Risiko Investasi Emas yang Sebaiknya Diketahui : Okezone Ekonomi


SAAT ini dapat dikatakan bahwa emas menjadi salah satu sarana investasi yang mulai dilirik oleh banyak orang. Banyak hal yang membuat banyak orang menganggap investasi emas merupakan hal yang menguntungkan, seperti harga emas yang selalu naik, sangat mudah untuk dicairkan, terhindar dari panak dan beragam keuntungan lainnya.

Namun seperti halnya investasi pada bidang lainnya, berinvestasi dengan menggunakan emas tentunya memiliki risiko-risiko yang perlu diperhatikan agar nantinya tidak ada kerugian yang didapatkan. Nah bagi yang tertarik menggunakan emas sebagai investasi, berikut ini beberapa risiko yang bisa dipertimbangkan terlebih dahulu sebelum berinvestasi dengan emas.

Bentuknya kurang praktis

Salah satu kelemahan dari investasi emas adalah karena fisiknya yang kurang praktis sehingga membutuhkan tempat penyimpanan yang dilengkapi keamanan yang ekstra. Apalagi jika anda memiliki emas-emas batangan dalam jumlah yang begitu besar tentunya tidak dapat menyimpannya di sebuah brankas yang kecil.

Selain itu, faktor keamanan juga berpengaruh. Jika jumlah emas yang dimiliki begitu banyak, tentunya hal ini akan mengundang risiko kejahatan. Sehingga dibutuhkan keamanan yang ekstra untuk menjaga emas-emas itu.

Sebagai solusinya, anda dapat menggunakan safe deposit box yang biasanya ada di bank atau pegadaian. Namun tentunya hal ini membutuhkan biaya tambahan setiap bulan atau tahunnya. Selain itu, berikut ada beberapa tips aman yang bisa dicoba untuk menyimpan emas anda.

  • Simpan emas di dalam kotak besi brankas
  • Menggunakan fasilitas pool account
  • Menggadaikan emas di pegadaian

Risiko Kehilangan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bentuk fisik dari emas tidaklah praktis dan membutuhkan tempat penyimpanan. Selain itu, keadaan fisik emas yang mencolok juga dapat mengundang kejahatan sehingga risiko kehilangan emas tentu akan mudah dialami terutama bagi anda yang memilih jenis emas perhiasan dan sering digunakan. Jika hal ini sampai terjadi, tentunya anda akan mengalami kerugian yang cukup besar.

Warna emas dapat memudar

    Risiko lainnya yang bisa saja didapatkan ketika berinvestasi dengan emas adalah warna pada emas dapat memudar sehingga menurunkan nilai jual emas. Warna emas bisa memudar dengan cepat apalagi jika tidak melakukan perawatan dengan benar.

    Nilai jual emas yang turun tentunya akan membuat anda mengalami kerugian. Sehingga sangat disarankan bagi yang berivestasi dengan emas agar merawat dengan baik emas-emas anda agar nilai jualnya tetap tinggi.

    Emas palsu

      Bagi yang masih awam dalam bisnis investasi emas, tentunya harus sangat memperhatikan risiko yang satu ini karena sangat rawan terjadi. Bahkan tidak hanya pihak individual saja yang dapat mengalami penipuan seperti ini, pihak bank atau pegadaian juga bisa saja mengalami penipuan seperti ini.

      Baik emas dalam bentuk batang, perhiasan, koin, dan lainnya dapat mudah dipalsukan saat ini. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika melakukan transaksi jual beli emas di tempat yang mas misalnya saja seperti bank syariah, pegadaian, toko-toko emas yang memang sudah tepecaya.

      Masalah pada teknis

      Banyak sekali orang yang belum memahami dengan benar tentang standar dan perhitungan harga emas yang berlaku. Sehingga pada saat ingin menjual emas, hasil yang didapatkan akan kurang maksimal.

      Bahkan bagi yang masih awam, anda bisa saja ditipu dengan perhitungan yang tidak transparan sehingga nilai jual emas anda tidak terlalu tinggi. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika anda mempelajari terlebih dahulu standar harga serta perhitungan yang tepat dari emas sehingga proses jual beli emas tepat dan tidak merugikan anda nantinya.

      Praktik investasi bodong

      Hal yang satu ini mungkin kerap terjadi pada saat melakukan investasi emas, terutama bagi anda yang masih pemula dalam bidang ini. Ada beberapa pihak yang biasanya menawarkan investasi emas dengan keuntungan yang cukup besar.

      Namun jika anda mengalami hal ini, sebaiknya jangan tertarik terlebih dahulu. Bisa saja hal ini merupakan salah satu tindakan penipuan. Akan lebih aman jika anda berinvestasi emas di tempat yang sudah tepecaya.

https://img.okezone.com//content/2017/04/28/320/1679221/risiko-investasi-emas-yang-sebaiknya-diketahui-MUQnuWapxP.jpg



Sumber Artikel

Komentar

comments