan Banyak Bonus

Menggabungkan kelas pelatihan penjualan otomotif ini gratis untuk kredit wuling jogja mempromosikan profesionalisme melalui pendidikan. Pearson Toyota ingin membantu Anda untuk mendapatkan penawaran terbaik pembiayaan dan sewa mobil tersedia. Selain itu, mobil sewa kami serta kendaraan bekas lain termasuk perusahaan sertifikat, 12/12 terbatas Powertrain garansi dan 12-bulan Unlimited Roadside Assistance …

Bisnis
Harga Cetak Kalender 2018 Termurah

harga cetak kalender 2018 ialah peranti penjualan yang luar biasa serta ekonomis, serta aturan sempurna buat membenarkan kalau merk kamu konsisten di depan klien kamu sepanjang tahun. tiap laman bulanan didesain buat pencetakan pada kertas skala warkat, tolak ukur. memakai percetakan ekonomis almanak buat bidang usaha almanak membikin amplop besar …

Bisnis
Gabung Grab, Jangkauan Bisnis Kudo Bakal Menggurita

[ad_1] Jakarta, CNN Indonesia — Setelah akuisisi oleh Grab rampung, Kudo menyebut skala bisnisnya berkembang pesat. Peran pengemudi Grab yang begitu banyak jadi salah satu alasan jangkauan Kudo lebih ‘menggurita’. CEO Kudo Albert Lucius menggambarkan perbedaan segmen pasar dengan Grab memperluas cengkeraman Kudo. Grab yang lebih terpusat di kota-kota primer …