Seperti ini Investasi Untuk Biaya Pendidikan Anak Dasar dan Menengah

Bisnis

[ad_1]

JAKARTA, KOMPAS.com – Seperti kita ketahui bahwa biaya pendidikan untuk anak saat ini semakin meningkat setiap tahunya. Peningkatan yang terjadi bahkan bisa mencapai 20 persen.

Pendidikan masih dijadikan prioritas utama oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama untuk pendidikan dasar dan menengah.

Para orang tua harus selalu memperhitungkan keuangan mereka untuk persiapan pendidikan tersebut.
Ada beberapa jenis keuangan yang menjadi kewajiban para siswa yang bersekolah di wilayah Indonesia. Uang pangkal sekolah biasanya dibebankan dalam jumlah yang cukup besar, tergantung dari kebijakan sekolah terkait.

Mengingat jumlahnya yang semakin meningkat, para orang Tua tidak bisa hanya mengandalkan tabungan saja, namun harus mencari alternatif keuangan lainya, seperti investasi.

Berikut ini ada empat produk investasi yang tepat dan bisa dijadikan alternatif keuangan untuk biaya pendidikan dasar dan menengah:

1.    Coba reksa dana

Pernah mendengar tentang reksa dana? Pengertiannya adalah sebuah wadah investasi kolektif pada Instrumen-Instrumen pasar seperti saham, obligasi, atau pasar uang, namun diatur sepenuhnya oleh pihak ketiga yaitu manajer investasi.

reksa dana ini biasanya dibedakan berdasarkan jangka waktu dan tingkat risikonya. Dalam hal pendidikan, untuk biaya pendidikan dasar dan menengah, jangka waktu yang digunakan adalah 3 tahun – 6 tahun. jika mencoba reksa dana, sebaiknya Anda memilih reksa dana yang risikonya rendah dan Jangka waktu singkat.

a.    reksa dana Pasar Uang

reksa dana pasar uang dinilai memiliki risiko rendah, karena penempatan dana investasinya akan memilih media pasar uang yang relatif lebih stabil, contohnya seperti deposito dan surat utang.

reksa dana pasar tergantung kebutuhan Anda, jika Anda membutuhkan dana pendidikan dalam waktu 1 tahun -3 tahun kedepan, jenis reksa dana ini bisa jadi pilihan yang tepat.

b.    reksa dana Campuran

Berbicara soal risikonya, jika Anda memilih reksa dana campuran, memiliki risiko yang lebih tinggi dari reksa dana pasar uang, namun tidak masalah, karena timbal baliknya juga akan menjadi lebih tinggi. reksa dana jenis ini mencampurkan antara instrumen obligasi dan saham.

2.    Investasi Logam Mulia

Para orang tua, khususnya ibu-ibu tentu sudah sering mendengar tentang investasi emas. Emas dan perak biasanya selalu menjadi hal yang Istimewa bila dimiliki seseorang, selain keindahanya, nilai investasi emas juga bisa menguntungkan. 

Jika Anda memilih Investasi logam mulia ini, biasanya dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan jangka menengah panjang, antara 3 tahun – 5 tahun.

3.    Jangan Lupa Ada Deposito

Deposito juga merupakan salah satu jenis investasi yang ternyata dapat membantu terpenuhinya biaya pendidikanya kelak. Sistemnya, jika Anda menabung deposito, maka Anda tidak bisa menarik uangnya kapan saja, namun harus menunggu hasil deposito. Untuk persentase bunga, biasanya antara 6persen – 8 persen per tahun.

4.    Ikuti Tabungan Pendidikan Berjangka

Namanya juga tabungan, jenis Tabungan ini pasti ada di banyak bank di Indonesia. Kita bisa mengambil contoh untuk Bank A. Bank itu mengeluarkan produk tabungan berjangka yang menawarkan suku bunga lebih tinggi dari tabungan biasa.

Pilih Investasi Yang Menurut Anda Paling Aman

Semua kembali kepada pilihan para orang tua, akan memilih investasi yang mana dari urutan investasi di atas. Keseluruhan jenis Investasi yang ada banyak digunakan sebagai alternatif untuk biaya pendidikan di masa depan. Agar hasilnya lebih maksimal, lakukan investasi biaya pendidikan ini sejak dari anak masih dalam kandungan.

Kompas TV Pengamat: Pendidikan Karakter Butuh Proses Panjang

http://assets.kompas.com/crop/0x0:780×390/780×390/filters:watermark(data/photo/2017/02/01/42081130591.png,0,-0,1)/data/photo/2016/08/12/1604186asuransi-ThinkstockPhotos-178878867-resized780x390.jpg

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Toko Bunga Jakarta Online Murah Terpercaya

Selamat Datang di Website Kami: toko bunga jakarta online murah Menyediakan Berbagai Macam Bunga, Papan Bunga, Bunga Meja, Bunga Berdiri, Bunga Bouqet Tangan dll. Model papan bunga dengan kombinasi warna biru kuning hijau juga merupakan salah satu dari banyak model favorit di klien kami. pesan untuk dewan berkabung. Bouquet Flower …

kontraktor kaca dan aluminium composite panel
Bisnis
Spesialis Kontraktor Aluminium Composite Panel Gedung

Fasad & Dinding Tirai dari Aluminium Composite Panel Ringan dan kaca stopol. Spesialis kontraktor kaca dan aluminium composite panel dan juga kaca oleh PT Partindo. Akreditasi jaminan tertutup pasti akan diberikan untuk proyek yang membutuhkan berdasarkan panel serta persyaratan naungan yang memanfaatkan ditambah masalah lingkungan. Aplikasi Alcopan tidak terbatas pada …

daftar harga beton cor ready mix
Bisnis
Harga Beton Cor Readymix Per M3 untuk Wilayah Jakarta

Biaya Beton Semua Set Mix – Jayamix Per M3 Cor K225 Oktober 2017. daftar harga beton cor ready mix tidak terdiri dari jaringan uang tunai, jika lebih besar dari 10 pipeline. Dengan menyewakan pompa berdasarkan tuntutan waktu pemakaiannya bisa mencegah bahaya peralatan menganggur namun tetap perlu membayar uang sewa. Biaya …