Sembilan Bisnis yang Bisa Dijalankan dari Rumah


VIVA.co.id – Memulai bisnis dari rumah adalah langkah yang mudah untuk mengawali bisnis, terutama para pemula dalam bisnis. Menjalankan bisnis di rumah sama halnya dengan menjalankan bisnis di tempat usaha yang khusus. 


Dalam menjalankan itu, perlu melakukan manajemen waktu di dalamnya, agar usaha yang dikelola tetap dapat berjalan dengan baik, walaupun dilakukan hanya di rumah. Umumnya, bisnis yang bisa dijalankan dari rumah ini, bukan bisnis yang sulit dan rumit. 


Bisnisnya cenderung mudah, namun cukup banyak diperlukan oleh calon konsumen. Dan soal keuntungan, bisnis di rumah malah bisa melebihi keuntungan berbisnis di tempat usaha yang khusus. 


Kondisi itu bisa dilakukan tergantung dari promosi yang dilakukan, serta produk atau jasa yang ditawarkan dalam bisnis tersebut.


Untuk inspirasi, berikut ini ada sembilan bisnis yang bisa dijalankan di rumah dan menguntungkan, seperti dikutip dari Cermati.com, pada Jumat 26 Mei 2017.


1. Kamar kosong untuk indekos


Jika kebetulan rumah berada di lokasi yang dekat dengan kampus, sekolah atau juga perkantoran, dan Anda memiliki beberapa kamar kosong yang sama sekali tidak terpakai, mengapa tidak kamar kosong itu disewakan untuk indekos para karyawan atau mahasiswa yang membutuhkan. 


Hasilnya tentu lumayan, jangan lupa juga untuk memperhitungkan biaya perawatan kamar tersebut, agar saat ada sedikit kerusakan, bisa langsung diperbaiki.


2. Membuka bisnis bakery


Coba tengok bagian dapur di rumah Anda, mungkin ibu atau nenek memiliki sebuah oven yang jarang digunakan. Akan semakin maksimal, jika Anda memiliki hobi membuat kue. Ini bisa dijadikan usaha yang lumayan menguntungkan. Carilah referensi di internet atau YouTube, bagaimana membuat suatu olahan kue yang menarik dan cantik serta unik.


3. Jago masak? Buka bisnis katering


Selain hobi membuat kue, ternyata Anda juga hobi masak? Ini adalah kesempatan bagus untuk memulai bisnis katering. Seiring berkembangnya waktu, Anda bisa mengikuti tren adanya katering sehat yang menyediakan menu-menu sehat setiap harinya. 


Umumnya ini ditujukan untuk orang-orang yang ingin diet dan menjalani pola makan yang sehat. Namun, jika Anda ahlinya masak masakan tradisional, makanan tradisional juga masih banyak peminatnya.


4. Bisnis child care


Menjaga anak-anak, terutama usia balita tentunya akan maksimal jika dilakukan di sekitar rumah. Terlebih jika Anda memiliki satu ruangan yang khusus, yang bisa digunakan untuk ide bisnis ini, yaitu bisnis child care, yang tugasnya menjaga anak-anak yang dititipkan orang tuanya untuk sementara waktu. Usaha ini umumnya cocok didirikan di kota-kota besar.


5. Lembaga pendidikan belajar


Lembaga pendidikan tidak selalu harus sekolah, bangunan sekolah dan juga resmi. Di rumah, kita juga bisa membuka usaha lembaga pendidikan ini, dengan membeli lisensi lembaga tertentu, atau membuka lembaga pendidikan sendiri. Cukup bermodalkan manajerial rumah yang baik, beberapa alat pembantu pendidikan yang cukup, Anda sudah bisa memulai usaha ini.


6. Mesin cuci, setrika untuk bisnis laundry


Anda punya dua mesin di rumah yang jarang digunakan orang tua, atau digunakan sendiri? Ini berarti peluang bagus untuk membuka usaha laundry. Pastikan ada beberapa orang yang bisa diandalkan untuk membantu menjalankan bisnis ini. Berikan inovasi kecil berupa harum pakaian setelah di-laundry yang khas dan tidak dimiliki orang lain. Pastikan manajemennya teratur, agar jelas pemasukan dan pengeluaran yang terjadi.


7. Membuka toko online, tanpa modal


Memanfaatkan internet juga bisa menjadi jalan kita untuk memiliki bisnis online dari rumah. Anda bisa membuat blog tentang toko online, dan mulai melakukan promosi. Pastikan Anda memiliki rekening bank khusus, rekening Paypal agar mudah bertransaksi di dunia maya.


8. Bisnis pet grooming


Saat ini, tidak hanya laki-laki dan perempuan yang ingin tampil keren dan cantik, binatang peliharaan kita juga bisa tampil maksimal dengan grooming pet. Peluang melakukan bisnis ini cukup besar, karena ada banyak orang yang memiliki hewan peliharaan, dan menginginkan hewan mereka tampil lebih cantik.


9. Kreatif dengan bisnis scarfbook


Untuk Anda yang memiliki tingkat kreativitas tinggi, silakan coba bisnis ini di rumah, membuat scarfbook. Saat ini, orang membutuhkan sesuatu yang cantik dan unik untuk hadiah ulang tahun, hadiah pernikahan, frame photo unik aksesori unik dan sebagainya.


Untuk itu, coba membuat bisnis scarfbook yang bisa dipatok dengan harga tinggi, karena ini merupakan sebuah hasil karya yang cukup sulit untuk membuatnya. 

http://media.viva.co.id/thumbs2/2017/01/23/58857b1192198-ilustrasi-wanita-lakukan-bisnis-rumahan_641_452.jpg



Sumber Artikel

Komentar

comments