Terkuak, Rahasia Jaringan Bisnis Global Korea Utara

Bisnis

[ad_1]

Liputan6.com, Canberra – Banyak pihak bertanya-tanya, dari mana uang untuk uji coba nuklir Korea Utara. Dalam satu tahun 2017, Pyongyang sudah melakukan uji coba nuklir dan rudal sebanyak 21 kali.

Globaltimes mengestimasi, untuk menembakkan satu rudal, setidaknya biaya operasional yang dikeluarkan mencapai US$ 38 ribu atau sekitar Rp 507 juta.

Untuk rudal jarak menengah sejenis Tomahawk, The Economist melaporkan pemerintah Korut membutuhkan biaya US$ 1,5 juta.

Belum lagi gaya hidup mewah Kim Jong-un. Pakar menilai bahwa dana untuk itu berasal dari “celengan babi” pribadi Kim Jong-un. Tabungan itu diduga diisi dari sejumlah aktivitas ilegal di seluruh dunia, seperti peretasan rekening bank, menjual senjata di pasar gelap, peredaran narkotika, pemalsuan uang, dan penjualan spesies langka.

Keuntungannya dari aktivitas ilegal tersebut diduga mencapai ratusan juta dolar AS.

Sebagian keuntungan tersebut disisihkan untuk mendanai program pengembangan rudal jarak jauh dan hulu ledak nuklir.

Ada dugaan sejumlah aktivitas ilegal itu tak lepas dari peranan orang dekat Kim Jong-un di berbagai belahan dunia.

Dikutip dari News.com.au pada Senin (11/9/2017), ternyata di balik itu semua ada sebuah jaringan global rahasia bisnis Korea Utara di seluruh dunia. Perusahaan-perusahaan itu membawa miliaran dolar kepada Korut meski seberat apa pun sanksi dijatuhkan terhadap negara itu.

Terkuaknya jaringan itu diungkapkan setelah investigasi oleh program Four Cournes, Televisi ABC Australia. Menurut tim investigasi, entitas yang terkait dengan Korea Utara aktif di sebagian Asia, Afrika, Timur Tengah, bahkan Eropa.

Beberapa dana dari jaringan ini disalurkan melalui departemen pemerintah misterius, yang dikenal sebagai Office 39. Departemen ini beroperasi sebagai penyedia dana gelap bagi keluarga Kim Jong-un agar tetap bisa hidup bergelimangan harta.

Investigasi tersebut juga memeriksa kemampuan senjata kimia rezim tersebut dan motif di balik pembunuhan saudara laki-laki Kim Jong-un, Kim Jong-nam, di bandara Kuala Lumpur pada awal tahun ini.

“Banyak yang berpendapat bahwa Korea Utara sebenarnya sangat terisolasi dari masyarakat internasional, bahwa ia tidak memiliki hubungan dagang dengan dunia luar, selain dengan China, dan kenyataannya yang kita lihat selama ini memang tidak jauh dari itu,” kata analis pertahanan Andrea Berger kepada ABC.

“Tapi, ternyata Korea Utara canggih dalam menyembunyikan fakta bahwa memang mereka melakukan bisnis di luar negeri,” lanjutnya.

Berger mengatakan bahwa Office 39 di atas kertas hanyalah departemen lain di Korean Workers Party, tetapi dalam praktiknya mereka adalah “departemen penyedia dana gelap”.

“Mereka bekerja mencampur aktivitas terlarang maupun tidak sah dan menciptakan dukungan secara internal di Korut untuk menjaga kepemimpinan elite Korut agar bahagia,” tutur Berger. 

Dipercaya bahwa Office 39 menghasilkan US$ 1,6 miliar per tahun bagi

keluarga Kim.

 

https://cdn1-a.production.liputan6.static6.com/medias/1609299/big/064237800_1496140399-Korea-Utara-Sukses-Luncurkan-Rudal-Balistik-Terbaru1.jpg

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Minta Ampun Bakal Ketika Ini Webkonseling Hanya Menyediakan Layanan Dialog Melewati Email.

bakal itu diperlukan pemberian supaya daya kegiatan yang tampak bisa lebih terlalu banyak dan juga sepertinya lebih pakar di sendiri-sendiri bagian serta meninggikan kapasitas yang ada. jadi konsultan psikolog jakarta pada kesimpulannya saya memutuskan buat mendaratkan ke psikolog akibat saya mau bersemayam di situ serta saya bisa melangsungkannya, dengan cara …

Bisnis
jasa belanja ebay, amazone dan lain-lain (hemat dan terpercaya)

jasa belanja ebay-terlihat sebelah perkara apa sebabnya orang atau industri tidak dapat membeli lagi perkakas dari luar negeri. shopher diharuskan memilah 1 saham untuk dapat menyandang produk yang terdapat di website ebay. yaiu, sdm indonesia yang betul-betul menduduki prosedur e-commerce ini selaku ensiklopedis. selain itu kamu pula bakal meraih pertanda …

Bisnis
Jasa Pembelian Barang Di Ebay

Cara Belanja di eBay sebenarnya sangat mudah, cocok sekali bagi anda yang sibuk dan lebih suka berbelanja secara online. Pembayaran di amazon biasanya melalui kartu kredit, kupon diskon atau kartu pembayaran amazon yg bisa dibeli sebelum berbelanja…proses pembayaran seperti biasanya toko online, hanya memasukkan data pembayaran mis kartu kredit atau …