Sektor Properti Indonesia Baru Pulih pada 2019 | Pasar Properti

Bisnis

[ad_1]

RumahCom – Setelah pada periode sebelumnya pertumbuhan di sektor properti sangat tinggi sekali, kini industri properti nasional seolah mulai letih. Bahkan cenderung berada dalam posisi yang memprihatinkan. Pasalnya, hingga saat ini posisi dari sektor properti Indonesia belum bisa naik, bahkan cenderung turun.

(Baca juga: Infrastruktur Dorong Pertumbuhan Industri Bahan Bangunan)

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo menilai wajar apabila saat ini industri di sektor properti cenderung melemah mengingat pada periode sebelumnya pertumbuhannya sangat tinggi sekali.

Kan, kalau sektor properti mungkin di periode sebelum ini pertumbuhannya tinggi sekali dan kalau sekarang ini ada terkoreksi itu adalah sesuatu yang normal,” ujarnya saat ditemui di Bank Indonesia Rabu (26/7/2017) malam.

Meski begitu lanjut Agus, confidence ekonomi secara umum di Indonesia sangatlah baik. Apalagi setelah tiga lembaga rating dunia memberikan layak investasi ke Indonesia

“Tapi secara umum confidence terhadap ekonomi indonesia baik. Apalagi setelah tiga rating agency utama semua menyatakan indonesia investment grade. Aliran dana yang masuk semakin besar,” jelasnya.

Menurut Agus, meskipun pada Juli 2017 agak sedikit terkoreksi untuk aliran dana yang masuk ke Indonesia. Namun hal tersebut lebih disebabkan karena para investor yang ingin mengunci profitnya.

“Kalau kemarin bulan Juli ada sedikit koreksi itu lebih karena investor mau mengunci profit dan ada sedikit rebalancing,” pungkas Agus.

Untuk kondisi ekonomi, saat ini juga bisa dibilang dalam keadaan stagnan. Pemerintah sendiri menargetkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun ini yaitu sebesar 5,1% dan inflasi yang berada di angka 4%.

Director Head of Research and Consultants Savills Consultant Indonesia, Anton Sitorus mengatakan, dalam kondisi normal, target tersebut sangatlah bagus. Akan tetapi dalam kondisi seperti target 5,1% untuk pertumbuhan ekonomi, tidaklah cukup untuk mengangkat sektor bisnis properti Indonesia.

“Kita tahu saat ini ekonomi kita itu bagus juga enggak, jelek juga enggak. Kalau dalam kondisi normal ini sih oke. Tapi untuk membuat sektor bisnis (properti) meningkat target pertumbuhan ekonomi 5,1 % itu belum cukup,” ujarnya dalam acara media briefing Savills Indonesia di Panin Tower, Jakarta, Rabu (26/7/2017).

Belum lagi lanjut Anton, dengan suku bunga yang relatif rendah sekali. Apalagi ditambah dengan pergerakan sektor properti di bursa saham Indonesia yang masih fluktuatif dikarenakan dana asing yang berkurang akibat di-take out.

“Lalu juga suku bunga lagi rendah sekali, inflasi 4%, rupiah masih relatif stabil, cuma mungkin stock market saja yang masih fluktuatif. Dana asing di bursa kita itu berkurang di-take out, sehingga indeks agak sedikit menurun,” jelasnya.

Atas alasan itulah, Anton memprediksi jika sektor properti Indonesia baru akan benar-benar bisa recovery yaitu pada 2019. Hal tersebut tentu situ dari pengembangan-pengembangan infrastruktur yang sedang digenjot oleh pemerintah.

In terms of significant recovery post to 2019. Mungkin kita akan mengharapkan pengembangan di sektor infrastruktur yang akan mendorong terjadinya transaksi di sektor infrastruktur,” pungkas Anton.

Lesunya industri properti namun tidak terlalu berimbas pada jumlah pasokan untuk rumah murah. Berminat untuk membeli rumah murah? Simak puluhan pilihannya di sini dengan harga di bawah Rp200 jutaan!

industri properti lesu

Grand Sutera Serang adalah perumahan subsidi yang berlokasi dipusat kota Serang, 5 menit dari terminal Bis Pakupatan. Perumahan ini hadir dengan sentuhan konsep minimalis modern.

Foto: Okezone

Agregasi Okezone

https://id2-cdn.pgimgs.com/cms/news/2017/07/industri-properti-sedang-lesu-gubernur-bi-itu-sesuatu-yang-normal-Pk7zRvos0x.original.jpg

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Toko Bunga Jakarta Online Murah Terpercaya

Selamat Datang di Website Kami: toko bunga jakarta online murah Menyediakan Berbagai Macam Bunga, Papan Bunga, Bunga Meja, Bunga Berdiri, Bunga Bouqet Tangan dll. Model papan bunga dengan kombinasi warna biru kuning hijau juga merupakan salah satu dari banyak model favorit di klien kami. pesan untuk dewan berkabung. Bouquet Flower …

kontraktor kaca dan aluminium composite panel
Bisnis
Spesialis Kontraktor Aluminium Composite Panel Gedung

Fasad & Dinding Tirai dari Aluminium Composite Panel Ringan dan kaca stopol. Spesialis kontraktor kaca dan aluminium composite panel dan juga kaca oleh PT Partindo. Akreditasi jaminan tertutup pasti akan diberikan untuk proyek yang membutuhkan berdasarkan panel serta persyaratan naungan yang memanfaatkan ditambah masalah lingkungan. Aplikasi Alcopan tidak terbatas pada …

daftar harga beton cor ready mix
Bisnis
Harga Beton Cor Readymix Per M3 untuk Wilayah Jakarta

Biaya Beton Semua Set Mix – Jayamix Per M3 Cor K225 Oktober 2017. daftar harga beton cor ready mix tidak terdiri dari jaringan uang tunai, jika lebih besar dari 10 pipeline. Dengan menyewakan pompa berdasarkan tuntutan waktu pemakaiannya bisa mencegah bahaya peralatan menganggur namun tetap perlu membayar uang sewa. Biaya …